home -> Lainnya -> 10 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Kucing
20 September 2017 21:56

10 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Kucing

Oleh reagan dalam Lainnya pada December 05, 2016

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat lucu. Sulit rasanya tidak jatuh cinta dengan kelakuan hewan kecil berbulu ini. Orang yang benar-benar sayang dengan kucingnya pastinya akan memperhatikan segala sesuatu untuk kucingnya, apalagi dalam hal makanan. Ada beberapa makanan yang tidak boleh sampai termakan oleh kucing karena sangat berbahaya dan bisa membuat kucing sakit atau bahkan meninggal. Berikut daftar 10 makanan yang berbahaya untuk kucing.

10. Susu

milk

Bagi kalian yang memelihara anak kucing, pasti menjadi hal yang wajar apabila kita memberikan susu pada anak kucing. Jika masih anak-anak, memberikan susu adalah hal yang wajar, tapi jika kucing sudah dewasa, memberikan susu pada kucing bisa mendatangkan masalah besar. apa alasannya?

Sama halnya seperti kita manusia, ada orang yang tidak tahan dengan laktosa pada susu. Jadi, meminum susu bisa mengakibatkan masalah pada perut. Sama juga pada kucing, ketika kucing sudah dewasa, kucing menjadi intoleran terhadap zat laktosa yang terkandung dalam susu. Kucing yang minum susu bisa mengalami masalah perut seperti diare.

9. Alpukat

avocado

Tahukah kalian bahwa alpukat sangat bagus untuk kesehatan tubuh? Meski mengandung lemak, alpukat mengandung lemak baik yang tidak berbahaya jika dikonsumsi. Bila dimasak dengan tepat, alpukat bisa menjadi hidangan yang sangat lezat. Baik untuk manusia, jangan sekali-kali kalian memberikannya pada kucing.

Bagi kucing, alpukat adalah buah yang berbahaya, sayangnya kucing tidak tahu itu. Jadi sudah tugas manusia untuk mengawasi kucing peliharaan jangan sampai memakan buah ini. Alpukat mengandung racun yang disebut dengan persin. Memakan alpukat bisa membuat kucing mengalami masalah pencernaan, kesulitan bernafas, dan paru-paru dipenuhi air. Biji alpukat juga bisa mendatangkan masalah yang serius apabila tertelan.

8. Telur Mentah

raw egg

Telur mentah sangat kaya akan vitamin, protein, dan nutrisi. Karena banyaknya nutrisi yang terdapat pada telur mentah, banyak orang yang mengatakan bahwa mengkonsumsi telur mentah sangat bagus untuk tubuh, apalagi bagi mereka yang sedang ingin membesarkan otot tubuh. Kalian boleh saja memakan telur mentah jika mau, tapi jangan pernah berikan telur mentah pada kucing.

Telur mentah bisa membuat kucing terserang salmonella dan parasit lain yang bisa membuat pankreas mereka terbakar atau yang biasa disebut dengan pankreatitis. Tidak hanya itu, enzim yang terdapat pada telur mentah bisa membuat penyerapan vitamin B pada tubuh kucing menjadi terhambat.

7. Kopi

coffee

Kofi sering menjadi sahabat manusia dikala begadang di malam hari. Ketika tugas sedang banyak-banyaknya dan hari sudah malam, menyeduh kopi adalah salah satu cara agar kita tetap terjaga dan bisa bekerja tanpa nagntuk. Terima kasih atas kandungan kafein dalam kopi yang bisa memberikan kita tenaga tambahan.

Di saat kopi bisa membantu manusia tetap terjaga di malam hari, kopi justru sangat berbahaya apabila diberikan pada kucing. Kucing diketahui memiliki tingkat toleransi yang sangat rendah pada kopi. Jadi, sedikit kopi bisa membuat kucing menjadi hiperaktif, muntah, membuat detak jantung jadi tidak beraturan, hipertensi, tremor, dan kejang-kejang.

6. Bawang

onion

Manusia menggunakan bawang untuk dijadikan bumbu masakan. Segala jenis bawang baik itu bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay, semuanya memiliki rasa yang enak bila dimasak secara tepat. Kalian boleh saja makan bawang yang banyak dan tidak mendapatkan masalah kesehatan, tapi bagi kucing, segala jenis bawang bisa sangat mematikan bagi mereka.

Semua jenis bawang, baik itu bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay, dapat memberikan masalah kesehatan yang sangat serius apabila sampai termakan oleh kucing. Bawang dapat merusak sel darah merah pada tubuh kucing dan mengakibatkan anemia. Tidak hanya anemia, bawang juga bisa membuat perut kucing menjadi sakit.

5. Tulang

bone

Di film-film kartun sering kita melihat bahwa kucing sangat suka dengan yang namanya tulang, terlebih lagi tulang ikan. Perlu kalian tahu bahwa film kartun tersebut mengajarkan hal yang salah mengenai kucing. Jika kalian punya kucing, jangan biarkan kucing kalian sampai memakan tulang. Tulang ikanpun juga sebaiknya jangan.

Meski tidak beracun, tulang merupakan salah satu makanan yang sebaiknya jangan diberikan pada kucing. Struktur tulang yang keras membuat pencernaan kucing sulit untuk mencernanya. Hal ini bisa mengakibatkan luka pada usus si kucing. Tulang juga bisa membuat kucing menjadi tersedak.

4. Alkohol

alcohol

Sudah banyak berita yang mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohol itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Jika manusia saja dianjurkan untuk tidak minum minuman yang mengandung alkohol, maka begitu juga dengan hewan. Apalagi jika itu adalah kucing. Alkohol diketahui dapat memberikan efek negatif pada kucing.

Pada hewan terutama, kucing yang memiliki tingkat toleransi terhadap alkohol yang sangat rendah, hanya sedikit saja alkohol, maka bisa berdampak negatif pada mereka. Alkohol bisa membuat kucing mengalami masalah pencernaan, diare, stres, koordinasi tubuh yang buruk, dan kesulitan bernafas.

3. Kismis Dan Anggur

anggur dan kismis

Anggur dan kismis adalah 2 jenis makanan manusia yang enak. Anggur sering dijadikan snack ketika sedang lapar sedangkan kismis sering ditemukan pada kue. Karena ukurannya yang kecil dan nampak tidak berbahaya, banyak orang menggunakan anggur dan kismis sebagai snack bagi hewan peliharaan. Padahal 2 makanan ini justru sangat tidak dianjurkan diberikan pada hewan, terutama kucing.

Kucing dikenal sangat suka dengan apapun dan pasti akan memakan apapun, jika di rumah kalian ada buah anggur dan juga kismis, sebisa mungkin jauhkan 2 makanan tersebut dari jangkauan si kucing. Hanya sedikit saja, anggur dan kismis dapat membuat ginjal kucing menjadi tidak bisa berfungsi dengan normal.

2. Tuna

tuna

Tidak jauh berbeda dengan tulang, ikan tuna juga makanan yang amat disukai kucing. Apalagi jika melihat di film kartun, ikan tuna selalu saja menjadi incaran kucing. Jangan berpikir karena ikan tuna sangat disukai oleh kucing maka makanan ini aman untuk dikonsumsi. Pikiran itulah yang membuat kenapa makanan ini sangat berbahaya bagi kucing.

Ikan tuna, terlebih lagi tuna dalam kaleng, bisa memberikan masalah yang sangat serius bagi kucing peliharaan. Meski kucing sangat suka ikan tuna, ikan tuna justru tidak memiliki vitamin dan mineral yang cukup untuk kucing. Terus menerus memberikan kucing ikan tuna bisa mengakibatkan kucing kekurangan tiamin dan keracunan merkuri.

1. Jeruk

jeruk

Mengandung mineral dan vitamin C, jeruk menjadi salah satu buah favorit bagi banyak orang. Vitamin C dalam jeruk bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat kita menjadi sulit diserang penyakit. Tapi bagi kucing, jeruk malahan bisa membawa masalah yang sangat serius bila dimakan.

Semua bagian jeruk seperti batang, daunm kulit, buah, dan bijinya itu sangat berbahaya untuk kucing. Semua bagian jeruk tersebut mengandung asam sitrun yang berbeda kandungannya.Asam sitrun ini bisa mengakibatkan iritasi dan merusak sistem saraf kucing.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas