home -> Lainnya -> 10 Tempat Terkering Di Dunia
17 Januari 2017 00:09

10 Tempat Terkering Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada November 28, 2016

Ada sejumlah tempat di dunia yang terkenal akan suhunya yang panas dan dingin, kali ini ada tempat yang terkenal karena keringnya alias jarang atau bahkan tidak ditemukan air di tempat tersebut. Curah hujan yang sedikit membuat tempat tersebut mengalami kekeringan yang luar biasa karena ketidatersediannya air. Berikut ini adalah daftar 10 tempat terkering di dunia.

10. Aoulef, Algeria - Curah Hujan per Tahun 12,19 mm

Aoulef

Adalah sebuah kota kecil yang menjadi salah satu tempat terkering di dunia. Kota Aoulef memiliki iklim padang pasir yang cukup panas. Musim panas di kota tersebut jauh lebih panjang daripada musim dinginnya. Jelas saja ini membuat Aoulef menjadi salah satu tempat terpanas di dunia. Ditambah lagi dengan jarangnya turun hujan di kota tersebut.

Aoulef memiliki curah hujan per tahunnya sebanyak 12,19 mm. Sepanjang tahunnya, langit kota Aoulef jarang sekali terlihat berawan. Ketika siang hari, Aoulef bisa mencapai suhu 50Celcius, itu ketika musim panas sedang berlangsung. Di malam hari, suhu kota Aoulef mencapai 30Celcius. Tidak kalah panas rupanya.

9. Pelican Point, Namibia - Curah Hujan per Tahun 8,13 mm

Pelican Point

Pelican Point dikenal oleh dunia sebagai salah satu lokasi berseluncur yang sangat populer. Banyak sekali peselencur yang menganggap Pelican Point adalah surga berseluncur. Hal berikutnya bisa dibilang terdengar mengejutkan tapi Pelican Point adalah salah satu tempat terkering di dunia.

Terkenal sebagai tempat paling sempurna untuk berseluncur, Pelican Point memiliki curha hujan yang sangat rendah yakni 8,13 per tahun. Meskipun masuk ke dalam daftar tempat terkering di dunia, Pelican Point tetap bisa menjadi magnet bagi para peseluncur dari berbagai belahan dunia.

8. Iquique, Chili - Curah Hujan per Tahun 5,08 mm

Iquique

Kita perlu sadar bahwa setiap kota memiliki keunikannya tersendiri. Tidak semua kota diberikan iklim yang seimbang. Ada kota yang sangat jarang dituruni hujan dan kota tersebut adalah Iquique. Kota yang berada di Chili ini merupakan kota penting di Chili yang menjadi kota pelabuhan. Dikelilingi oleh Padang Atacama di bagian barat.

Sebagai informasi, Iquique hanya memiliki curah hujan 5,08 mm setiap tahunnya. Menjadikannya kota yang sangat kering di Chili. Senasib seperti Pelican Point, meski kota ini sangat kering, Iquique diberi berkah lain yakni pantai yang berlimpah. Meski cuaca panas dan jarang hujan, setidaknya turis masih bisa menikmati pantai Iquique yang indah.

7. Wadi Halfa, Sudan - Curah Hujan per Tahun 2,45 mm

Wadi Halfa

Wadi Halfa adalah sebuah kota yang terletak di tepi Danau Nasser, Sudan, Afrika. Disana terdapat sebuah gurun yang bernama Nubian.Kota Wadi Halfa sendiri hanya memiliki sekitar 15.000 penduduk. Tidak banyak penduduk karena kota ini memang dikenal sangat kering.

Bayangkan saja, curah hujan di kota ini hanya 2,45 mm per tahunnya. Jelas saja membuat Wadi Halfa sangat kering. Udara di kota tersebut juga sangat kering akibat pengaruh dari gurun dan juga iklimnya yang memang panas.

6. Ica, Peru - Curah Hujan per Tahun 2,29 mm

Ica

Ica berlokasi tepat di dekat Sungai Ica, sekitar 300 km di selatan kota Lima, Peru. Berdekatan dengan Ica, terdapat padang pasir yang cukup luas yaitu Atacama. Berada dekat dengan padang pasir jelas saja membuat kota Ica beriklim padang pasir yang sangat panas. Curah hujan di kota ini hanya 2,29 mm per tahun.

Tapi menurut pada ilmuwan, kota ini dulunya tidaklah sekering seperti sekarang. Terbukti dengan adanya fosil pinguin setinggi 1,5 meter. Penelitian yang dilakukan juga menemukan hasil yang sangat mengejutkan yaitu ditemukannya sejumlah pinguin purba di daerah yang sama.

5. Luxor, Mesir - Curah Hujan per Tahun 0,862 mm

Luxor

Kita tahu bahwa Mesir adalah kota yang dipenuhi dengan padang pasir. Hal tersebut membuat Mesir menjadi kota yang sangat kering dan juga panas. Tapi ternyata Mesir bukanlah satu-satunya tempat terpanas di dunia. Luxor yang tepat berada di atas Mesir juga menjadi salah satu tempat yang sangat kering di dunia.

Meski termasuk kota yang sangat kering, Luxor ternyata bisa mengundang banyak sekali turis mancanegara dari berbagai negara. Dikatakan bahwa kota ini sangat jarang dijumpai hujan. Curah hujan di kota ini hanya berkisar 0,862 mm setiap tahunnya. Para peneliti juga mengatakan bahwa ada perbedaan suhu yang sangat ekstrim ketika siang dan malam di kota ini.

4. Aswan, Mesir - Curah Hujan per Tahun 0,861 mm

Aswan

Sudah dijelaskan di atas bahwa Mesir bukanlah satu-satunya tempat terkering di dunia. Jika Luxor duduk di posisi ke-5 sebagai tempat terkering di dunia, masih ada yang lebih panas lagi dari Luxor yakni Aswan. Inilah satu-satunya tempat terkering yang ditemukan di Mesir. Iklimnya benar-benar kering dan juga panas.

Dalam jangka waktu 5 tahun, curah hujan di Aswan mungkin hanya berkisar antara 1 sampai 2 mm. Setiap tahunnya hanya sekitar 0,861 mm. Terlepas dari iklim keringnya yang sangat luar biasa, Aswan tetap bisa menjadi lokasi favorit para turis.

3. Kufra, Libya - Curah Hujan per Tahun 0,860 mm

Kufra

Kufra atau Al-Lufrah adalah sebuah grup oasis yang berada di tenggara Cyrenaica, Libya. Tempat ini memiliki peran penting ketika berlangsungnya Perang Dunia II. Berada tepat di tengaj Gurun Sahara, tidak diragukan lagi betapa keringnya tempat ini. Inilah tempat paling kering yang ada di Afrika.

Hanya sekitar 2% wilayah Libya yang mendapat hujan. Khusus di Kufra, curah hujan di tempat tersebut hanya sekitar 0,860 mm per tahunnya. Karena jarang terjadi hujan, pemerintah Libya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menghidupi area tersebut dengan cara mengirimkan banyak pasokan air.

2. Arica, Chili - Curah Hujan per Tahun 0,761 mm

Arica

Dengan total populasi sebanyak 196.590, Arica menjadi sebuah kota pelabuhan yang sangat ramai di propinsi Arica, Chili. Arica adalah kota paling utara dari Chili, berlokasi hanya 18 km dari perbatasan selatan Peru. Arica dikenal sebagai salah satu kota paling kering di dunia, lihat saja dari seberapa sering kota ini dituruni hujan.

Curah hujan di kota Arica hanya sekitar 0,761 mm setiap tahun. Angka tersebut diambil dari data yang Airport Meteorological Station. Meski jarang turun hujan, tingkat kelembapan dan awan sangatlah tinggi di tempat ini. Tingkat kelembapannya setara dengan negara yang dilalui oleh garis Khatulistiwa. Intensitas cahaya mataharinya setara dengan Gurun Sahara.

1. McMurdo Dry Valleys, Antartika - Curah Hujan per Tahun 0 mm

McMurdo Dry Valleys

Sampai di peringkat pertama dari daftar tempat terkering di dunia. Yang keluar sebagai pemenang adalah McMurdo Dry Valleys. McMurdo Dry Valleys adalah tempat terkering di dunia yang ada di Antartika. Antartika sendiri telah dikenal sebagi tempat yang dipenuhi dengan es dan glasier. Tidak ada hal lain selain kekeringan yang ada di tempat tersebut.

Daerah yang diliputi es terbesar yah hanya tempat ini. Wajib kalian tahu, tidak ada hujan yang turun di McMurdo Dry Valleys. Saking keringnya, tidak ada ekosistem apapun yang bisa ditemukan disana. Ekosistem di McMurdo Dry Valleys digambarkan sangat mirip dengan ekosistem yang ada di planet Mars.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas