home -> Unik -> 10 Masalah Yang Biasa Dihadapi Oleh Orang Kidal
20 Februari 2018 14:40

10 Masalah Yang Biasa Dihadapi Oleh Orang Kidal

Oleh reagan dalam Unik pada March 07, 2017

Setiap orang dilahirkan unik. Ada yang tinggi, ada yang pendek, ada yang kurus, dan ada pula yang gemuk. Salah satu keunikan yang mungkin terlihat jarang adalah di bagian tangan. Banyak orang yang kamu temui mungkin lebih sering menggunakan tangan kanannya untuk melakukan sesuatu seperti mengangkat telepon, memegang handphone atau menulis dengan tangan kanan. Namun ada pula orang yang lebih sering menggunakan tangan kirinya untuk melakukan sesuatu. Orang tersebut biasanya disebut kidal dan orang kidal biasanya jarang ditemukan. Meski termasuk unik, ternyata menjadi orang kidal mendatangkan masalah tersendiri. Kamu yang bukan kidal wajib tahu 10 masalah umum yang biasa dihadapi oleh orang kidal berikut ini.

10. Stigma Tangan Kiri Yang Buruk

stigma kidal

Tiap orang tua harusnya bangga bila ananya bisa melakukan sesuatu yang tidak banyak orang bisa lakukan, itulah keunikan seorang anak. Salah satu keunikan yang jarang ditemukan adalah anak bertangan kidal. Coba kalian lihat saja sendiri, ada berapa banyak anak bertangan kidal di sekolah atau kelas. pasti sedikit bukan?

Sayangnya, kebanyakan orang tua masih menganggap bahwa anak bertangan kidal adalah sesuatu yang buruk. Orang tua jaman dahulu masih tertanam stigma bahwa tangan kiri adalah tangan yang buruk. Itulah yang menyebabkan orang tua melatih anaknya yang bertangan kidal untuk aktif menggunakan tangan kanannya.

9. Menulis Di Papan Tulis

whiteboard

Ketika belajar di sekolah, kadang ada saatnya kita dipanggil guru ke depan untuk menyelesaikan soal yang ada di papan tulis. Terlepas menulis di papan apa, whiteboard atau yang hijau, bagi mereka yang menggunakan tangan kanan pasti tidak akan mengalami kendala. Tapi bagi mereka yang menggunakan tangan kiri untuk menulis, ini adalah masalah besar.

Bagi yang menggunakan tangan kanan untuk menulis, mereka tidak perlu takut tangannya akan kotor. Bagi mereka yang kidal, menulis di papan menggunakan kapur ataupun spidol, pasti tangan kirinya akan kotor. Masalah ini tentunya tidak akan dimengerti bagi mereka yang bukan orang kidal.

8. Bermain Gitar

playing guitar

Apa ada di antara kalian yang hobi bermain musik terutama gitar? Dengan gitar, kita bisa memainkan lagu apa saja yang kita suka, sudah pasti asyik bukan? Belum lagi jika kalian itu cowok. Cowok yang bisa bermain gitar selalu mendapatkan poin tambah di mata lawan jenis. Namun, tidak semua orang bisa bermain gitar dengan bebas, terutama mereka yang kidal.

Kebanyakan gitar yang dijual, diperuntukan bagi mereka yang normal alias menggunakan tangan kanan. Bagi mereka yang bertangan kiri tentu saja tidak bisa bermain gitar dengan bebas. Lalu bagaimana solusinya agar tetap bisa bermain gitar? Pertama adalah memaksakan diri untuk melatih tangan kanan. Kedua adalah mencari orang yang bisa membuatkan gitar khusus untuk orang kidal.

7. Menulis Di Buku Berspiral

spiral book

Pernahkah kalian melihat buku dengan pemisah tengah berupa spiral? Jika iya, apakah kalian pernah merasa kesulitan menulis di buku berspiral? Bahkan untuk orang yang menulis dengan tangan kanan saja, menulis di buku berspiral cukup menyusahkan, apalagi bagi mereka yang kidal?

Bagi yang kidal, jika ada sesuatu yang mengganjal di tangan ketika menulis, pasti akan ada perasaan jengkel. Mau menulis kok ada gangguan? Andaikan saja tidak ada buku dengan pemisah spiral, pasti menulis akan terasa lebih nyaman dan akan menulis akan semakin cepat selesai.

6. Membuka Gagang Pintu

door handle

Ketika masuk ke dalam rumah atau suatu ruangan, pasti kita harus membuka pintu dengan menggerakan gagang pintu. Bagi orang yang menggunakan tangan kanan, menggerakkan gagang pintu pasti sangatlah mudah. Lalu bagaimana dengan orang kidal? Ternyata ini bisa cukup menyebalkan.

Kenapa bisa menyebalkan? Karena orang kidal biasa melakukan segala sesuatu dengan tangan kiri, biasanya, secara refleks pasti orang kidal akan menggerakan gagang pintu dengan menggunakan tangan kiri. Risih pastinya jika kita harus menyilangkan tangan kiri ke sebelah kanan tubuh hanya untuk membuka pintu.

5. Desain Meja Kelas Yang Tidak Sesuai Dengan Orang Kidal

table class

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tuntutlah ilmu sampai negeri seberang. Artinya, kita sebagai manusia jangan pernah lelah untuk belajar. Jadi jangan heran bila sedari kecil, kita sudah dimasukan ke dalam sekolah. Tujuannya ya untuk belajar sehingga menjadi orang pintar dan sukes.

Di beberapa sekolah ada yang menggunakan meja dengan desain unik dimana di sebelah kanannya memiliki bagian yang panjang seperti tampak pada gambar di atas. Meja tersebut sengaja didesain untuk orang normal yang biasa menulis dengan menggunakan tangan kanan. Bagaimana dengan orang kidal? Menulis adalah sebuah siksaan.

4. Kesulitan Bermain Video Game

video controller

Siapa disini yang hobi bermain video game? Apakah itu di Play Station, Xbox atau Nintendo? Setiap console yang ada, pastinya memiliki controller. Setiap console memiliki controller yang berbeda, namun mereka memiliki kesamaan. Kesamaan itu adalah semua controller memiliki tombok aksi yang ada di sebelah kanan, sedangkan arah di sebelah kiri. Cocok untuk orang normal.

Orang yang kidal tentunya akan menemui kesulitan menggunakan controller seperti itu. Harapannya adalah tombol aksi ada di sebelah kiri, sedangkan untuk arah ada di sebelah kanan. Kalau gitar sih memang ada yang dibuat secara khusus untuk orang kidal, tapi controller sepertinya tidak.

3. Mouse Komputer Selalu Ada Di Sisi Kanan

pc mouse

Tidak cuma main video game saja yang direpotkan dengan controller yang tidak nyaman. Mengoperasikan komputer juga menjadi masalah yang selamanya tidak akan bisa diselesaikan oleh orang kidal. Dari posisi hingga bentuk mouse serta keyboardnya, semua dirancang untuk senyaman mungkin bagi mereka yang menggunakan tangan kanan.

Orang yang aktif menggunakan tangan kiri harus memindahkan mouse ke sebelah kiri sebelum dioperasikan. Apakah masalah selesai sampai disana? Tidak, karena setting mouse juga dibuat untuk orang kanan, maka orang kidal harus mengubah setting klik kanan pada mouse menjadi klik kiri.

2. Pembuka Tutup Kaleng

can opener

Orang normal yang menggunakan tangan kanan, biasanya tidak akan kesulitan untuk menggunakan alat untuk membuka tutup kaleng. Pembuka tutup kaleng dibuat khusus untuk mereka yang bukan kidal. Di bagian pegangan alat pembuka tutup kaleng sudah didesain sedemikian rupa untuk mudah digunakan untuk orang normal.

Orang yang memiliki tangan dominan kiri akan menemukan kesulitan besar jika harus membuka kaleng dengan menggunakan alat pembuka tutup tersebut. Daripada susah-susah, lebih baik minta tolong pada orang lain untuk membuka kaleng.

1. Berjabat Tangan

handshake

Berjabat tangan pada umumnya dilakukan dengan menggunakan tangan kanan. Apalagi jika kalian tinggal di daerah Asia, berjabat tangan sudah pasti menggunakan tangan kanan. Berbeda di Amerika yang dimana orangnya tidak begitu mempermasalahkan berjabat tangan menggunakan tangan kiri atau kanan.

Sama seperti poin pertama, banyak orang yang memiliki stigma bahwa tangan kiri adalah tangan yang buruk atau jelek. Jika ada anak kecil memiliki tangan dominan sebelah kiri, maka akan langsung diajarkan untuk mengganti tangan dominannya menjadi sebelah kanan. Jika ada orang yang bersalaman menggunakan tangan kiri, maka orang tersebut dianggapnya tidak sopan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas