home -> Lainnya -> 10 Kebohongan Yang Sering Ditulis Calon Karyawan D...
20 September 2017 08:57

10 Kebohongan Yang Sering Ditulis Calon Karyawan Dalam CV

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 02, 2017

CV atau yang biasa disebut juga dengan resume adalah hal yang wajib dibuat bagi karyawan yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Dalam CV dijelaskan riwayat hidup, pendidikan, dan pengalaman kerja. Semakin tinggi tingkat pendidikan dan banyaknya pengalaman kerja tentunya bisa memperbesar kemungkinan kita untuk bisa diterima di suatu perusahaan. Bagi yang minim pengalaman dan memiliki pendidikan yang rendah, berbohong adalah hal yang biasa dilakukan. Berikut ini adalah 10 kebohongan yang sering ditulis calon karyawan pada CVnya.

10. Memalsukan Catatan Kriminal

criminal record

Tidak ada satupun orang di dunia yang ingin menjadi kriminal. Jika ada, mungkin ada yang aneh di kepala orang tersebut. Jika sudah pernah berurusan dengan yang berwajib, maka sudah pasti nama kita akan tersimpan di database kepolisian. Jika sudah demikian, sulit rasanya bagi kita untuk bisa mengembalikan nama baik kita ke semula.

Ketika menulis CV, ada bagian dimana kita harus menuliskan riwayat pribadi. Akan menjadi poin minus apabila kita menuliskan pernah melakukan perbuatan kriminal di masa lalu. Lalu demi diterima masuk kerja, kita akhirnya berbohong mengenai riwayat pribadi tersebut dengan mengatakan tidak pernah berbuat kriminal. Tentu saja ini tidak akan bagus mengingat suatu saat rahasia tersebut ada kemungkinan untuk terbongkar.

9. Member Klub

membership card

Aktif di organisasi di luar perusahaan bisa mendongkrak nama Anda di mata perusahaan. Semakin banyak tergabung dalam beberapa organisasi, maka semakin bagus juga kemampuan kalian dalam berorganisasi. Apalagi jika kalian bukan hanya berstatus sebagai member biasa. Mungkin itu sebagai wakil, bagian administrasi, sekretaris atau bahkan pemimpin organisasi.

Demi bisa menambah gengsi dan juga membuat perusahaan tertarik, banyak calon karyawan yang berbohong di resume dengan menulis sejumlah informasi palsu tentang klub yang dimasuki. Tidak hanya itu, posisi di klub tersebut juga dikarang sedemikian hingga supaya perusahaan kagum dengan calon karyawan.

8. Gaji

salary

Gaji adalah salah satu topik penting yang juga turut ditulis dalam CV. Tentunya setiap calon karyawan yang melamar pasti berharap di tempat kerja yang baru bisa memberikan gaji yang jauh lebih tinggi dari tempat kerja yang lama. Tapi tentunya perusahaan memiliki pertimbangan sendiri mengenai seberapa besar gaji yang harus diberikan pada karyawan.

Ada banyak orang yang menyarankan, apabila ingin mendapatkan gaji yang tinggi, maka tulislah gaji yang 2x lipat lebih tinggi dari perusahaan sebelumnya. Tapi menulis nilai gaji yang palsu seperti itu tidaklah selalu berhasil. Perusahaan tempat kamu melamar ada kemungkinan untuk melakukan cek mengenai seberapa besar gaji kamu di tempat kerja sebelumnya.

7. Menghapus Perusahaan Tempat Bekerja Yang Terdahulu

erasing company

Mahasiswa yang fresh graduate biasanya masih belum memiliki pengalaman kerja di perusahaan. Maka dari itu bisa sedikit tenang jika diharuskan menulis nama tempat kerja sebelumnya. Cukup saja tulis fresh graduate. Berbeda jika kalian pernah bekerja sebelumnya. Menulis nama tempat kerja sebelumnya itu cukup penting.

Sayangnya ada sejumlah karyawan yang menghasukan tempat kerja terdahulu di CVnya. Alasannya bisa bermacam-macam, bisa karena memiliki masalah dengan bos, rekan kerja atau yang lebih parahnya dipecat karena melakukan kesalahan fatal. Nah, karyawan yang memiliki pengalaman buruk dengan tempat kerja terdahulu biasanya enggan untuk menuliskan nama perusahaan tempat bekerjanya dulu.

6. Menyertakan Referensi Palsu

fake references

Di dalam CV atau resume yang lengkap, biasanya tertulis sumber referensi yang mereferensikan nama kamu kepada perusahaan tempat kamu melamar. Jika yang mereferensikan kamu adalah orang yang memiliki posisi tinggi di suatu perusahaan, biasanya tempat perusahaan baru tidak akan banyak tanya, maka CV akan diterima dan lanjut ke proses interview.

Di dalam poin ini, akan sangat berbahaya jika kamu mengarang-ngarang sumber referensi. Entah itu kamu minta bantuan teman atau keluarga untuk berakting sebagai sumber referensi. Percayalah, berbohong mengenai sumber referensi apalagi sampai membawa teman dan keluarga, itu bisa membawa masalah yang cukup besar.

5. Mengaku Sebagai Wirausaha Padahal Tidak

self employee

Yang namanya pengangguran itu sudah bisa menciptakan kesan negatif di mata banyak orang. Jangankan orang sekitar, perusahaan tempat kamu melamar juga akan langsung memandang sinis karyawan yang berstatus pengangguran. Dan lagi-lagi, disinilah para calon karyawan akan mengarang indah untuk menutupi status pengangguran.

Tahukan kalian apa alasan yang dibuat oleh kebanyakan calon karyawan untuk menyembunyikan status penganggurannya? Kebanyakan dari mereka menulis bekerja sebagai wiraswasta atau freelancer di dalam CVnya. Padahal mah sebenarnya mereka tidak bekerja, tapi terpaksa berbohong agar CVnya diterima.

4. Pendidikan

fake degree

Kurang lebih sama dengan memalsukan status pekerjaan kamu sebelumnya, memalsukan pendidikan juga merupakan hal yang sering dilakukan oleh sejumlah calon karyawan. Bukan hal baru lagi apabila sebuah perusahaan menilai karyawan dari pendidikan terakhir yang diselesaikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan, nilai kamu di mata perusahaan juga semakin bagus.

Para calon karyawan, demi bisa diterima di perusahaan, mereka nekat berbohong dalam poin ini. Ada yang lebih nekat lagi dengan cara memalsukan ijazah kelulusan. Memang ada kemungkinan perusahaan tidak akan mengecek, tapi tetap saja resiko ketahuan itu ada. Dan jika sampai ketahuan, kamu tidak akan bisa mengelak.

3. Kemampuan

fake skills

Kebohongan demi kebohongan ditulis oleh calon karyawan di CV agar bisa maju ke tahap selanjutnya. Kebohongan yang paling sering ditulis dalam CV berikut ini adalah tentang kemampuan. Karyawan yang memiliki banyak kemampuan biasanya itulah yang dicari oleh perusahaan. Buat apa juga sebuah perusahaan mempekerjakan karyawan yang tidak memiliki kemampuan.

Supaya diterima kerja inilah seorang karyawan akan berbohong dengan menuliskan sejumlah kemampuan yang sebenarnya tidak mereka miliki. Semua hal tersebut dilakukan agar perusahaan tertarik. Misalnya saja kamu menulis master dalam hal database, tapi begitu kamu diberi tugas sepele tentang database, kamu malam melempem alias tidak bisa.

2. Tingkat Pencapaian

success

Perusahaan manasih yang tidak tergiur dengan karyawan yang penuh prestasi. Karyawan yang memiliki track record bagus di perusahaan terdahulu pastinya akan membuat perusahaan yakin akan kemampuan karyawan tersebut. Siapa tahu saja dengan merekrutnya, tujuan perusahaan bisa semakin tercapai.

Bagi calon karyawan yang benar-benar memiliki segudang prestasi, pasti tidak akan ragu dan khawatir menuliskan segala prestasinya tersebut di CV. Nah, masalah muncul untuk calon karyawan yang memiliki prestasi pas-pasan. Terpaksalah mereka mengarang lagi sejumlah pencapaian yang pernah mereka capai.

1. Lama Kerja Di Perusahaan Lama

working

Berbohong sedikit belum tentu membuat calon karyawan bisa lolos seleksi dan keterima bekerja. Jika hal-hal di atas masih belum cukup membuat kamu keterima kerja, maka selanjutnya yang dilakukan adalah berbohong mengenai lama waktu bekerja di perusahaan yang lama. Apakah ini akan berhasil?

Bagus jika memang berhasil berbohong dalam poin ini, tapi jika tidak? yah kamu tidak akan maju ke proses interview. Biasanya seorang perusahaan akan menilai seorang karyawan dari lama waktu bekerja di perusahaan terdahulu. Minimal lama kerja di perusahaan lama sekitar 2 tahun. Di bawah itu biasanya belum tentu CV kita akan terpilih.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas