home -> Lainnya -> Orang Terkaya Di Indonesia Tahun 2017
24 April 2017 02:41

Orang Terkaya Di Indonesia Tahun 2017

Oleh reagan dalam Lainnya pada April 04, 2017

Yang di luar negeri sudah, kini saatnya kita membahas siapa saja orang terkaya yang ada di tanah air kita sendiri, Indonesia. Dari deretan orang terkaya tersebut, ada beberapa nama baru yang muncul dalam daftar. Siapa sajakah mereka? Simak daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2017 di bawah ini.

10. Peter Sondakh - 1,7 Miliar USD

Peter Sondakh

Nama Peter Sondakh bisa terbilang merupakan nama baru di daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2017. Meskipun begitu, orang yang sudah masuk dalam daftar miliarder Indonesia tentunya bukanlah orang biasa. Peter Sondakh adalah pengusaha asal Indonesia yang merupakan pemilik dari Rajawali Group.

Peter Sondakh lahir di kota Manado pada tanggal 23 Juli 1953. Ayah dari Peter Sondakh memulai karir bisnis pada tahun 1954 dengan memproduksi minyak kelapa dan ekspor kayu. Pada usia 22 tahun, Peter Sondakh mengambil alih bisnis minyak kelapa dan ekspor kayu milik ayahnya dan mendirikan PT. Rajawali Corporation.

9. Prajogo Pangestu - 1,8 Miliar USD

Prajogo Pangestu

Di urutan 9 ini juga menjadi pendatang baru setelah di tahun 2016, namanya tidak masuk ke dalam daftar orang terkaya Indonesia 216. Siapakah dia? Dia adalah Prajogo Pangestu, seorang pengusaha kayu sukses dengan total kekayaan yang mencapai angka 1,8 miliar USD atau setara dengan 23,9 triliun.

Sebelum krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997, nama Prajogo Pangestu dikenal sebagai seorang pengusaha kayu yang sangat sukses. Di tahun 2010, namanya termasuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Nama Prajogo Pangestu saat itu bersanding dengan nama lain seperti Eka Tjipta dan Martua Sitorus.

8. Mochtar Riady - 1,9 Miliar USD

Mochtar Riady

Tahun 2016, nama Mochtar Riady berada di urutan 9 dalam daftar orang terkaya Indonesia dengan total kekayaan yang mencapai 2,2 miliar USD. Jika kekayaannya dibandingkan dengan sekarang ini memang mengalami penurunan, tapi posisinya justru meningkat yakni di urutan ke-8 orang terkaya di Indonesia.

Mochtar Riady atau Li Moe Tie adalah seorang pengusaha. pendiri, sekaligus presiden komisaris dari Lippo Group. Lahir di kota Malang pada 12 Mei 1929. Mochtar Riady sudah dikenal oleh banyak orang sebagai praktisi perbankan yang handal. Grup bisnis yang dikembangkan olehnya juga sudah terkenal hingga ke mancanegara.

7. Theodore Rachmat - 1,9 Miliar USD

Theodore Rachmat

Sungguh nama yang tidak terduga berhasil masuk ke dalam daftar orang terkaya Indonesia tahun 2017. Dialah Theodore Permadi Rachmat atau yang dikenal dengan nama Theodore Permadi Rachmat. Tahun 2014, majalah Forbes memasukkan namanya ke dalam daftar orang terkaya Indonesia di urutan ke-14.

Theodore Rachmat lahir di Kadipaten, Majalengka pada 15 Desember 1943. Orang ini merupakan seorang pengusaha kaya raya asli Indonesia, dikenal sebagai pemilik Adaro Group. Adaro Group merupakan perusahaan tambang batu bara yang ada di Kalimantan. Sebelum itu, Theodore Rachmat sempat menjadi pimpinan dari Grup Astra. Perusahaan miliknya bernama Triputra Group.

6. Murdaya Poo - 2,1 Miliar USD

Murdaya Poo

Tahukah kalian dengan tempat yang bernama JIExpo Kemayoran? Tempat super besar tersebut merupakan tempat yang sering dijadikan lokasi sejumlah event besar di Jakarta. Tentunya dengan banyaknya event yang diadakan di tempat tersebut membuat pemiliknya dibanjiri uang sewa. Tahukah kalian bahwa pemilik tempat tersebut adalah Murdaya Poo.

Murdaya Poo adalah pemilik JIExpo Kemayoran sekaligus orang penting yang ada di balik Central Cipta Murdaya Group. Central Cipta Murdaya Group adalah nama perusahaan kontraktor terkenal di Indonesia. Di tahun 2017 ini, Murdaya Poo berhasil masuk ke dalam daftar orang terkaya Indonesia dengan total kekayaan 2,1 Miliar.

5. Tahir - 2,8 Miliar USD

Tahir

Memiliki nama asli Dato' Sri Tahir, lahir di Surabaya pada 26 Maret 1952. Ia adalah seorang pengusaha sukses yang juga meripakan pendiri dari Mayapada Group. Tahun lalu, 2016, Tahir menjadi salah satu orang terkaya Indonesia diposisi 10 dengan total kekayaan yang mencapai angka 2 miliar USD.

Tahun 2017 ini, kekayaan Tahir mengalami peningkatan menjadi 2,8 miliar USD. Membuat namanya meroket, menempatkan namanya di urutan kelima orang terkaya Indonesia. Selain menjadi pemilik Mayapada Group, Tahir menggeluti usaha lain seperti perbankan, media cetak, tv kabel, dan rantai toko bebas pajak.

4. Chairul Tanjung - 4,6 Miliar USD

Chairul Tanjung

Mengalami peningkatan 1 posisi dari tahun lalu adalah Chairul Tanjung. Tahun 2016, kekayaan milik Chairul Tanjung ditaksir mencapai nilai 5 miliar USD. Tahun 2017 ini memang kekayaannya mengalami penurunan yakni 4,6 miliar USD. Tapi setidaknya dirinya mengalami peningkatan dari posisi 5 menjadi posisi 4.

Chairul Tanjung mendirikan perusahaan yang bergerak dalam banyak bidang binis. Sebagian besar bergerak dalam bidang bank, media, gaya hidup, entertainment, dan perkebunan. Pemilik CT Corp ini memiliki total kekayaan yang ditaksir mencapai nilai 4,6 miliar USD. Jika dirupiahkan kira-kira setara 61,2 triliun.

3. Sri Pakash Lohia - 5,4 Miliar USD

Sri Prakash Lohia

Seorang pengusaha asal India yang sangat sukses di Indonesia, dia adalah Sri Prakash Lohia. Lahir di Kolkata pada 11 Juli 1952. Sri Prakash Lohia adalah seorang pengusaha yang merupakan ketua Indorama Corporation. Indorama Corporation adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang petrokimia dan tekstil.

Kekayaan yang dimiliki oleh Sri Prakash Lohia bisa dibilang mengalami sedikit peningkatan. Di tahun 2016, dirinya memiliki kekayaan yang mencapai 5,1 miliar USD dan duduk di posisi 6 orang terkaya Indonesia. Tahun 2017, kekayaan Sri Prakash Lohia ditaksir mencapai 5,4 miliar USD. Membuatnya duduk di posisi 3.

2. Michael Hartono - 8,9 Miliar USD

Michael Bambang Hartono

Tahun 2016 adalah tahun yang sukses bagi Djarum Group dimana pemilik perusahaan tersebut menjadi orang terkaya di Indonesia. Tahukah kalian bahwa Djarum Group merupakan perusahaan yang dikelola oleh keluarga Hartono. Salah satu anggota keluarga Hartono yang mengelola perusahaan tersebut yakni Michael Hartono.

Dengan nama lengkap Michael Bambang Hartono atau oei Hwie Siang, lahir di Kudus pada 2 Oktober 1939. Bersama dengan sang adik yaitu Robert Rudi Hartono, mereka berdua mewarisi perusahaan rokok kretek Djarum setelah ayah mereka, Oei Wie Gwan meninggal dunia pada tahun 1963. Total kekayaan yang dimiliki oleh Michael Hartono ditaksir mencapai 8,9 miliar USD.

1. R. Rudi Hartono - 9 Miliar USD

R. Budi Hartono

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Robert Rudi Hartono merupakan adik dari Michael Bambang Hartono. Dimana keluarga Hartono adalah keluarga yang mengelola perusahaan rokok kretek di Indonesia, Djarum. Dimana kita tahu bahwa nama rokok Djarum sudah terkenal di Indonesia, bahkan orang yang tidak hobi merokokpun pasti tahu dengan nama Djarum.

Robert Budi Hartono atau Oei Hwie tjhong lahir di Semarang pada 28 April 1940. Total kekayaan yang dimiliki Robert Rudi Hartono ditaksir mencapai nilali 9 miliar USD. Bersama dengan sang kakak, Robert dan Michael adalah pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Total saham BCA yang mereka pegang adalah 51%.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas