home -> Lainnya -> 10 Pencuri Paling Terkenal Sepanjang Sejarah
13 Desember 2018 12:48

10 Pencuri Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Oleh reagan dalam Lainnya pada January 17, 2017

Pencuri adalah orang yang dengan segala akal liciknya, mengelabui orang, dan mengambil barang yang bukan milik mereka. Tidak pantas ditiru memang, oleh karena itulah sedari kecil, anak-anak diajarkan oleh orang tua untuk tidak mengambil barang yang bukan milik kita. Hanya untuk sebagai cerita, berikut ini ada 10 nama yang dikenal sebagai pencuri paling terkenal sepanjang sejarah. Siapa sajakah mereka?

10. Dick Turpin

Dick Turpin

Merupakan seorang pencuri yang berasal dari Inggris. Orang-orang mengenal Turpin dari kisahnya yang menunggang kuda dari London menuju York dalam waktu kurang dari 24 jam. Namun kisah tersebut sebenarnya bukanlah asli dari dirinya alias kisah orang Inggris lain. Tapi Turpin membuat seolah-olah itu adalah dirinya sehingga membuat namanya terkenal.

Sebelum memulai karir sebagai pencuri, Turpin awalnya merupakan seorang pemotong daging. Setelah membuka usaha toko daging, barulah Turpin memulai karirnya sebagai pencuri khususnya pencuri sapi dan domba. Begitu aksinya tertangkap, Turpin melarikan diri ke pedesaan di Essex. Disanapun ia berprofesi menjadi pencuri. Turpin sempat berganti nama menjadi John Palmer untuk mengelabui nama orang. Namun akhirnya dirinya berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman mati.

9. Jesse Woodson James

Jesse Woodson James

Diantara sejumlah pencuri yang beraksi pada era Perang Sipil Amerika, nama Jesse Woodson James adalah nama yang paling dikenal. Sebagai pencuri yang terkenal, James tidaklah bekerja seorang diri, dirinya ditemani oleh saudara konfederasinya yang bernama Frank. Keduanya menjadi pencuri terkenal di abad ke-19.

James bersama Frank adalah 2 orang yang bertanggung jawab atas sejumlah perampokan yang terjadi di banyak bank dan kereta barang di abad ke-19. James sangat suka sekali dengan ketenaran, jadi semakin banyak berita mengenai aksi merampoknya, James semakin bangga. Nasib sial kemudian menghadang James. Dirinya dibunuh oleh sesama anggota geng yang muak dengan sikapnya. 

8. Bill Mason

Bill Mason

Siapa sih orang yang tidak tertarik dengan perhiasan mahal seperti emas dan berlian? Rasanya tidak ada orang seperti itu. Perhiasan, baik itu terbuat dari emas dan berlian pasti memiliki nilai yang mahal. Jadi jangan heran apabila ada orang yang terpancing untuk mencurinya. Salah satu orang tersebut adalah Bill Mason.

Bill Mason adalah pria asal Amerika yang dikenal sebagai pencuri perhiasan. Sebagai pencuri, Bill bisa dibilang adalah pencuri perhiasan yang paling sukses. Bill berhasil mencuri perhiasan senilai 35 juta dolar dari sejumlah rumah mewah di Amerika. Namun ada satu aksinya yang bisa dibilang paling nyeleneh. Bill mencuri medali emas millik atlit Johnny Weissmuler dan kemudian ia kembalikan lagi.

7. Stephen Blumberg

Stephen Blumberg

Stephen Blumberg adalah seorang kolektor buku yang pernah ditangkap karena mencuri sejumlah buku di beberapa universitas serta museum pada tahun 1990. Semua total nilai buku yang ia curi mencapai nilai 5,3 juta dolar. Atas aksinya tersebut, orang-orang menjuluki sebagai Pencuri Buku. Otomatis saja Stephen terkenal sebagai pencuri buku paling terkenal sepanjang sejarah.

Ada sebuah alasan kenapa Stephen memutuskan untuk menjadi pencuri buku. Stephen beranggapan bahwa pemerintah akan melarang masyarakat biasa untuk bisa mengakses dan membaca buku-buku yang unik dan langka. Stephen juga meyakini bahwa buku-buku yang ia curi tersebut harus dikembalikan kepada pemilik yang sebenarnya atau setidaknya diberikan pada seseorang yang akan merawat buku-buku tersebut. Tidak terlintas dalam pikirannya untuk menjual buku hasil curiannya tersebut.

6. Veerapan

Veerapan

Di India, ada sebuah nama yang dikenal sebagai salah satu pencuri tersukses sepanjang sejarah. Ia adalah Veerapan. Sudah jelas bahwa pencuri harus segera ditangkap oleh pihak yang berwajib, itulah yang dialami oleh Veerapan. Veerapan dicari oleh pihak berwajib karena dirinya terlibat langsung dalam pencurian gading dan cendana.

Gading hasil curian Veerapan diketahui mencapai nilai 2,6 juta dolar dan cendana yang ia curi mencapai nilai 22 juta dolar. Tidak hanya mencuri, Veerapan juga pernah membunuh penjaga hutan pada tahun 1987. Selama 20 tahun mencuri, Veerapan sama sekali tidak pernah tertangkap. Kepopuleran namanya membuat kisahnya ditulis dalam buku dan dibuatkan film.

5. Vicenzo Peruggia

Vicenzo Peruggia

Kalian tentu tahu dong dengan lukisan terkenal yang diberi nama Mona Lisa. Mona Lisa merupakan karya seni dari seniman ternama Italia yaitu Leonardo da Vinci. Lukisan Mona Lisa dipajang dengan megah di Paris' Louvre Gallery. Nah, lukisan terkenal tersebut dicuri oleh seseorang yang bernama Vincenzo Peruggia.

Vincenzo Peruggia ini merupakan pria asal Italia yang dikenal oleh banyak orang sebagai pencuri yang cerdik dan memiliki tangan yang cepat. Peruggia bisa mencuri lukisan Mona Lisa karena dirinya merupakan mantan pekerja di gallery tersebut. Dengan menggunakan kostum staff, Peruggia mencuri lukisan Mona Lisa di siang hari bolong. Dirinya kemudian berhasil ditangkap setelah beberapa tahun.

4. Dinner Set Gang

Dinner Set Gang

Dikenal juga dengan nama Fat Cat Burglars, mereka merupakan sebuah geng pencuri terkenal yang beraksi pada akhir tahun 1960an dan 1970an. Dua anggota member mereka adalah Peter Salerno dan Dominick Latella merupakan saudara ipar. Apa yang mereka curi? Mereka seringkali mencuri dari orang kaya Amerika ketika sedang makan malam.

Pada jaman dulu, adalah kebiasaan yang buruk apabila ada salah satu anggota keluarga yang langsung menuju ke kamar setelah makan malam. Jadi, mereka harus menunggu semua anggota keluarga untuk benar-benar selesai makan. Inilah kesempatan yang dimanfaatkan oleh Dinner Set Gang untuk masuk ke dalam rumah dan menggasak sejumlah perhiasan.

3. Frank William Abagnale Jr.

Frank William Abagnale Jr

Bekerja sebagai security consultant, dulunya Frank Abanale dikenal sebagai salah satu penipu sekaligus pencuri ulung. Sebagai penipu, dirinya memiliki lebih dari 8 identitas palsu. Identitas palsu yang ia miliki meliputi pilot pesawat, dokterm agen FBI, dan juga pengacara. Fank sempat lolos dari hukuman sebanyak 2 kali sebelum dirinya mencapai usia 21 tahun.

Frank kemudian berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 12 tahun. Namun belum sampai 5 tahun, Frank kemudian dibebaskan. Dirinya direkrut oleh pemerintah federal sebagau security consultant. Frank membantu pemerintah untuk melacak dan menangkap sejumlah penjahat.

2. Natwarlal

Natwarlal

Memiliki nama asli Mithlesh Kumar Srivastava, dikenal sebagai salah satu penipu dan juga pencuri terkenal di India. Natwarlal mencuri dan menipu banyak orang hanya untuk satu tujuan yakni mendapatkan uang yang banyak. Natwarlal diketahui telah menjual Taj Mahal, The Red Fort, Rashtrapati Bhavan, dan sebuah rumah parlemen India.

Meski berhasil beberapa kali ditangkap polisi, Natwarlal selalu berhasil lepas. Dicari oleh sebanyak polisi dari 8 negara bagian dan dijatuhi hukuman penjara selama 113 tahun, dirinya selalu saja berhasil melarikan diri. Berita kematiannya masih simpang siur. Adiknya mengatakan bahwa Natwarlal meninggal pada tahun 1996 tapi pengacaranya mengatakan meninggal pada tahun 2009. Penduduk desa Bangra menganggap Natwarlal sebagai Robin Hood dan dirinya merupakan pencuri legendaris di India.

1. 40 Elephants Gang

40 Elephants Gang

Forty Elephants Gang atau nama lainnya Forty Thieves (40 Pencuri) adalah sebuah geng pencuri terkenal asal Inggris abad ke-18 dimana semua anggotanya adalah perempuan. Bersama dengan geng pencuri lain, geng pencuri ini banyak beraksi di antara tahun 1870an dan 1950an. Catatan polisi mengatakan bahwa geng ini sudah aktif mencuri sejak tahun 1700an.

40 Elephants Gang memiliki kode khusus dalam berpakaian dan mereka biasanya mencuri barang-barang yang memiliki nilai mahal. Selama aksinya, gerombolan pencuri wanita ini mengendarai kendaraan tercepat pada masa itu. Ketika dipaksa bergenti oleh polisi, anggota geng akan mengoper hasil curiannya tersebut ke mobil lain. Jika ada anggota geng yang tertangkap, tidak lama kemudian akan ada anggota member lain yang akan membebaskan mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas