home -> Lainnya -> 10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar Di Dunia
26 April 2017 13:01

10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada December 20, 2016

Batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil yang berharga. Terbentuk dari endapan organik, batu bara sangat mudah terbakar. Biasanya batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan. Indonesia adalah salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Namun selain Indonesia, masih ada 9 negara lain yang juga berstatus sebagai produsen batu bara terbesar di dunia. Negara mana sajakah itu? Simak daftarnya di bawah ini.

10. Kazakhstan

kazakhstan

Kazakhstan merupakan salah satu negara besar di Asia yang dulunya tergabung dalam Uni Soviet. Negara dengan ibukota Astana ini masuk dalam daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Meski menduduki peringkat 10 bukan berarti Kazakhstan bisa diremehkan begitu saja. Di tahun 2012, Kazakhstan mampu menghasilkan batu bara dengan total 116,6 MT (metrik ton).

Total 116,6 juta ton batu bara tersebut barulah 85% dari total penghasilan batu bara di Kazakhstan. Ada 3 provinsi di Kazakhstan yang menjadi penghasil utama batu bara. Mereka adalah Karaganda, Pavlodar, dan Kostanay.

9. Polandia

poland

Sebagai salah satu negara penghasil batu bara di dunia, Polandia berhasil memproduksi batu bara sebanyak 144,1 BT (billion ton) batu bara pada tahun 2012. Dengan perbedaan angka yang begitu jauh dengan Kazakhstan, Polandia dianggap sebagai negara penghasil batu bara terbesar urutan ke-9 di dunia.

Di wilayah Eropa, Polandia bisa terbilang cukup sulit untuk dikalahkan. Hanya Jermanlah satu-satunya negara di Eropa yang sanggup mengalahkan Polandia. Sebesar 85% tenaga listrik di Polandia bergantung pada ketersediaan batu bara. Sebagai catatan, pembangkit listrik tenaga batu bara terbesar ada di Polandia. Dikelola langsung oleh perusahaan batu bara terbesar di Polandia yakni Kompania Weglowa.

8. Jerman

germany

Tadi sudah disebutkan bahwa Polandia adalah salah satu negara penghasil batu bara di dunia dan juga di Eropa. Di Eropa, Polandia menduduki sebagai peringkat 2, peringkat 1 negara penghasil batu bara terbesar di Eropa adalah Jerman ini. Jerman menghasilkan batu bara sebanyak 196,2 metrik ton.

Jerman menghasilkan batu bara kualitas tinggi terbesar setelah Afrika Selatan dan Rusia. Sayangnya, produksi batu bara yang besar tidak diimbangi dengan konsumsinya. Jerman termasuk negara yang sangat boros dalam mengkonsumsi batu bara. Karenanya, Jerman membutuhkan import batu bara dari negara lain.

7. Afrika Selatan

south africa

Posisi 7 negara penghasil batu bara terbesar di dunia adalah Afrika Selatan. Berapa banyak batu bara yang dihasilkan oleh Afrika Selatan? Total sebanyak 280 metrik ton batu bara dihasilkan pada tahun 2012. Dengan diberi kelimpahan batu bara, Afrika Selatan juga memiliki peran sebagai negara pengekspor.

Di tiap tahunnya, Afrika Selatan tercatat mengekspor batu bara sebanyak 74 metrik ton. Afrika Selatan kebanyakan mengekspor batu baranya ke negara seperti India, Cina, dan Eropa. Di Afrika Selatan, batu bara memiliki peran sebanyak 90% untuk tenaga listrik di negara tersebut. Witbank, Highveld, dan Ermelo adalah negara bagian di Afrika Selatan yang menjadi pusat produksi dan tambang batu bara.

6. Rusia

russia

Dengan total produksi yang mencapai angka 354,8 metrik ton, Rusia tidak diragukan lagi masuk ke dalam daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia urutan ke-8. Sama halnya dengan Afrika Selatan, Rusia juga merupakan salah satu eksportir terbesar batu bara di dunia. Sekitar 134 billion ton batu bara telah diekspor oleh Rusia.

Berperan sebagai negara eksportir batu bara, ternyata Rusia juga terbilang cukup konsumtif dalam penggunaan batu bara. Sebesar 66% total produksi batu bara di dunia, semuanya berasal dari tambang batu bara yang ada di Rusia.

5. Indonesia

indonesia

Akhirnya kita sampai ke urutan 5 yaitu Indonesia. Negara tercinta kita ini ternyata masuk ke dalam daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Tentunya ini membuat kita jadi bangga. Penasaran seberapa besar negara kita ini dalam menghasilkan batu bara? Bersiaplah untuk terkejut karena Indonesia menghasilkan batu bara sebanyak 5,5 billion ton.

Produksi batu bara kita ini turut menyumbang 44% untuk tenaga listrik di Indonesia. Pulau yang menjadi pusat produksi batu bara terbesar yaitu Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Penyimpanannya berada di Sumatra, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

4. Australia

australia

Siapa sangka benua Australia yang ditakuti karena hampir semua hal disana ingin membunuhmu tersebut ternyata masih menyimpan hal positif. Dengan total produksi batu bara yang mencapai 413 metrik ton. Total produksi batu bara tersebut didapat dari data yang diambil pada tahun 2012.

Dari total 423 metrik ton tersebut, sebanyak 90% batu bara diekspor ke luar. Diketahui Australia memiliki tambang batu bara sebesar 76,4 billion ton. Sekitar 74% nya di dapat dari tambang terbuka. New South Wales dan Queensland memproduksi batu bara hitam, sedangkan Victoria batu bara coklat.

3. India

India

Jika dulu nama India dianggap sebelah mata oleh banyak orang, kini sudah tidak lagi. India telah mengalami sejumlah perkembangan di segala sektor. Perlu ditambahkan lagi, bukan hanya mengalami perkembangan pesat, India juga termasuk dalam salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia.

Menduduki peringkat ke-3, India seakan tidak bisa lepas dari batu bara. Sebanyak 68% tenaga listrik di India bergantung pada batu bara. Jharkhand, Chhattisgarh, Orissa, dan Bengal Barat adalah area penghasil batu bara terbesar di India. Total sebanyak 70% batu bara dihasilkan dari wilayah tersebut.

2. Amerika Serikat

united states

Ada banyak hal kenapa Amerika Serikat dijuluki negara super power. Ternyata salah satunya adalah negeri Paman Sam ini merupakan negara penghasil batu bara terbesar kedua di dunia. Di tahun 2012, Amerika Serikat tercatat menghasilkan batu bara sebanyak 922 metrik ton. Tidak hanya banyak memproduksi batu bara, Amerika juga terkenal sangat konsumtif menggunakannya.

37% dari hasil produksi batu bara dimanfaatkan sebagai tenaga listrik oleh pemerintah Amerika Serikat. Terdapat 25 negara bagian di Amerika yang menjadi sumber batu bara. Dengan teknologinya yang maju, Amerika diperkirakan masih bisa menghasilkan batu bara lebih banyak lagi.

1. Cina

cina

Sudah lebih dari 3 dekade, tidak ada satupun negara di dunia yang berhasil menggeser posisi Cina sebagai negara paling banyak memproduksi batu bara di dunia. Di tahun 2013, Cina dicatat memproduksi batu bara sebanyak 3,7 bilion ton. Dimana hasil tersebut merupakan 47% dari total produksi batu bara yang ada di dunia.

Karena Cina merupakan negara yang sangat padat, jumlah batu bara yang mereka konsumsi juga sangat banyak. Lebih dari 50% batu bara mereka konsumsi. Tambang batu bara di Cina tersebat hampir sebanyak 28 propinsi. Batu bara tersebut memiliki peran sebanyak 80% untuk menghasilkan tenaga listrik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas