home -> Lainnya -> 10 Tanaman Hias Yang Berguna Untuk Menyegarkan Rua...
18 Juli 2018 17:48

10 Tanaman Hias Yang Berguna Untuk Menyegarkan Ruangan

Oleh reagan dalam Lainnya pada January 23, 2017

Saat ini tanaman bukan hanya jadi objek penghias ruangan saja melainkan juga bisa menjadi filter udara. Meski di dalam rumah, tidak menutup kemungkinan bahwa di suatu ruangan terdapat udara yang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Disinilah tanaman yang bisa berfungsi sebagai filter udara ini berperan. Tanaman ini menyaring udara berbahaya tersebut sehingga udara di dalam ruangan bisa menjadi lebih segar dan aman. Jika kalian ingin udara dalam rumah segar dan sehat, maka kalian wajib memajang tanaman seperti di bawah ini.

10. Aloe Vera

aloe vera

Aloe vera atau yang lebih dikenal sebagai tanaman lidah buaya, adalah salah satu jenis tanaman hias favorit bagi sejumlah orang. Yang kebanyakan orang tahu adalah lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Jarang ada yang tahu bahwa tanaman sakti ini ternyata bisa menjadi penyegar ruangan.

Jika diletakkan di dalam ruangan, lidah buaya bisa meningkatkan jumlah oksigen loh. Tanaman ini sangat bermanfaat untuk menyerap gas berbahaya seperti formaldehida, karbon dioksida, dan karbon monoksida. Cukup letakkan satu pot lidah buaya, maka kalian bisa merasakan manfaat yang besar.

9. Azalea

azalea

Melihat gambarnya saja kita sudah tahu bahwa tanaman ini sangatlah indah. Sudah pasti cocok dijadikan penghias ruangan di dalam rumah. Jika kalian memutuskan untuk membeli dan menjadikan azalea sebagai salah satu tanaman di dalam rumah, maka keputusan kalian tersebut sangatlah tepat.

Bunga berwarna merah muda nan cantik ini bisa menyejukan udara di dalam ruangan kalian. Tanaman azalea ini bisa membantu memfilter udara di ruangan dengan menghisap formaldehida. Formaldehida ini merupakan zat berbahaya yang dikeluarkan oleh furnitur, karpet, dan segala macam peralatan yang terbuat dari kayu. Bunga azalea bisa mekar dalam waktu yang cukup lama.

8. Devil's Ivy

Devil's Ivy

Devil's Ivy, benar-benar nama yang mengerikan untuk sebuah tanaman. Tapi jangan menilai buku dari kovernya, itulah ungkapan yang cocok untuk tanaman satu ini. Meski namanya mengerikan, tapi tanaman ini sebenarnya sangat bagus untuk jadi penghias ruangan. Selain ruangan bisa menjadi cantik, tanaman ini bisa menyaring zat-zat jahat yang ada di dalam ruangan.

Devil's Ivy bisa menyediakan udara segar di dalam ruangan dengan menyerap zat berbahaya seperti benzena, karbon monoksida, formaldehida, dan trichloroethylene. Sedikit tips, Devil's Ivy sangat suka dengan sinar matahari, tapi tidak secara langsung. Taruh Devil's Ivy di dekat jendela tapi jangan langsung mengarah langsung ke sinar matahari. Jangan terlalu sering menyiram Devil's Ivy dengan air.

7. Snake Plant

Snake Plant

Satu lagi tanaman hias yang memiliki nama mengerikan yaitu Snake Plant. Tapi sudah dibilang di awal bahwa jangan menilai buku dari covernya. Devil's Ivy yang namanya juga menakutkan saja ternyata bisa memberikan efek yang luar biasa bagi ruangan. Penasaran apa yang bisa dilakukan tanaman hias satu ini?

Memiliki bentuk yang mirip dengan ular, tanaman Snake Plant memang tidak terlihat begitu bagus sebagai tanaman hias, tapi manfaat yang diberikan sangatlah bagus. Snake Plant bisa membersihkan udara dari zat formaldehide. Snake Plant, sangat suka dengan cahaya matahari, jadi pastikan Snake Plant mendapat cahaya yang cukup.

6. Bamboo Palm

Bamboo Palm

Bamboo Palm adalah tanaman hias yang sangat familiar, banyak dijumpai dimana-mana. Tanaman ini juga sering disebut dengan Reed Palm. Memiliki ukuran yang lumayan besar, Bamboo Palm sangat bagus berfungsi sebagai penjernih udara. Apalagi tanaman ini cukup mudah dipelihara karena tidak terlalu membutuhkan air.

Bamboo Palm atau Reed Palm sangat efektif dalam membersihkan udara dari zat berbahaya seperti benzena, formaldehida, dan trichloroethylene. Letakan di dekat furnitur yang terbuat dari kayu, tanaman ini akan segera menetralisir zat-zat yang berbahaya tersebut.

5. Rubber Plant

Rubber Plant

Jika banyak tanaman hias yang bisa dinaiki oleh semut, Rubber Plant ini adalah salah satu tanaman hias yang sulit untuk semut naiki. Tersedia dalam berbagai ukuran, ada yang kecil dan ada yang besar. Jika kamu beli yang besar, kamu akan butuh bantuan teman untuk meletakannya di dalam rumah.

Memutuskan untuk menaruh Rubber Plant di dalam rumah, usahakan untuk tidak mengarahkannya langsung ke arah sinar matahari. Hanya butuh penyiraman jika tanah di potnya sudah agak kering. Tumbuhan ini sangat bagus untuk menetralisir formaldehidah. Jika kamu memiliki hewan peliharaan, pastikan untuk menjaga peliharaan kamu untuk tidak dekat-dekat dengan tanaman ini karena Rubber Plant memiliki racun yang berbahaya bagi hewan.

4. Spider Plant

Spider Plant

Tanaman hias satu ini adalah tanaman yang menjadi favorit orang-orang untuk menjadi penghias ruangan. Lupakan bentuknya yang memang tidak cantik karena mirip dengan hewan berkaki delapan yaitu laba-laba, Spider Plant sudah diakui melalui beberapa studi memang efektif untuk penjernih udara.

Ingin ruangan dengan udara segar, gantung atau letakan saja Spider Plant di salah satu sudut ruangan. Tanaman ini bisa menjernihkan udara membersihkan zat-zat seperti benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xylene. Tidak seperti Rubber Plant yang berbahaya bagi hewan, Spider Plant ini tidak akan memberikan efek negatif terhadap hewan peliharaan kalian.

3. Aglaonema

Aglaonema

Memiliki nama lain Chinese Evergreen, tanaman ini tidak terlalu bergantung pada sinar matahari untuk bisa tumbuh. Justru sebaliknya, aglaonema sangat bergantung pada air. Dengan air yang cukuplah maka tumbuhan ini bisa tumbuh. Jika dipelihara dengan baik dan benar, aglaonema bisa membersihkan udara dari zat-zat yang berbahaya.

Benzena dan formaldehida adalah 2 zat berbahaya yang bisa disingkirkan oleh tanaman hias ini. Catatan penting bagi kalian yang memiliki aglaonema di rumah, tumbuhan ini memiliki getah dan buah yang beracun, jadi harap berhati-hati. Beberapa negara di Asia, tumbuhan ini dikatakan bisa membawa hoki.

2. Golden Lotus

Golden lotus

Golden Lotus sekilas memang terlihat mirip dengan tanaman agalonema, tapi mereka adalah 2 tanaman hias yang berbeda. Fungsinya sih memang tetap sama yakni tanaman hias yang bisa menjernihkan udara. Tapi kalian harus berhati-hati dengan tanaman satu ini karena ini adalah tanaman yang beracun, baik untuk anak-anak dan juga binatang.

Meskipun berbahaya, banyak orang yang membutuhkan Golden Lotus untuk menjernihkan udara di ruangan dari zat-zat yang berbahaya. Dua zat berbahaya yang bisa disedot oleh Golden Lotus adalah benzena dan formaldehia. Taruh Golden Lotus di tempat teduh, maka tanaman ini bisa tumbuh dengan bagus.

1. Flamingo Lily

Flamingo Lily

Terakhir, tanaman hias yang juga bagus sebagai penjernih ruangan adalah tanaman yang dinamakan Flamingo Lily. Flamingo Lily adalah tanaman hias yang dapat tumbuh subur meski jarang terkena sinar matahari. Jika bunganya sudah mekar, Flamingo Lily akan terlihat semakin cantik.

Kecantikan tanaman ini sebanding dengan manfaat yang diberikannya. Perlu kalian ketahui, Flamingo Lily bisa menyegarkan ruangan di rumah kalian dengan menghisap zat berbahaya seperti xylene dan toluene. Kedua zat berbahaya tersebut oleh Flamingo Lily akan diubah menjadi zat yang aman bagi manusia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas