home -> Teknologi -> 10 Cara Menjaga Baterai Smartphone Agar Tetap Awet
22 September 2017 00:39

10 Cara Menjaga Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Oleh reagan dalam Teknologi pada November 10, 2016

Tidak ada masyarakat jaman sekarang yang tidak menggunakan smartphone. Bahkan anak kecil saja sekarang sudah ahli sekali dalam menggunakan teknologi ini. Sering digunakan, baterai smartphone pasti akan cepat sekali habis. Sungguh berbeda ketika pertama kali beli dimana baterai smarpthone bisa tahan sampai cukup lama. Bagaimana caranya supaya baterai smarpthone bisa tahan lebih lama? Simak 10 caranya di bawah ini.

10. Matikan Mode Getar

vibrate mode

Semua smartphone pasti memiliki yang namanya mode getar atau vibrate mode. Vibrate mode inilah yang membantu kita ketika ada telepon masuk tapi suaranya tidak terdengar. Dengan adanya vibrate mode, meski kita berada di keramaian, kita tetap bisa merasakan getaran bahwa ada panggilan masuk.

Memang mode getar ini sangat berguna sebagai pertanda adanya telepon masuk, tapi jika kamu ingin baterai smartphone bisa tahan lebih lama, lebih baik mode ini dimatikan jika tidak diperlukan. Dibalik kegunaannya, mode getar ini cukup menyerap banyak tenaga dari baterai.

9. Matikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

useless apps

Kalian pasti sering membiarkan aplikasi yang telah kalian buka untuk tetap berjalan. Ambil contohnya saja seperti aplikasi facebook, twitter, instagram atau path. Dengan tidak benar-benar menutup aplikasi tersebut, smartphone akan terus memberikan notifikasi apabila ada pesan atau mention yang baru. 

Memang tidak menutup aplikasi setelah digunakan jadi memudahkan kita untuk mendapatkan pesan baru dari teman atau keluarga, tapi membiarkan aplikasi tetap berjalan seperti itu bisa menguras baterai smartphone. Perlu kalian sadari bahwa smartphone kalian tidak hanya menjalankan aplikasi seperti facebook dan kawan-kawannya saja. Ada sistem yang tetap berjalan meski kalian tidak ketahui. Jadi usahakan untuk mematikan aplikasi yang sudah selesai dipakai untuk menghemat tenaga baterai.

8. Perhatikan Sinyal

signal

Pernah tidak kalian merasakan baterai smartphone kalian cepat habis ketika berada di tempat parkir atau ruangan lainnya yang tertutup? Hal tersebut dikarenakan karena baterai bekerja ekstra keras untuk mencari sinyal yang stabil. Berbeda jika kalian berada di ruangan terbuka dimana sinyal dapat dengan mudah ditangkap oleh smartphone.

Jika kalian ingin baterai smartphone tahan lama, jangan berada terlalu lama di ruangan yang tertutup. Kalaupun terpaksa, matikan saja sinyal smartphone agar hemat baterai. Atau kalian juga bisa menurunkan koneksi kalian dari 3G ke 2G agar baterai tidak cepat terkuras.

7. Update Aplikasi

update apps

Menggunakan banyak aplikasi di smartphone pastinya harus siap juga dengan yang namanya update. Kalian pasti sering kesal karena updatean tersebut memiliki size yang besar atau kalian sedang tidak menggunakan wifi jadi tidak bisa mengupdate aplikasi tersebut.

Kalian bisa boleh saja merasa kesal, tapi ternyata aplikasi yang diupdate ternyata bisa membantu mengurangi penggunaan baterai smartphone. Mungkin saja aplikasi versi sebelumnya menyedot banyak tenaga baterai atau adanya bug yang menyebabkan baterai cepat habis. Karena itu, jangan langsung emosi jika ada update aplikasi atau bahkan update sistem terbaru.

6. Hapus Widget

widgets

Keberadaan widget memang diciptakan untuk membantu kita untuk melihat informasi terbaru. Biasanya orang-orang akan memasang widget perkiraan cuaca, jam, nilai tukar uang, alarm, atau bahkan berita terbaru. Terlalu banyak widget yang dipasang bukannya membantu malah bisa merepotkan loh.

Untuk menjaga baterai agar tidak cepat habis, lebih baik untuk tidak menggunakan widget secara berlebihan. Widget yang berlebihan sehingga memenuhi layar bisa menghabiskan tenaga baterai. Gunakanlah widget yang benar-benar diperlukan saja.

5. Nyalakan Mode Hemat Baterai (Power Safer)

power safer mode

Jangan pernah malas menggunakan mode hemat betarai atau power safer. Mode ini justru bisa menyelamatkan daya baterai smartphone. Kalian tidak mau kan ketika sedang asyik menggunakan smartphone, eh malah mati secara mendadak?

Ketika baterai sedang sekarat, segera aktifkan mode hemat baterai. Semua smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur bagus tersebut, baik itu android atau iPhone. Ketika mode hemat baterai dinyalakan, smartphone secara otomatis akan mematikan sejumlah sistem tidak berguna yang banyak memakan energi.

4. Gunakan Wallpaper Yang Gelap

dark wallpaper

Memasang wallpaper atau gambar latar belakang yang menarik adalah suatu keharusan bagi semua pengguna smartphone. Tapi memasang wallpaper smartphone ternyata tidak bisa sembarangan. Salah menggunakan wallpapaper, baterai smartphone jadi taruhannya.

Menggunakan wallpaper yang berwarna cerah jelas akan menghabiskan daya baterai. Lalu bagaimana caranya supaya baterai bisa tetap awet? Yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang wallpaper yang memiliki warna gelap.

3. Gunakan Aplikasi Khusus

battery doctor

Baik pengguna android atau iPhone, kalian jangan hanya mengdownload aplikasi sosial media atau game saja. Ada banyak aplikasi berguna yang bisa kalian download, baik itu di Google Play dan juga App Store. Termasuk di dalamnya adalah aplikasi yang bisa menghemat penggunaan baterai smartphone.

Masuk ke Google Play bagi pengguna android dan Apps Store bagi pengguna Apple. Ketik saja Battery Doctor atau Battery Safer. Maka kalian akan menemukan banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menjaga baterai agar tetap awet.

2. Matikan Fitur Yang Tidak Penting

turn off useless fiture

GPS, Wifi, bluetooth, bahkan paket data, semua fitur tersebut sangat memakan banyak tenaga baterai. Masih masuk di akal apabila kamu butuh paket data untuk whatsapp dan aplikasi chating lain yang sejenis, tapi GPS, Wifi, serta Bluetooth?

GPS adalah fitur rumit yang membutuhkan banyak proses dan tenaga. Kamu tidak perlu menyalakan fitur GPS seharian penuh. Apalagi yang namanya Wifi. Selama kamu tidak berada dekat dengan lokasi yang menyediakan Wifi, smartphone kamu akan terus mencari sinyal Wifi sampai dapat. Jelas saja ini membuat baterai cepat habis.

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

brightness

Kurang lebih sama dengan wallpaper. Mengubah setting brightness menjadi terang sangat memakan daya. Sebaliknya, brightness yang rendah membuat smartphone bekerja lebih ringan. Tapi tentu saja brightness yang terlalu terang atau gelap akan menentukan jelas atau tidaknya layar smartphone.

Jika berada di luar ruangan yang terang, setting brightness ke auto. Mode auto akan langsung mengatur tingkat kecerahan layar smartphone agar bisa sesuai dengan kemampuan mata. Tapi jika sudah berada di ruangan yang lebih gelap, turunkan kembali tingkat kecerahan smartphone.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas