home -> Lainnya -> 10 Negara Dengan Angka Kriminalitas Terendah Di Du...
23 November 2017 16:13

10 Negara Dengan Angka Kriminalitas Terendah Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 17, 2017

Keamanan adalah syarat penting bagi setiap orang dalam hal apapun termasuk dalam hal mencari tempat tinggal. Tidak ada orang di dunia ini yang ingin tinggal di tempat yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi. Bisa-bisa baru buka pintu saja, kita langsung dirampok. Untungnya ada 10 negara di dunia yang memiliki angka kriminalitas sangat rendah. Tentu saja itu membuat warganya hidup dalam perasaan nyaman dan tenteram.

10. Cyprus

cyprus

Negara yang namanya jarang terdengar ini tidak bisa dianggap remeh. Cyprus adalah sebuah negara kepulauan yang berada di sebelah timur Laut Mediterania. Memang Cyprus tidak memiliki jumlah penduduk yang banyak, mungkin itu pula yang membuat angka kriminalitas di Cyprus begitu rendah.

Tercatat pada tahun 2013, jumlah populasi di Cyprus mencapai angka 1.141 juta penduduk.Di Eropa, Cyprus sudah dianggap sebagai salah satu tempat paling damai. Saking amannya, para penduduk Cyprus tidak takut untuk tidak mengunci rumahnya bahkan ketika malam hari. Dengan angka kriminalitas yang rendah, jelas membuat banyak turis Eropa yang berlibur disana.

9. Denmark

denmark

Danes, sebutan warga Denmark telah tinggal dengan damai selama bertahun-tahun. Bagaimana tidak? Keamanan di negara tersebut benar-benar terjamin. Terima kasih berkat pemerintah Denmark yang memang sangat perduli dengan keamanan warganya. Terbukti dari dikerahkannya sejumlah polisi untuk berjaga di sejumlah tempat.

Banyaknya polisi yang bertugas biasanya menandakan bahwa suatu tempat tidak aman, namun berbeda dengan Denmark. Hampir di setiap 1000 rumah, dikerahkan sebanyak 200 polisi untuk berjaga. Angka terjadinya pembunuhan saja berada di bawah 0,1 per 100.000 orang. Benar-benar negara yang aman.

8. Islandia

iceland

Jika kalian bertanya pada penduduk kota Islandia tentang seberapa aman Islandia, pasti mereka dengan kompak akan menjawab aman. Meski memiliki jumah polisi yang sangat sedikit, Islandia bisa membuktikan bahwa negara mereka tergolong sangat aman bagi siapapun. Baik itu warganya maupun para turis.

Diketahui bahwa Islandia hanya memiliki sebanyak 700 polisi yang bertugas menjaga keamanan. Dan lagi, para polisi Islandia tidak dilengkapi dengan senjata api. Penjara Islandia memiliki 200 orang dimana para tahanannya justru diizinkan untuk pulang ke rumah untuk mengunjungi keluarga. Tentu saja dalam batas waktu yang ditentukan.

7. Irlandia

ireland

Sudah tidak heran kenapa Irlandia bisa begitu menarik minat para turis. Negara ini memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Hanya sekitar 0,32 kejadian pembunuhan terjadi di setiap 100.000 orang. Irlandia dianggap sebagai salah satu negara aman di Eropa Barat sejak tahun 1998.

Memiliki tingkat kriminalitas yang rendah bukan berarti peran polisi tidak dibutuhkan. Peran polisi masih tetap dibutuhkan untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Per 100.000 orang di Irlandia dijaga dan diawasi oleh lebih dari 300 polisi. Dibandingkan dengan tetangganya yakni Inggris, Irlandia jauh lebih aman.

6. Jepang

japan

Negara dengan kuliner yang nikmat, negara yang kaya akan kebudayaan, dan negara yang pernah 2 kali diserang bom atom, itulah Jepang. Salah satu negara di Asia ini merupakan magnet bagi para turis, termasuk orang Indonesia sendiri banyak yang tertarik dengan Negeri Sakura tersebut. Kepopuler Jepang tersebut didukung juga dengan keamanan yang diberikan oleh pemerintah terhadap warga dan juga turis.

Angka kriminalitas yang terjadi di Jepang sangatlah kecil. Perbandingannya hanya 0,4 kasus pembunuhan per 100.000 orang. Warga Jepang sepenuhnya percaya dengan kinerja para polisi yang berjaga di sejumlah tempat. Sekitar 100.000 rumah dijaga lebih dari 200 polisi setiap harinya. Jadi sudah pasti aman.

5. Luxembourg

luxembourg

Luxembourg merupakan negara yang sangat menarik untuk dibahas. Coba bayangkan saja, di setiap 2589 meter persegi, total penduduknya kurang dari 600.000 orang. Luxembourg menjadi negara yang sangat cocok bagi kalian yang tidak suka dengan keramaian. Diyakini pula angka kriminalitas disana sangat kecil.

Luxembourg disebut-sebut sebagai negara kecil dan juga paling bahagia di dunia. Jika kalian tidak percaya, silahkan saja pergi ke Luxembourg. Kalian bisa merasakan sendiri betapa nyaman dan amannya tinggal di negara tersebut. Angka kriminalitasnya saja hampir menyentuh angka 0 di beberapa tahun terakhir.

4. Bahrain

bahrain

Oleh sebagian orang, terutama yang umat Kristiani, Bahrain dikatakan sebagai gambaran dari Taman Eden yang ada di alkitab. Wajib kalian ketahui, Bahrain memiliki keamanan yang super ketat. Lihat saja dari betapa banyak polisi yang berjaga di negara tersebut. Sekitar 100.000 rumah penduduk, tercatat diawasi oleh 1900 anggota polisi.

Bahrain sangat jarang mengalami tindak kriminalitas. Apalagi mengingat betapa banyaknya petugas polisi yang siap siaga menjaga keamanan. Memang tidak semua wilayah Bahrain aman, beberapa daerah tua atau pinggiran setidaknya masih ada terjadi pencurian dan perampokan. Tapi bagaimanapun juga, Bahrain masih dianggap sebagai negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia.

3. Hong Kong

hong kong

Untuk negara yang penduduknya cukup sering mengakses internet, Hong Kong patut diacungi jempol karena memiliki angka kriminalitas yang sangat rendah. Rasionya hanya 0,2 pembunuhan per populasi yang terdiri dari 100.000 orang. Bahkan tindak kriminal ringan seperti pencurian dan perampokan hampir jarang ditemukan.

Dengan rendahnya angka kriminalitas, jelas membuat Hong Kong pantas masuk dalam daftar negara teraman di dunia. Amannya Hong Kong bahkan bisa mengalahkan Jepang. Hanya Singapura lah negara di Asia yang bisa mengalahkan Hong Kong sebagai negara dengan tingkat kriminalitas terendah.

2. Singapura

singapore

Jepang dan Hong Kong masih belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan Singapura dalam hal negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia, khususnya Asia. Di Asia memang Singapura menduduki peringkat pertama, tapi di dunia, Singapura hanya bisa puas di peringkat ke-2, di bawah Swiss.

Tindakan kriminalitas di Singapura sangatlah rendah. Singapura sendiri memang terkenal akan ketertibannya dan keamanannya. Rasio terjadi tindak kriminal hanya 0,3 per 100.000 warga. Pemerintah Singapura sangat tidak mentolerir akan tindakan kriminalitas. Ada orang yang membuang sampah sembarangan saja bisa dikenakan denda yang sangat tinggi.

1. Swiss

switzerland

Sudah tidak perlu mempertanyakan lagi mengenai negara mana yang memiliki tingkat kriminalitas terendah di dunia. Sudah jelas negara itu adalah Swiss. Pemandangan indah, suasana sejuk, dan nyaman tersebut benar-benar dijaga oleh warga dan juga pemerintah. Memang pada dasarnya warga Swiss sangat menghormati hukum yang berlaku.

Negera yang terkenal akan coklat dan jamnya tersebut tidak hanya memiliki tingkat kriminalitas yang rendah, Swiss juga dikenal sebagai negara yang cinta damai. Hampir tidak ada negara yang memiliki konflik dengan Swiss. Sekalipun ada aksi kriminal, pelakunya bukanlah warga lokal, melainkan turis.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas