home -> Lainnya -> 10 Kebohongan Yang Sering Dikatakan Orang Tua Pada...
29 Mei 2017 16:34

10 Kebohongan Yang Sering Dikatakan Orang Tua Pada Anak

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 06, 2017

Anak kecil itu selalu menjadi objek yang gampang untuk dikerjai. Katakan saja suatu hal yang tidak mungkin terjadi, mereka pasti langsung percaya. Sungguh lucu bukan? Yang parahnya lagi adalah, ketika tahu anaknya mudah untuk dikerjai, para orang tua mengatakan hal-hal yang tidak masuk akal untuk bisa membohongi sang anak. Kira-kira dari 10 kebohongan di bawah ini, manakah yang paling sering kamu dengar ketika masih anak-anak?

10. Ayah/Ibu Tidak Pergi Kemana-Mana

groceries

Yang namanya anak kecil biasanya akan selalu nempel dengan orang tua. Baik itu ayah atau ibu. Setiap kali ayah atau ibu pergi, pasti akan selalu ditemani oleh anak. Coba lihat saja tiap kali di mall, dimanapun orang tua berada, didekatnya pasti akan selalu ada sang anak mengikuti. Tapi kadang ada juga orang tua yang pergi tanpa ditemani anaknya.

Sudah tahu kan kalau anak itu ingin selalu ikut kemanapun orang tuanya pergi. Apa lagi jika sudah pergi belanja, pasti deh anak akan rewel minta ini itu. Nah, orang tua yang malas menghadapi rengekan anaknya tapi harus pergi untuk berbelanja biasanya akan berbohong padanya, Para orang tua akan mengatakan pada anaknya bahwa mereka tidak akan pergi kemana-mana atau hanya pergi sebentar ke rumah tetangga. Eh tahu-tahu saja pulang sudah membawa kantong belanjaan.

9. Jika Kamu Bohong, Hidung Kamu Akan Tambah Panjang

long nose

Yang namanya bohong itu adalah dosa. Sedari kecil, anak-anak sudah diajarkan oleh orang tua untuk tidak berbohong. Di sekolah, anak-anak juga diajarkan oleh para guru untuk selalu bersikap jujur. Apapun yang dilakukan, baik itu buruk atau bagus, seorang anak harus belajar untuk berani dan bertanggung jawab atas apa yang diperbuat.

Tapi yang namanya anak-anak belum tentu akan melakukan apa yang diajarkan orang tua. Apalagi jika melakukan kesalahan. Kita pasti akan sebisa mungkin mencari alasan untuk menutupi kesalahan tersebut. Caranya adalah dengan berbohong. Namun orang tua tidak kehabisan akal untuk mengajari anaknya bersikap jujur. Karena anak-anak kebanyakan mudah dikerjai, maka orang tua mengatakan bahwa seorang anak tidak berkata jujur, maka hidungnya akan panjang seperti Pinnochio.

8. Ayah/Ibu Lupa Bawa Dompet

wallet

Masih kelanjutan dari kebohongan bahwa orang tua tidak akan kemana-mana adalah ayah/ibu lupa bawa dompet. Sudah tahu kan bahwa anak-anak suka nempel pada orang tua kemanapun orang tua pergi. Dan resenya anak akan muncul ketika orang tua sedang pergi belanja atau melewati toko mainan.

Jika sudah maunya, anak pasti akan merengek sambil nangis minta dibelikan makanan ini atau mainan itu. Orang tua yang tidak mungkin memarahi anak di muka umum karena merengek, terpaksa berbohong dengan mengatakan lupa membawa dompet. Jika sudah demikian, biasanya sang anak mau tidak mau akhirnya menyerah.

7. Keliling Dulu, Nanti Kita Akan Balik Lagi Kesana

walking

Meski orang tua mengajarkan anak untuk selalu berkata jujur, terkadang malah orang tua malah menunjukkan sikap yang sebaliknya. Bukannya berkata jujur, orang tua malah sengaja berbohong untuk sedikit menghibur anaknya. Bukan tanpa maksud, orang tua juga pasti memiliki alasan lain kenapa mereka harus berbohong. 

Coba kalian ingat-ingat, pernah gak kalian merengek minta dibelikan makanan atau mainan ketika masih kecil, lalu orang tua mengatakan nanti kita putar-putar dulu baru kembali beli mainan tersebut? Eh ternyata pada akhirnya kita malah tidak kembali ke tempat semula dan tidak jadi membeli mainan. Selamat, kalian sudah dibohongi oleh orang tua kalian.

6. Biji Buah Yang Tertelan Akan Tumbuh Pohon

seeds

Buah adalah salah satu makanan sehat sumber vitamin. Ada banyak sekali jenis-jenis buah, dan masing-masing buah mengandung vitamin yang berbeda. Karena itulah orang tua rajin sekali memberikan buah pada anak-anak. Apalagi alasannya jika bukan untuk kesehatan anak. Jika buahnya enak, anak pasti akan langsung dengan lahap menghabiskannya.

Namun hampir semua buah itu ada bijinya. Yang namanya juga anak-anak, mereka tanpa pikir panjang akan melahap semua bagian dari buah tersebut. Adalah kewajiban orang tua untuk mengajarkan mana yang boleh dimakan, mana yang tidak. Setiap buah memiliki bentuk biji yang berbeda, biasanya orang tua akan memberitahu bahwa biji buah itu tidak boleh dimakan. Disini orang tua lagi berbohong untuk menakuti anak-anak. Jika biji buah sampai tertelan, maka nanti di perut kita akan tumbuh pohon. Padahal kenyataannya tidak akan pernah terjadi pohon tumbuh di dalam tubuh.

5. Belajar Yang Rajin Atau Kamu Akan Jadi Pemulung

study

Selain jujur, hal lain yang harus anak pelajari adalah belajar. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses di masa mendatang. Mereka para orang tua meyakini hanya dengan belajarlah seorang anak bisa menjadi orang sukses. Jangan heran jika ada orang tua yang memasukan anaknya ke sejumlah tempat kursus.

Meski maksudnya untuk memotivasi, tapi tidak selayaknya orang tua berbohong pada anak dengan mengatakan bahwa jika tidak rajin belajar, maka anak bisa menjadi seperti pemulung atau tukang bersih-bersih. Masih banyak cara untuk memotivasi anak dan juga ada banyak perumpaan lain yang bisa digunakan. Daripada menggunakan perumpaan pemulung, itu sama sekali itu sopan.

4. Terlalu Sering Main Game Bisa Merusak Mata

video games

Belajar itu membosankan, bermain itu menyenangkan. Itulah anggapan banyak anak-anak. Ketika orang tua menyuruh anak belajar tapi anak malah lebih memilih untuk bermain, jangan langsung mengomeli dan membentak sang anak. Apalagi berbohong dengan mengatakan bahwa sering bermain game bisa merusak mata.

Ada perbedaan besar teknologi jaman dulu dan sekarang. Jaman dulu, dimana belum ada komputer atau Play Station, anak-anak lebih memilih keluyuran di luar rumah. Sekarang ini, dimana teknologi sudah canggih, hampir semua anak sudah punya komputer, Play Station atau console lainnya untuk dijadikan hiburan. Jika memang orang tua ingin anaknya berhenti bermain, alihkan atau ajak anak melakukan hal lain yang lebih menarik.

3. Banyak Makan Wortel Bisa Membuat Kamu Melihat Dalam Kegelapan

carrott

Anak kecil tidak begitu suka dengan yang namanya sayuran. Ketika ibu memasakan sesuatu dengan sayuran, anak seringkali enggan memakannya. Padahal sayuran sangat penting bagi tubuh karena mengandung serat yang bisa membantu pencernaan. Dan wortel adalah salah satu contoh sayuran yang mungkin bagi sebagian anak adalah makanan yang menakutkan.

Untuk mengakali hal tersebut, ada orang tua yang berbohong dengan mengatakan bahwa banyak makan wortel bisa membuat kamu bisa melihat dalam kegelapan. Anak-anak yang tidak tahu apa-apa langsung percaya saja dengan ucapan tersebut. Demi bisa melihat dalam gelap, rasa wortel yang tidak enak tidak menjadi masalah.

2. Kamu Anak Yang Tampan/Cantik

handsome

Dari dulu sampai sekarang sangat terkenal dengan kalimat, tidak perduli seberapa tampan atau cantiknya seseorang karena yang terpenting adalah hati. Tapi kenyataan yang sering kita jumpai adalah sebaliknya. Justru yang tampan atau cantiklah yang akan dengan mudah mendapatkan perhatian orang.

Bagi orang tua, anak adalah segalanya. Mau itu pendek, tinggi, gemuk atau kurus, pokoknya, anak sendiri adalah yang terbaik dan tidak ada duanya. Untuk bisa menghibur sang anak, maka orang tua akan mengatakan bahwa anaknya adalah yang paling tampan jika laki-laki dan paling cantik jika perempuan.

1. Katakan Dengan Jujur, Ayah/Ibu Tidak Akan Marah

tell the truth

Kebohongan yang pasti sering kamu dengar adalah, katakan dengan jujur, ayah/ibu tidak akan marah. Meski orang tua sudah berkata demikian, dalam hati seorang anak pasti ada perasaan yakin bahwa orang tua pasti akan marah jika kita mengatakan hal yang sebenarnya. Tidak heran kenapa banyak anak yang memilih untuk berbohong.

Padahal jika sudah berkata demikian, seharusnya orang tua pegang janjinya tersebut untuk tidak marah. Ini sebenarnya bermanfaat juga agar sang anak bisa berkata jujur. Perlu orang tua tahu, meski anak melakukan kesalahan, jika ditegur orang tua, pasti mereka akan merasa takut juga. Jika orang tua malah memarahi anak, hal itu malah bisa membuat anak malah lebih sering berbohong untuk menutupi kesalahan mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas