home -> Lifestyle -> 10 Cara Menghilangkan Rasa Pedas Di Mulut
20 Juli 2017 21:31

10 Cara Menghilangkan Rasa Pedas Di Mulut

Oleh reagan dalam Lifestyle pada April 07, 2017

Makanan pedas memang menarik. Ada banyak cara untuk membuat makanan menjadi peas, bisa menggunakan sambal, lada atau paprika. Tapi, ada kalanya makanan yang dimakan memiliki tingkat kepedasan yang tidak bisa kita tolerir. Jika sudah kepedasan, mulut pasti terasa perih dan panas. Jika kalian sudah kepedasan, segera atasi dengan cara berikut ini.

10. Es Krim

ice cream

Makan makanan pedas memang asyik tapi sangat tidak asik apabila rasa pedasnya melebihi yang bisa kita tahan. Jika sudah demikian, bukan nikmat lagi namanya tapi neraka. Begitu sudah kepedasan, biasanya kita akan langsung mencari air untuk diminum. Tapi, ada cara lain untuk meredakan rasa pedas di mulut yakni dengan makan es krim.

Ya, es krim adalah salah satu cara terbaik untuk mendinginkan mulut dari rasa pedas akan cabai. Bukan cara yang buruk bukan meredakan rasa pedas dengan menggunakan es krim. Cukup dengan satu sendok es krim saja bisa menghilangkan rasa pedas yang ada di lidah. Anggap saja es krim adalah makanan penutup yang tepat setelah menikmati makanan pedas.

9. Madu

honey

Memiliki rasa manis yang alami, madu menjadi minuman pilihan banyak orang karena memiliki khasiat yang super. Meski memiliki rasa yang manis, madu aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes. Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Jika lidah kalian sakit karena makan makanan pedas, segeralah minum madu.

Ya, madu juga bisa meredakan rasa panas dan perih di lidah yang disebabkan oleh cabai. Berasal dari bahan alami, memiliki rasa manis, madu merupakan penawar yang bagus untuk meredakan panas di lidah. Tapi, karakteristik madu yang kental mungkin tidak bisa menghilangkan efek pedas seluruhnya. Tapi, lebih baik daripada benar-benar kepedasan kan?

8. Air Kelapa

coconut water

Tidak ada yang paling nikmat lagi selain minum air kelapa di saat cuaca sedang panas-panasnya. Sama-sama berasal dari bahan alami, jadi tidak ada alasan untuk tidak menikmati segelas air kelapa bukan? Bukan cuma bermanfaat sebagai penghilang rasa haus, air kelapa juga bisa sedikit meredakan rasa pedas yang menyerang mulut.

Bisa dikatakan bila air kelapa ini adalah susu dalam versi lebih ringan dengan rasa manis yang sama. Bukan cuma bisa mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang akibat beraktivitas, ternyata air kelapa juga bisa digunakan untuk meredakan rasa panas yang disebabkan oleh cabai.

7. Lemon

lemon

Selain air kelapa, minum jus atau air perasan lemon juga sangat nikmat apabila diminum di siang hari ketika matahari sedang terik-teriknya. Apalagi ditambah dengan es, pastinya leher akan terasa adem. Bukan cuma cocok diminum di saat panas, air perasan lemon juga bisa loh meredakan rasa pedas di mulut.

Keefektifan air perasan lemon dalam meredakan rasa pedas di mulut bukanlah isapan jempol saja. Hal tersebut sudah terbukti secara ilmiah. Keasaman dari rasa pedas bisa dinetralisir dengan makanan yang bersifat alkali, lemon salah satunya. Selain lemon, kalian juga bisa meredakan rasa pedas dengan tomat, jeruk, dan nanas.

6. Selai Kacang

peanut butter

Siapa disini yang suka dengan roti? Salah satu cara menikmati roti adalah dengan diolesi dengan selai. Entah itu selai kacang, selai coklat, stroberi atau selai rasa buah lainnya. Tadi sudah disebutkan selai kacang bukan? Selain bisa menjadi sahabat roti, selai kacang juga bisa menjadi sahabat lidah kalian setelah selesai makan makanan yang pedas.

Di dalam selai kacang terdapat kandungan lemak. Kandungan lemak inilah yang bisa menjadi remedi untuk sedikit mengurangi rasa pedas di lidah. Caranya adalah dengan menelan satu sendok makan selai kacang. Sayangnya tidak semua orang bisa menggunakan selai kacang sebagai cara untuk meredakan rasa pedas. Bagi kalian yang memiliki alergi terhadap kacang harus mencari cara lain untuk menghilangkan rasa pedas tersebut.

5. Mengunyah Roti

bread

Di poin sebelumnya sudah disebut-sebut bahwa roti dan selai adalah teman terbaik, terutama untuk sarapan. Selai kacang memang bisa menjadi pereda rasa pedas di mulut, tapi bagi kalian yang memiliki alergi kacang tentunya tidak bisa mengkonsumsi selai kacang. Bukan cuma selai kacangnya saja, tapi roti juga bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa pedas di lidah.

Sebelum menyantap makanan pedas, ada baiknya kalian menyiapkan sejumlah makanan atau minuman untuk menanggulangi rasa pedas. Nah, roti ini salah satunya. Mengunyah sepotong roti bisa membuat kalian sedikit rileks. Dikatakan bahwa roti bisa menyerap minyak dari capsaicin yang membuat mulut kalian terbakar.

4. Minum Alkohol

alcohol

Kalian suka minum minuman beralkohol dan juga makanan pedas? Kalau begitu, kalian tidak perlu lagi khawatir apabila mengalami kepedasan. Kenapa? Karena minuman yang mengandung alkohol dikatakan ampuh untuk menghilangkan rasa pedas yang menyengat di lidah. Tentu saja ini info yang sangat menggembirakan bagi kalian yang suka minuman beralkohol dan makanan pedas.

Ada banyak minuman beralkohol yang bisa kalian tenggak. Sebut saja bir dan cocktail. Kandungan alkohol dalam minuman tersebut bisa meredakan rasa terbakar akibat memakan makanan pedas. Jadi, daripada minum segelas air putih yang terbukti tidak ampuh, lebih baik kalian minum segelas bir saja.

3. Makan Gula

sugar

Ketika mulut sudah sakit karena rasa pedas yang sudah tidak tertahankan, jangan langsung mencari air putih untuk meredakannya. Air putih hanya bisa meredakan rasa pedas di mulut hanya untuk sementara. Setelah itu, rasa pedas akan kembali lagi. Daripada menggunakan air putih, lebih baik kalian pilih gula.

Dengan menggunakan gula, lidah kalian bisa berterima kasih karena rasa pedas akan jauh berkurang lebih banyak daripada meminum air putih. Faktanya adalah, gula bisa membanti menetralisir sensasi terbakar dari makanan pedas. Caranya cukup dengan 1 sendok gula, kemudian tuangkan ke dalam lidah kalian.

2. Makan Coklat

chocolate

Coklat adalah salah satu makanan yang tidak bisa ditolak. Begitu banyak orang yang bermimpi untuk bisa menyimpan banyak coklat di lemari untuk dimakan suatu saat nanti. Ok, jangan lupa untuk membatasi konsumsi coklat jika kalian tidak ingin mendapatkan masalah gigi. Tapi, untuk kali ini, coklat bisa menjadi salah satu kunci untuk meredakan rasa pedas di lidah.

Sama dengan selai kacang, coklat juga memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Kandungan lemak inilah yang akan membantu kalian untuk menghilang capsaicin dari mulut. Jelas bahwa mengkonsumsi sebatang coklat jauh lebih bagus daripada kalian minum bergelas-gelas air putih.

1. Minum Segelas Susu

milk

Ketika sudah berurusan dengan makanan pedas, maka kalian harus siap dengan resikonya yaitu kepedasan. Maka dari itu, sebelum menikmati makan makanan pedas favorit, ada baiknya kalian menyiapkan bahan-bahan untuk meredakan rasa pedas di mulut. Dari 9 bahan yang telah disebutkan di atas, susu adalah pilihan terbaik.

Di dalam susu terkandung protein yang disebut dengan casein. Casein inilah yang akan melawan capsaicin di lidah sehingga rasa pedas di lidah akan hilang. Segala macam makanan yang memiliki kandungan susu di dalamnya juga ampuh untuk meredakan rasa pedas di lidah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas