home -> Unik -> 10 Jenis Anjing Terkecil Di Dunia
16 November 2018 07:06

10 Jenis Anjing Terkecil Di Dunia

Oleh reagan dalam Unik pada October 05, 2016

Sebelumnya Tahupedia sudah pernah membahas jenis anjing terbesar di dunia. Meski masih terbilang lucu, tapi dengan ukuran besar tetap saja membuat anjing menjadi terlihat menakutkan. Bagi kalian yang lebih mengincar sisi imut dari anjing, maka anjing dengan ukuran yang kecil menjadi pilihan terbaik. Sebelum membeli anjing, yuk mari kita simak jenis anjing terkecil di dunia berikut ini.

10. Pug

Pug

Dengan ukuran berkisar antara 30,4 sampai 35,5 cm, anjing jenis Pug berada di urutan 10 jenis anjing terkecil di dunia. Dengan tubuhnya yang kecil tentu saja berpengaruh terhadap berat badannya. Pug diperkirakan memiliki berat badan berkisar 6,3 sampai 8 kg saja. Sudah kecil, ringan, lucu pula.

Pug memiliki sifat yang sensitif, lembut, ramah, periang, setia, dan sangat suka bermain. Bulu yang dimiliki Pug tipis dan halus sehingga mudah untuk dirawat. Fisiknya yang kecil dan wajahnya yang imut membuat Pug cocok bagi kalian yang menyukai hal yang berbau imut dan lucu. Satu hal yang harus diperhatikan oleh pemilik Pug yakni untuk rutin mengajaknya jalan. Semakin sering berjalan, kesehatan Pug akan selalu terjaga

9. Pomeranian

Pomeranian

Pomeranian merupakan jenis anjing yang cukup populer di dunia. Anjing kecil ini memiliki ukuran tubuh yang berkisar antara 20,3 sampai 30,4 cm saja dan berat sekitar 1,3 sampai 3 kg. Usia rata-rata Pomeranian biasanya bisa mencapai 15 tahun, Pomeranian memiliki bentuk fisik yang mirip sekali dengan rubah. Dari warna, bentuk tubuh, sifat, ekor, kuping, dan juga bulu.

Wajahnya yang imut membuat siapapun pasti akan langsung tertarik padanya. Pom dikenal memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, periang, dan mudah beradaptasi. Tapi jangan pernah kalian menganggap remeh Pomeranian hanya karena tubuhnya yang kecil. Dibalik tubuh kecil dan wajahnya yang lucu, ternyata Pom memiliki keberanian yang patut diacungi jempol.

8. Bichon Fries

Bichon Frise

Memiliki mata hitam dan memiliki bulu yang sangat halus, anjing jenis Bichon Frise memiliki bentuk fisik yang terbilang cukup kecil. Bichon Frise rata-rata dapat tumbuh hingga 27,9 cm dengan bobot berkisar antara 4,5 sampai 9 kg. Konon katanya, anjing jenis Bichon Frese merupakan keturunan dari anjing jenis Bolognese, Coton de Tulear, Maltese, dan Havanese.

Bichon Frise memiliki ciri-ciri leher yang melengkung, ekor berbulu, dan wajah yang bahagia. Anjing jenis ini tidak terlalu sulit untuk dilatih. Sifatnya yang bersahabat sangat cocok untuk menemani anak kecil.

7. Dachshunds

Dachshunds

Bila berbicara tentang anjing kecil, tidak lengkap rasanya bila kita tidak memasukan anjing jenis Dachshunds. Anjing jenis ini hanya memiliki ukuran antara 20,3 sampai 27,9 cm dan bobot 7,2 sampai 14,5 kg. Biarpun memiliki tubuh yang kecil, Dachshunds memiliki naluri berburu yang tinggi dan juga lincah.

Ciri-ciri Dachshunds yaitu memiliki tubuh kecil namun panjang, kaki yang pendek, dan memiliki sifat pemberani. Dachshunds bisa menjadi sahabat yang baik bagi anak kecil loh. Yang justru diperhatikan oleh para orang tua adalah cara mengajarkan anak agar bisa memegang Dachshunds dengan benar.

6. Japanese Chin

Japanese Chin

Anjing berikutnya yang juga memiliki tubuh kecil adalah anjing jenis Japanese Chin. Anjing jenis ini mampu membawa aura gembira dalam keluarga. Japanese Chin adalah anjing kecil dengan kelincahan yang luar biasa, ia juga dikenal gemar bermain. Memiliki ukuran rata-rata 20,3 sampai 27,9 cm dan berat antara 1,8 sampai 3,1 kg.

Meski Japanese Chin cukup mudah untuk dipelihara, namun kalian harus rutin merawat bulunya yang seperti mantel. Setidaknya diperlukan 2 kali seminggu untuk perawatan bulu (grooming). Bagi kalian yang memiliki rumah kecil atau tinggal di apartemen, memelihara seekor Japanese Chin harusnya tidak menjadi masalah.

5. Maltese

Maltese

Tidak memiliki rasa takut, pintar, namun lembut, itulah sifat yang dimiliki oleh anjing jenis Maltese. Maltese dilengkapi dengan mantel bulu yang cukup tebal. Maltese dapat tumbuh sampai 20,3 sampai 25,4 cm dengan berat antara 1,8 sampai 3,1 kg. Usia Maltese juga cukup panjang yakni 15 sampai 18 tahun.

Jika kalian suka dengan sifat anak anjing yang selalu berlari kesana kemari, Maltese adalah pilihan yang tepat. Anjing kecil ini memiliki sifat yang persis sama seperti anak anjing. Oh iya, Maltese juga sangat cerdas. Dia mampu dilatih untuk melakukan sejumlah trik dan bisa menjadi sahabat yang tepat bagi anak-anak.

4. Toy Poodle

Toy Poodle

Elegan dan pandai, begitulah kata-kata yang cocok diberikan pada anjing jenis Toy Poodle. Sudah dikenal di dunia bahwa anjing jenis Poodle adalah anjing dengan penampilan terbaik. Namun Poodle memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Nah, anjing jenis ini Toy Poodle bisa dibilang seperti miniatur Poodle.

Dengan ukuran 25,4 cm dan berat berkisar antara 2,2 sampai 4,5 kg, anjing jenis ini bisa memenuhi hasrat kalian yang ingin memiliki anjing kecil dan elegan. Toy Poodle biasanya memiliki umur antara 14 sampai 18 tahun. Anjing kecil ini selain memiliki penampilan menarik, ia juga sangat pintar. Sama seperti Poodle, mini Poodle ini memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga bulunya tetap indah.

3. Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier

Memiliki tubuh kecil namun memiliki sifat penasaran dan keberanian yang cukup tinggi. Yorkshire Terrier bisa dibilang seperti anjing besar yang terjebak dalam tubuh kecil. Memiliki ukuran 20,3 sampai 22,8 cm dan berat antara 1,8 sampai 3,1 kg. Yorkshire Terrier tidak hanya cocok untuk indoor melainkan juga outdoor.

Yorkshire Terrier memiliki bulu bewarna emas dan biru yang cantik. Biasanya Yorkshire Terrier mudah untuk dilatih. Yorkshire Terrier juga dikenal sangat lincah dan suka lari kesana kemari. Meski kecil, Yorkshire Terrier memiliki sifat pemberani layaknya anjing besar. Hal tersebut membuat Yorkshire Terrier masih bisa dimanfaatkan sebagai anjing penjaga.

2. Brussels Griffon

Brussels Griffon

Sesuai dengan namanya, Brussels Griffon adalah jenis anjing kecil yang berasal dari Brussels, Belgia. Tubuhnya hanya berukuran 17,7 sampai 20,3 cm dengan berat 3,6 sampai 4,5 kg. Kalian boleh tertawa melihat tubuhnya yang kecil, dijamin kalian akan cepat lelah mengejarnya karena anjing jenis ini sangatlah lincah. Kelincahan ini yang membuat Brussels Griffon dimanfaatkan untuk mengusir tikus.

Brussels Griffon juga memiliki insting yang tajam. Apabila dirinya merasa ada yang sesuatu yang tidak beres, biasanya Brussels Griffon akan mulai berisik. Brussels Griffon biasanya tidak begitu merasa terganggu apabila ada hewan peliharaan lain di rumah. Namun anjing ini tidak begitu akrab dengan keberadaan anak kecil. Sifatnya yang keras kepala membuat kalian harus sedikit sabar untuk melatihnya.

1. Chihuahua - 12,7 cm

Chihuahua

Tiba di akhir topik, siapa sih yang tidak kenal dengan Chihuahua? Anjing ini merupakan jenis anjing terkecil di dunia dengan ukuran yang rata-rata mencapai 12,7 cm dan beratnya yang hanya 1,8 sampai 2,7 kg. Anak Chihuahua yang baru lahir malah lebih ringan yakni hampir mencapai 1 kg saja.

Chihuahua memiliki usia yang terbilang cukup panjang yakni 12 sampai 20 tahun. Memiliki tubuh kecil tapi jangan pernah kalian macam-macam dengan anjing jenis ini. Chihuahua dikenal sebagai anjing penjaga yang cukup baik. Apabila merasa terancam, ketakutan atau merasa ada bahaya, Chichuahua tidak ragu untuk melompat dan langsung menggigit orang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas