home -> Lainnya -> 10 Cara Mengasah Otak Agar Lebih Tajam
24 November 2017 23:55

10 Cara Mengasah Otak Agar Lebih Tajam

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 20, 2017

Otak adalah bagian terpenting dalam tubuh. Hampir semua aktivitas pada tubuh, diatur oleh otak. Tidak hanya tubuh saja yang butuh dilatih. Otak juga butuh dilatih agar kemampuannya semakin terasah. Otak yang sering dilatih dapat memberikan banyak keuntungan seperti meningkatnya daya ingat. Bagaimana caranya agar bisa mengasah otak supaya lebih tajam?

10. Berjemur

sunbathing

Otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh. Semua aktivitas yang kita lakukan semua dikontrol oleh otak. Adalah kesalahan jika seseorang berpikir bahwa otak tidak perlu dilatih. Jika otak tidak dilatih, maka kemampuan otak juga bisa menurun. Tentu saja bisa berdampak pada aktivitas yang kita lakukan.

Salah satu cara mudah untuk melatih otak agar lebih tajam adalah dengan berjemur. Kenapa berjemur? Tubuh dan otak kita membutuhkan yang namanya vitamin D. Nah, sinar matahari ini bisa membantu kita mendapatkan vitamin D tersebut. Untuk tubuh, vitamin D dapat memberikan manfaat positif bagi kulit. Untuk otak, vitamin D dari sinar matahari bisa mempertajam otak dan mencegah penuaan otak.

9. Rajin Mencatat

writing

Dulu, jika ada orang yang sering mencatat sesuatu di buku, itu tandanya adalah orang yang pelupa. Tapi ternyata tidak juga. Justru dengan mencatat bisa membantu seseorang untuk melatih daya ingat. Dan setiap orang pasti akan melakukan yang namanya mencatat ini.

Setiap orang juga pasti memiliki caranya sendiri dalam mencatat agar bisa mengingat kembali apa yang telah dipelajari. Bisa dengan tulisan, grafik, menggaris bawah, dan bahkan bisa juga dari gambar atau foto. Semua metode tersebut bebas dipilih, tergantung pribadi tiap orang.

8. Meditasi

meditate

Hidup selalu dipenuhi dengan masalah dan masalah tiap orang tentu berbeda. Terus menerus dihadapkan pada masalah tentu bisa membuat orang jadi jengkel. Jika sudah demikian, pikiran kita akan mumet dan akhirnya akan membuat apapun yang kita lakukan menjadi berantakan. Untuk bisa menjernihkan pikiran dari rasa penat, meditasi adalah salah satu jawabannya.

Otak yang penat pastinya akan membuat segala hal jadi berantakan termasuk mood. Semakin lama dibiarkan, otak bisa stres juga. Untuk menghilangkan rasa penat dan stres tersebut, otak juga perlu diberi penyegaran, meditasi adalah salah satunya. Meditasi tidak cuma bisa membuat pikiran lebih tenang tapi juga bisa membuat otak jadi rileks sehingga otak bisa bekerja dengan lebih maksimal.

7. Bermain

puzzle

Orang tua jaman dulu selalu mengajarkan pada anaknya bahwa jika ingin pintar maka harus sering-sering belajar. Itu memang tidak salah, tapi jangan sampai anak terus dicekoki dengan belajar, belajar, dan belajar. Terus menerus belajar jika bisa membuat anak jadi stres. Bukannya jadi pintar malah mungkin bisa jadi gila.

Hidup itu harus seimbang. Belajar bukan satu-satunya cara untuk membuat otak menjadi lebih tajam. Bermain juga bisa membuat otak jadi lebih berkembang. Tapi tentunya harus diperhatikan juga permainan apa yang bisa mengasah otak. Bermain puzzle, catur, dan tebak kata juga bisa loh mengasah otak.

6. Mendengarkan Musik

music

Sangat sulit mencari orang yang tidak suka dengan musik. Di saat senggang atau bahkan ketika sedang mandi, banyak orang memilih untuk bernyanyi atau mendengarkan musik. Sambil bekerjapun ada orang yang mendengarkan musik agar lebih bersemangat. Memang musik memberikan pengaruh yang luar biasa, tidak hanya mood tapi otak juga.

Sejumlah ilmuwan berpendapat bahwa mendengarkan musik bisa mempertajam otak. Tidak semua jenis musik tentunya, hanya beberapa jenis musik saja yang diketahui dapat memberikan efek positif untuk otak. Mendengarkan musik dikatakan mampu memanggil sejumlah memori yang tersimpan di otak.

5. Makan Makanan Bergizi

eat

4 sehat 5 sempurna, begitulah ajaran yang kita dapatkan ketika masih kecil. Ajaran tersebut selalu diajarkan oleh orang tua dan juga guru di sekolah, tujuannya adalah agar kita tumbuh menjadi anak sehat. Tahukan kalian bahwa ada sejumlah makanan yang bisa membantu otak agar bisa berpikir lebih jernih?

Setiap makanan memiliki nutrisi dan manfaat yang berbeda. Contohnya saja wortel. Wortel mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Makin banyak makan wortel, masa kesehatan mata semakin terjaga. Lalu makanan apa yang harus dikonsumsi agar otak bisa lebih tajam? Makanan tersebut antara lain adalah gandum, minyak ikan, tomat, bluberi, dan labu.

4. Membaca Buku

reading

Tidak ada yang salah jika memiliki hobi membaca buku. Tapi karena jaman sudah semakin maju, banyaknya jenis buku yang beredar, dan kemudahan untuk membeli buku membuat kita, apalagi para orang tua harus pintar memilih buku mana yang pantas untuk dibaca. Jangan sampai bacaan untuk orang dewasa dibaca oleh anak kecil.

Membaca buku bukan cuma bisa membuat rileks, tapi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah otak agar lebih tajam. Hasil riset juga menunjukkan bahwa rajin membaca buku bisa melatih imajinasi. Tentu ini bagus untuk melatih otak untuk menciptakan gambaran dari apa yang telah dibaca.

3. Lakukan Sesuatu Yang Baru

do something new

Melakukan hal yang sudah sering kita lakukan bukanlah hal yang menyenangkan. Karena sudah terbiasa melakukannya, sudah tidak ada lagi tantangan yang ada. Misalnya saja kamu sudah mahir dalam berbahasa Inggris. Karena sudah bisa menulis dan berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan lancar, maka tidak ada lagi yang perlu dipelajari. Sedangkan otak kan perlu terus diasah.

Karena itulah kita harus mencoba suatu hal yang baru. Sudah mahir berbahasa Inggris, kenapa tidak mencoba bahasa lain? Mandarin, Jepang atau Korea gitu? Terus menerus mencoba hal yang baru membuat otak akan terus dilatih untuk terbiasa dalam mempelajari bahasa (misalnya). Atau kamu yang jago sepakbola, cobalah hal baru seperti berenang atau mendaki.

2. Olahraga

exercise

Olahraga adalah salah satu faktor penting supaya tubuh tetap fit dan sehat. Kebanyakan orang malas berolahraga karena terlalu sibuk. Padahal olahraga rutin diperlukan tidak hanya untuk membakar lemak tapi juga untuk mengasah otak agar lebih tajam. Olahraga bisa membuat otak menjadi cerdas?

Bukan hal yang mengada-ada jika olahraga bisa membuat otak menjadi lebih cerdas. Hal tersebut sudah terbukti dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan. Olahraga secara rutin bisa meningkatkan fungsi otak dan saraf. Setiap berolahraga bisa membantu regenerasi otak. Sel otak yang mati bisa diperbaharui dengan yang baru.

1. Istirahat

sleep

Istirahat adalah poin penting. Banyak orang yang gila kerja demi dapat uang sehingga lupa dengan istirahat. Ada pula orang yang demi mendapatkan tubuh ideal, menghabiskan waktu di gym, dan lupa dengan yang namanya istirahat. Sadarlah kalian bahwa tubuh kita itu butuh yang namanya istirahat.

Tidak cuma manusia, robot atau mesin juga butuh yang namanya istirahat. Semua stres dan juga pembaharuan sel tubuh yang rusak, semua terjadi ketika manusia istirahat. Jangan korbankan jam tidur malam hanya untuk menonton acara televisi atau chatingan dengan pacar. Sayangi tubuh dan otak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas