home -> Lifestyle -> 10 Tips Berguna Sebelum Memutuskan Untuk Mendaki G...
17 Desember 2017 07:30

10 Tips Berguna Sebelum Memutuskan Untuk Mendaki Gunung

Oleh reagan dalam Lifestyle pada January 20, 2017

Hiking atau mendaki gunung belakangan ini sudah menjadi kegiatan populer bagi sejumlah orang. Malahan ada pula yang sudah menjadikan hiking menjadi hobi. Memang tidak ada salahnya dengan mendaki gunung, meski sudah banyak orang yang melakukan pendakian, bukan berarti kegiatan ini aman dan mudah dilakukan. Bagi yang masih pemula, tetap saja harus mempersiapkan diri dan mengikuti aturan yang berlaku sebelum memutuskan untuk mendaki gunung. Simak tips berguna berikut ini bagi kalian yang ingin mendaki gunung.

10. Makanan

food

Semua orang butuh yang namanya makanan. Dengan makanan lah kita bisa memperoleh tenaga untuk melakukan aktivitas. Semakin berat aktivitas, maka seseorang juga butuh makan yang juga banyak. Menahan lapar terus-terusan bisa membuat seseorang kekurangan tenaga yang kemudian lemas.

Karena setiap kegiatan yang dilakukan membutuhkan tenaga, maka kalian wajib menyertakan bekal makanan jika bepergian jauh atau beraktivitas berat yang jauh dari tempat makanan. ?Nah, hiking salah satunya. Di saat hiking, kita harus membawa bekal makanan sendiri untuk yang nantinya kita makan selama di atas gunung. Kita belum tahu apakan nanti di gunung ada yang menjual makanan atau tidak, makanya untuk amannya kita bawa bekal sendiri.

9. Hubungi Keluarga/Teman

tell parents

Keluarga adalah segalanya, jika ada apa-apa, keluargalah yang pertama akan membantu. Meski kadang orang tua atau saudara seringkali bertingkah menyebalkan, tapi kita tetap butuh bantuan mereka jika sedang kesulitan. Ingin merencanakan mendaki gunung? Maka kalian wajib memberitahu keluarga atau teman terdekat.

Terserah apakah kamu mendaki gunung sendirian atau bersama teman, kalian tetap harus memberitahukan rencana kalian tersebut kepada orang terdekat. Beritahu dimana kalian akan mendaki, berapa lama waktu mendaki, pergi bersama siapa saja, dan apa saja yang akan kalian lakukan selama mendaki di gunung.

8. Istirahat

rest

Kita tahu bahwa mendaki gunung itu menyenangkan, tapi mustahil rasanya ada orang yang sanggup mendaki dari bawah sampai puncak gunung dalam sekejap tanpa istirahat. Istirahat adalah faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Bahkan pendaki profesional saja butuh istirahat.

Kita tahu bahwa kalian pasti ingin secepatnya sampai di puncak, makanya banyak diantara kalian yang sebisa mungkin mendaki secepatnya dan mengurangi waktu istirahat. Waktu istirahat itu sangatlah penting. Mendaki gunung itu bisa sangat melelahkan. Berhentilah kira-kira 10 menit tiap jamnya untuk mengatur napas dan minum.

7. Peralatan

equipment

Setiap kegiatan yang dilakukan butuh yang namanya perlengkapan. Apalagi jika kalian ingin mendaki gunung. Ada banyak sekali perlengkapan yang musti dipersiapkan agar pendakian bisa berjalan lancar.

Memang ribet, tapi membawa perlengkapan selengkap mungkin bisa membantu kamu dalam perjalanan menuju puncak gunung. Perlengkapan seperti tas ransel, penyemprot serangga, kompas, peta, pisau serba guna, dan tentu saja obat-obatan tidak boleh dilupakan.

6. Pakaian

clothes

Setelah mempersiapkan perlengkapan dengan benar, hal berikutnya yang harus kalian perhatikan adalah pakaian. Karena kalian akan mendaki gunung, tidak mungkin kalian pakai pakaian casual layaknya pergi ke mall atau ke rumah teman.

Kalian harus mempersiapkan pakaian khusus untuk mendaki. Gunakan celana panjang, sepatu boot, jaket, sarung tangan, dan jas hujan untuk berjaga-jaga jika mendadak cuaca di gunung mengalami perubahan.

5. Lama Waktu Mendaki

time

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa mendaki gunung itu butuh waktu. Kecuali jika kalian adalah The Flash yang bisa sekejap bisa langsung sampai ke puncak. Dalam membuat rencana untuk mendaki gunung, kalian harus sadar dan memperkirakan kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaki.

Lama waktu mendaki gunung bisa mempengaruhi segalanya. Baik itu fisik, makanan, dan waktu istirahat. Semakin lama waktu mendaki berarti fisik kalian akan ditempa lebih lama, makanan yang dibawa juga harus lebih banyak, serta waktu istirahat juga akan semakin bertambah.

4. Pilih Tempat Mendaki

choose

Mau pergi pasti harus menentukan dulu kemana tempat tujuan. Mendaki gunung juga demikian. Sebelum pergi kalian pasti harus terlebih dahulu memilih gunung tempat mendaki. Cari saja dulu gunung terdekat yang mudah dijangkau sebagai awalnya. Pastikan juga gunung tersebut sedang dibuka untuk umum.

Sebagai pemula, ada baiknya kalian jangan sombong. Setiap gunung punya tingkat kesulitannya sendiri-sendiri. Jika kalian pemula, pilihlah gunung yang tingkat kesulitannya masih rendah. Langsung coba mendaki gunung yang sulit hanya akan membuat diri sendiri susah dan orang lain jika kalian pergi bersama teman.

3. Partner

partners

Partner adalah faktor penting dalam pendakian. Memilih partner untuk hiking tidak bisa sembarangan. Salah memilih partner, maka pendakian gunung akan bisa menjadi jauh lebih sulit dari yang biasanya.

Anggaplah kalian pergi berkelompok. Pastikan dalam kelompok tersebut ada 2 atau lebih orang yang mengerti tentang track yang dilalui dan berpengalaman dalam mendaki. Semakin banyak orang yang mengerti tentang lintasan gunung dan berpengalaman dalam mendaki, itu akan lebih baik.

2. Navigasi

navigation

Kalian sudah mempersiapkan peralatan mendaki gunung dengan lengkap bukan? Coba periksa lagi, apakah kalian sudah membawa peta dan juga kompas. Dua alat ini adalah alat navigasi yang wajib dan pasti tiap pendaki butuhkan ketika hiking.

Dengan peta dan kompas, kalian tahu ke arah mana kalian harus pergi. Pastikan juga setiap anggota kalian membawa peta dan kompas untuk berjaga-jaga. Jadi jika ada yang terpisah, mereka tahu kemana mereka harus pergi.

1. Fisik

physique

Sebelum mendaki gunung, pastikan fisik kalian telah siap. Mendaki gunung itu sangat menguras tenaga. Jika kalian tidak mempersiapkan fisik dengan benar, perjalanan menuju puncak akan sangat terasa berat. Atau mungkin bisa saja belum sampai puncak, kamu terpaksa harus kembali ke bawah karena fisik kamu tidak cukup kuat untuk mendaki.

Pastikan kamu jaga fisik dengan olahraga, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup. Jangan sebelum pergi mendaki kamu malah begadang main game atau pergi ke club. Ketiga hal tersebut adalah kunci penting agar fisik kamu siap untuk mendaki.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas