home -> Lainnya -> 10 Hewan Di Dunia Yang Dibekali Dengan Kecerdasan ...
18 Oktober 2017 16:17

10 Hewan Di Dunia Yang Dibekali Dengan Kecerdasan Tinggi

Oleh reagan dalam Lainnya pada January 10, 2017

Manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang memiliki kecerdasan di bumi. Ada sejumlah hewan yang ternyata juga memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Mungkin saja kecerdasan yang dimiliki hewan tersebut ada yang melebihi tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Yuk mari kita simak daftar 10 hewan terpintar yang tinggal di bumi kita ini.

10. Paus

Paus

Kenapa paus bisa masuk ke dalam daftar ini? Banyak orang yang berpendapat bahwa hewan laut ini hanya memiliki ukuran tubuh yang besar saja tanpa didukung dengan otak yang cerdas. Tapi ternyata mereka telah salah mengira. Paus sebenarnya termasuk dalam 10 hewan paling cerdas yang ada di dunia, khususnya di laut.

Yang namanya makhluk hidup pastinya butuh yang namanya komunikasi. Disini, para paus menggunakan metode komunikasi yang beda dari hewan pada biasanya. Mereka menggunakan gelombang suara khusus dan kompleks untuk berkomunikasi dengan paus lainnya. Lain cerita dengan Paus Beluga dan Paus Sperma. Paus Beluga memiliki kemampuan untuk meniru cara berbicara manusia sedangkan Paus Sperma memiliki volum otak yang sangat besar.

9. Tikus

Tikus

Kecil, berbulu, menyebalkan, dan sering mencuri makanan di dapur, itulah gambaran hewan tikus masa kini. Sangat berbeda dengan tikus dalam film kartun Tom & Jerry. Meski hewan ini termasuk hewan yang menyebalkan, tidak bisa dipungkiri bahwa mereka adalah hewan dengan tingkat kecerdasan yang mengagumkan.

Dalam serangkaian tes yang dilakukan, tikus tidak memiliki strategi yang sesuai dengan perkiraan manusia. Tikus justru berhasil memecahkan masalah dengan strategi mereka sendiri. Menurut hasil penelitian diketahui bahwa tikus juga bisa merasa geli, memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi, dan dapat bermimpi. Tikus diketahui juga memiliki jiwa sosial yang tinggi.

8. Gurita

Gurita

Di dalam golongan hewan invertebrata atau tidak bertulang belakang, gurita adalah salah satu hewan yang dikenal paling pintar. Gurita adalah pemburu yang sangat cerdik dimana ia selalu mengembangkan teknik berburu untuk mencari makanan. Dibandingkan dengan hewan lainnya dalam daftar ini, gurita memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan sejumlah masalah.

Masih ingat dengan Paul Si Gurita yang sempat menghebohkan dunia sepakbola? Paul merupakan gurita cerdas atau mungkin bisa dibilang peramal, dimana dirinya bisa menebak dengan benar siapakan negara yang akan menang Piala Dunia 2010.

7. Tupai

Tupai

Berkebalikan dengan tikus, kali ini hewan berikutnya juga sama-sama berbulu, berekor, lincah, dan juga lucu. Meski tubuhnya yang kecil, namun kemampuan berpikirnya tidak ikut terpengaruh. Tupai dikenal sebagai hewan berbulu kecil dengan tingkat kecerdasan yang sangat tinggi.

Kepintaran yang dimiliki oleh tupai dimanfaatkan dalam hal mencari makanan. Bila ada makanan di seberang jalanan, tupai akan dengan cermat menunggu sampai kondisi benar-benar aman barulah dia akan menyebrang. Oh iya, perlu kalian ketahui bahwa tupai sangat pandai dalam hal mencuri makanan.

6. Anjing

Anjing

Meski tingkat kecerdasan tiap jenis anjing berbeda, di kehidupan sehari-hari, anjing sudah dikenal sebagai salah satu hewan dengan tingkat kecerdasan yang cukup tinggi. Sejumlah jenis anjing yang dapat dengan mudah dilatih karena memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi yaitu Labrador Retriever, Border Collies, dan Poodle.

Rata-rata anjing memiliki tingkat kecerdasan yang setara dengan anak umur 2 tahun. Jika dilatih dengan benar, anjing bisa mengerti apa yang manusia perintahkan, mencari barang, dan bahkan dilatih sebagai anjing penjaga. Anjing juga memiliki kesetiaan yang tinggi. Apakah masih ada yang kurang? Ternyata para peneliti percaya bahwa anjing juga bisa mengerti perasaan dari pemiliknya.

5. Burung Beo

Burung Beo

Jika ada unggas yang memiliki kecerdasan yang tinggi, sudah pasti itu adalah burung Beo. Memiliki warna yang indah dan lagi bisa berbicara. Ya, berbicara, berbicara dengan menggunakan bahasa manusia. Tidak banyak hewan yang bisa berbicara layaknya manusia, namun burung Beo bisa melakukannya.

Kita tahu bahwa burung Beo memiliki kemampuan untuk meniru ucapan manusia, lalu hal apalagi yang membuat burung Beo termasuk hewan yang cerdas? Burung Beo ternyata memiliki ingatan yang sangat kuat dan ditambah lagi, burung Beo bisa memecahkan masalah yang terbilang cukup kompleks.

4. Babi

Babi

Berdasarkan penelitian, babi yang berusia cukup dewasa bisa dianggap sama dengan manusia umur 3 tahun. Dengan kata lain, babi tahu bagaimana caranya beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang kompleks karena memiliki kemampuan untuk adaptasi yang sangat cepat. Benar-benar tidak disangka.

Terlepas itu babi domestik atau babi liar, kedua jenis babi tersebut memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Bisa dibilang bahwa melatih babi tidak sesulit melatih kucing dan anjing. Tidak heran kenapa banyak orang di Amerika yang memilih babi domestik sebagai hewan peliharaan.

3. Gajah

Gajah

Jika paus adalah hewan besar yang tinggal di lautan yang dalam, maka  gajah adalah hewan besar yang tinggal di daratan. Apakah gajah itu pintar? Hal tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah sejak lama gajah dikenal memiliki kecerdasan yang sangat tinggi dibandingkan dengan hewan lainnya.

Menurut hasil pengamatan di alam liar, kepintaran gajah terlihat dari bagaimana caranya mengusir lalat yang mengganggu. Gajah memanfaatkan alat seperti kayu atau daun yang lebar yang kemudian dikibaskan di sekitar tubuhnya. Tidak lupa juga, gajah memiliki ingatan yang kuat. Mereka bisa ingat setiap jalan yang mereka lalui.

2. Lumba-Lumba

:umba-Lumba

Sanagt aneh apabila lumba-lumba tidak dimasukan dalam daftar hewan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Cara berkomunikasi dan cara bersosialisasi lumba-lumba sudah membuktikan betapa cerdasnya mereka. Kepintaran mereka juga seringkali diperlihat di sejumlah atraksi di kebun binatang.

Ada banyak spesies lumba-lumba yang ada di dunia. Namun hanya ada satu spesies yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Spesies tersebut adalah Lumba-lumba hidung botol. Otak lumba-lumba memiliki struktur atau ukuran yang besar, membuat mereka memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dan peka terhadap perasaan. Kenyataan lain mengenai lumba-lumba adalah otak mereka jauh lebih kompleks daripada manusia.

1. Simpanse

Simpanse

Coba tebak, hewan apa yang memiliki ciri-ciri seperti manusia? Ya, hewan tersebut adalah simpanse. Selain memiliki ciri-ciri seperti manusia, simpanse diketahui memiliki kemampuan dan cara berpikir layaknya manusia. Simpanse bisa memanfaatkan lingkungan sekitar dan memanfaatkan benda-benda untuk melakukan tugasnya.

Bonobo adalah salah satu jenis yang memiliki kekerabatan dekat dengan simpanse. Hanya bisa ditemukan di Afrika hanya saja jumlahnya kini hampir punah. Bonobo ini memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Meski tidak bisa berbicara dengan menggunakan bahasa manusia, Bonobo menggunakan simbol-simbol untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas