home -> Teknologi -> Sejarah dan Asal Mula Dari Game Pokemon
22 September 2017 00:45

Sejarah dan Asal Mula Dari Game Pokemon

Oleh admin dalam Teknologi pada April 17, 2013

Pokemon atau lengkapnya Pocket Monster, adalah sebuah game dunia yang sangat terkenal karena karakternya yang lucu dan juga keren dimana dapat menangkap minat anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Sering terlihat di komik, video game dan film animasi. Bahkan termasuk salah satu item kolektor yang mahal. Tapi bagaimana sejarahnya hingga ia bisa mendunia seperti sekarang ini?

ASAL USUL

pokeball pikachu

Pokemon merupakan singkatan dari "Pocket Monsters," dikarenakan  mahluk-mahluknya dapat disimpan dalam sebuah kapsul atau bola yang disebut pokeball. Masing-masing dari jenis pokemon ini adalah unik dengan tampilan dan kemampuannya tersendiri. Pokemon ini juga dapat berubah, menjadi lebih kuat dan mendapatkan kemampuan baru.

Dalam kisah video game, film dan komiknya, pelatih dari pokemon memiliki tujuan untuk bertarung dengan pelatih pokemon lain untuk meningkatkan peringkat mereka dengan memenangkan sebuah lencana.

SEJARAH

Satoshi Tajiri

Sejarah dari pokemon ini sendiri telah dimulai sejak tahun 1996 yang lalu dimana mereka memulai game pertamanya. Dimulai sebagai hobi seorang game desainer Jepang bernama Satoshi Tajiri, yang senang menangkap kumbang dan kecebong di dekat rumahnya, Tokyo. Karena hobinya ini, Tajiri memutuskan agar semua anak kecil dapat merasakan apa yang ia rasakan dengan mempraktikkan idenya secara nyata.

DI AWAL KARIR

Dengan bantuan dari teman-temannya dan Ken Sugimori, seorang ilustrator yang juga teman dari Tajiri, Tajiri mendirikan Game Freak. Pada saat Tajiri melihat bahwa Game Boy dapat terhubung dengan game boy lain menggunakan Game Boy Link Cable, ia membayangkan serangga yang menjelajahi kabel tersebut. Dengan konsep itu, ia menciptakan sebuah game bernama CapsuleMonsters.

game boy cable link

Sesudah beberapa kali kegagalan dan penolakan oleh Nintendo, teman Tajiri yang bernama Shigeru Miyamoto bergabung dengan tim-nya dan memberikan ide yang membuat Nintendo mulai berani memberikan dana ke proyek tersebut. Karena ada isu terkait merek dagang, nama dari "Capsule Monsters" ini sendiri diganti menjadi "Pocket Monsters."

Proyek ini juga tidak secara langsung berjalan dengan mulus, bahkan proyek ini hampir membuat Game Freak mengalami kebangkrutan. 5 karyawan keluar karena alasan finansial dan Tajiri bekerja selama berjam-jam dengan tidak dibayar hingga akhirnya Pokemon Red and Green berhasil dibuat.

SESUDAH RILIS

pokemon red yellow green

Game pokemon pertama, Pokemon Red and Green, diciptakan untuk platform Game Boy pada tanggal 27 Februari 1996, yang merupakan buah dari hasil kerja keras dan mimpi Satoshi Tajiri. Game ini memperbolehkan orang-orang dari berbagai umur untuk menangkap, melatih dan menukar 151 pokemon.

1 tahun sesudahnya, Game ini mulai masuk sebagai game dunia ke Amerika dan berhasil dijadikan Anime atau film animasi. Berdasarkan film animasi tersebut, dibuatlah game yang berdasar pada kisah pada film animasi itu, yakni Pokemon Yellow. Dimana user dapat memainkan Ash sebagai karakternya, Ash sendiri adalah tokoh  utama dalam film animasi pokemon.

SEKARANG

pokemon x and y

Pada tanggal 8 Januari 2013, Nintendo terus secara konstan mengatakan bahwa pokemon generasi baru akan datang dan tahun 2013 akan menjadi era baru bagi pokemon, dengan Pokemon X and Y. Pokemon X and Y, direncanakan akan dirilis pada bulan Oktober tahun 2013 pada platform Nintendo 3DS.

Dengan begitu, maka pokemon akan mulai masuk ke era 3 dimensi untuk pertama kalinya. Benarkah game tersebut akan menjadikan tahun 2013 era baru pokemon? Mar kita tunggu saja.

Jika Anda ingin melihat sejarah lengkap dari pembuatan game pokemon ini, dengan tambahan pokemonnya yang tiada habis hingga tahun ini. Anda dapat melihatnya di bulbagarden atau pada link berikut ini. http://bulbapedia.bulbagarden.net/wiki/History_of_Pok%C3%A9mon.

POTENSI

Melalui perkembangan yang terus dibuktikan dengan rilisnya berbagai game dan film animasi pokemon baru, maka hal ini tentu akan semakin membuktikan pokemon sebagai game dunia. Tapi jika mereka terus merilis pokemon versi baru, bagaimana dengan jumlahnya yang terus meningkat? Bahkan dikatakan sekarang telah mencapai 750.

kartu pokemon termahal masal charizard pikachu illustrator paling mahal

Terlepas dari sisi itu, game pokemon ini sendiri telah dikenal sebagai salah satu barang kolektor termahal, dengan produknya yaitu kartu pokemon klasik. Dan di antara kartu pokemon tersebut, disebut-sebut yang paling mahal adalah kartu pikachu ilustrator yang hanya ada 6 unit, sedangkan untuk yang dirilis dalam jumlah masal adalah charizard.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas