home -> Teknologi -> 10 Kapal Perang Terbesar Di Dunia
20 Juli 2017 21:29

10 Kapal Perang Terbesar Di Dunia

Oleh reagan dalam Teknologi pada April 11, 2017

Kuat atau tidaknya angkatan laut suatu negara bisa dilihat dari berapa banyak dan besarnya kapal perang yang dimiliki. Semakin besar kapal perang suatu negara, biasanya negara lawan akan berpikir ulang untuk menantang negara yang bersangkutan. Berbicara masalah ukuran, di dunia angkatan laut, ada 10 kapal perang yang memiliki ukuran super besar. Besarnya kapal perang tersebut ada yang mencapai ratusan meter. Selengkapnya dapat kalian lihat di bawah ini.

10. Izumo Class, Jepang - 247 Meter

Izumo Class

Jepang memiliki perkembangan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang cepat tersebut berdampak pada kekuatan militer Jepang terutama angkatan lautnya. Bukan cuma dilihat dari banyaknya pasukan yang dimiliki, angkatan laut Jepang bisa ditakuti karena memiliki senjata rahasia super besar berupa kapal perang yang dinamakan Izumo.

Izumo adalah kapal perang raksasa yang menjadi senjata mematikan angkatan laut Jepang. Tujuannya adalah untuk memburu dan menghancurkan kapal selam milik musuh. Dengan panjang mencapai 247 meter, Izomo sanggup membawa 14 helikopter, 400 pasukan, dan beberapa lusin kendaraan perang. Inilah kapal perang modern Jepang yang pernah dibuat sejak Perang Dunia II.

9. Kirov Class, Rusia - 252 Meter

Kirov Class

Sungguh mustahil apabila Rusia yang memiliki kekuatan militer mengerikan kedua di dunia setelah Amerika, tapi tidak punya teknologi dan senjata perang yang mematikan. Bisa-bisa Rusia dipermalukan oleh banyak negara termasuk saingannya, Amerika. Untuk itulah, Rusia melengkapi kekuatan militernya, terutama di wilayah laut dengan membuat sebuah kapal perang raksasa.

Adalah kapal perang bernama Kirov Class yang memiliki ukuran super besar dan dilengkapi dengan senjata mengerikan berupa nuklir. Siapapun yang berani menantang Kirov Class pastinya adalah orang gila. Kirov Class dibuat di akhir tahun 1970an dan 1990an. Total ada 4 kapal Kirov Class yang ada saat ini. Masing-masing kapal bernilai 2 miliar USD.

8. Wasp Class, Amerika - 253 Meter

Wasp Class

Satu tingkat di atas Kirov Class milik Rusia, Amerika jelas tidak mau kalah dengan saingannya tersebut. Sebagai negara superpower, Amerika dengan teknologi yang super maju, melengkapi angkatan lautnya dengan sebuah kapal perang besar yang dinamakan Wasp Class. Ukuran Wasp Class ini juga lebih besar dari Kirov Class yaitu 253 meter.

Ketika masa Perang Dunia II, angkatan laut Amerika Serikat mendapatkan pelajaran berharga bahwa memiliki kapal perang yang canggih, sangatlah menguntungkan, Dengan begitu, tentara laut milik Amerika bisa melintasi perairan dengan aman. Melihat betapa pentingnya kapal laut untuk meningkatkan kekuatan militernya, pemerintah Amerika telah menggelontorkan sejumlah uang dalam jumlah besar untuk membangun sebuah kapal perang. Maka, jadilah kapal perang yang dinamakan Wasp Class. Dari tahun 1989 sampai 2009, Amerika memiliki total 8 Wasp Class dengan nilai masing-masing kapal mencapai 750 juta dolar.

7. America Class, Amerika - 257 Meter

America Class

Kapal perang berikut ini juga masih merupakan kapal perang milik Amerika Serikat. Sama dengan Wasp Class yang merupakan kapal perang amfibi, America Class adalah model yang sudah dikembangkan dari Wasp Class, hanya saja dengan teknologi yang lebih canggih dan ukuran yang lebih besar yaitu 257 meter. 

Dengan harga kapal perang yang mencapai 3,4 miliar USD, America Class dibuat lebih besar dari Wasp Class dengan tujuan untuk bisa membawa pesawat tempur yang lebih besar lagi, contohnya seperti F-35 Lightning II Stealth Fighter dan MC-22 Osprey Transport. America Class juga bisa mengangkut hampir 1.700 tentara, sejumlah tank, artileri dan kendaraan militer lainnya.

6. Charles de Gaulle Class, Perancis - 261 Meter

Charles de Gaulle Class

Tidak mau kalah dengan Rusia dan Amerika Serikat, kali ini giliran Perancis yang melengkapi angkatan lautnya dengan sebuah kapal perang yang bernama Charles de Gaulie. Charles de Gaulie adalah kapal perang andalah Perancis yang bertenagakan nuklir. Saat ini, kapal perang Charles de Gaulie diletakkan di luar daerah perairan angkatan laut Amerika.

Pembuatan Charles de Gaulie bisa dibilang tidaklah semudah yang dibayangkan. Setelah mengalami penundaan dan masalah ekonomi, pada tahun 2001, barulah kapal perang ini resmi diluncurkan. Menurut pemerintah Perancis, biaya pembuatan Charles de Gaulie mencapai angka 4 miliar USD. Charles de Gaulie sanggup membawa 40 pesawat tempur mampu mengarungi lautan selama 20 tahun.

5. Modified-Clemenceau Class, Brazil - 264 Meter

Modified nClemenceau Class

Pada tahun 1961 sampai tahun 2000, angkatan laut Perancis memiliki 2 buah kapal perang yang dinamakan Clemenceau Class. Ketika Perancis mulai melakukan pembahuruan, 1 kapal Clemenceau Class dikesampingkan dan yang satunya dijual ke negara Brazil. Brazil membeli 1 kapal perang Clemenceau Class pada tahun 2000 seharga 12 juta USD.

Kapal perang yang tadinya benama Foch tersebut, oleh pemerintah Brazil diganti menjadi Sao Paulo. Setelah dibeli oleh pemerintah Brazil, kapal perang Sao Paulo telah mengalami banyak sekali perubahan, baik itu di sisi dek penerbangan, mesin, sensor, dan senjata pertahanan. Meski sudah menjadi milik negara Brazil, Perancis masih menyediakan sejumlah perangkat tambahan untuk menyelesaikan perubahan Sao Paulo.

4. Modified-Kiev Class, India - 283 Meter

Modified Kiev nClass

INS Vikramaditya adalah kapal perang milik India. Sebelum diberi nama tersebut, INS Vikramaditya dahulunya bernama Baku. Baku adalah kapal perang milik angkatan laut Uni Soviet pada tahun 1987. Karena dana yang dimiliki oleh pemerintah Rusia tidak mencukupi untuk mendanai angkatan laut pada masa itu, akhirnya Baku mulai dikesampingkan dan dijual.

Pada tahun 2004, pemerintah India memutuskan untuk membeli Baku. India mengeluarkan dana sebanyak 2,35 miliar USD dengan catatan, Rusia harus membantu India untuk memodifikasi kapal perang tersebut. Tahun 2013, kapal perang tersebut akhirnya selesai dimodifikasi dan resmi menjadi milik angkatan laut India dan namanya diganti menjadi INS Vikramaditya.

3. Modified-Admiral Kuznetsov Class, Cina - 304 Meter

Modified-Admiral Kuznetsov Class

Sebelum menjadi milik Cina, dahulunya kapal perang ini merupakan kapal perang milik Rusia bernama Riga. Pada tahun 1990, Riga berganti nama menjadi Varyag. Karena budget untuk Varyag dianggap surplus, maka Rusia memutuskan untuk tidak menggunakan Varyag sebagai kapal perangnya.

Kapal perang buangan Rusia tersebut akhirnya dibeli oleh Cina pada tahun 1998 dengan harga 25 juta USD. Di tahun 2012, nama Varyag kembali diubah menjadi Liaoning. Liaoning inilah yang kemudian menjadi kapal perang pertama milik Cina. Liaoning dipersiapkan untuk melawan senjata misil, pesawat tempur, dan kapal selam milik lawan.

2. Admiral Kuznetsov Class, Rusia - 305 Meter

Admiral Kuznetsov Class

Dengan panjang mencapai 305 meter, inilah kapal perang milik Rusia yang masih dipakai hingga sekarang. Kapal perang yang diberi nama Admiral Kuznetsov Class ini merupakan kapal perang dengan persenjataan super lengkap, baik itu untuk menyerang ataupun bertahan. Termasuk di dalamnya ada belasan misil jarak jauh dan senjata anti kapal selam.

Karena memiliki persenjataan untuk bertahan dan menyerang yang lengkap, Admiral Kuznetsov menjadi kapal perang terberat di dunia. Admiral Kuznetsov telah menjadi kapal perang andalan rusia sejak tahun 1990, yang versi sebelumnya telah dijual ke Cina. Admiral Kuznetsov mampu berlayar sambil membawa 39 pesawat tempur dan lusinan helikopter.

1. Nimitz Class, Amerika Serikat - 332 Meter

Nimitz Class

Inilah dia kapal perang terbesar di dunia dengan panjang 332 meter. Kapal perang yang bernama Nimitz Class ini adalah kapal perang milik negeri Paman Sam. Bukan hanya ukurannya saja yang besar, Nimitz Class juga menjadi kapal perang termahal dengan harganya yang mencapai 4,5 miliar USD. Amerika setidaknya memiliki Nimitz Class sebanyak 10 buah.

Nimitz Class sanggup mengangkut sebanyak 85 sampai 90 pesawat tempur Amerika, jauh lebih banyak daripada kapal perang lain yang ada di dunia. Nimitz Class memiliki misil dan senjata yang bisa melindungi dirinya dari serangan misil dan pesawat terbang musuh. Kapal perang ini pernah membantu mengirimkan bantuan pada korban tsunami Aceh pada tahun 2004 dan gempa Tahiti pada tahun 2010. Saat ini pemerintah Amerika sedang mengembangkan kapal perang yang lebih besar dan mahal dari Nimitz Class yaitu Gerald R. Ford Class dengan estimasi harga yang mencapai 9 sampai 12 miliar USD.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas