home -> Lainnya -> 10 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pe...
21 Januari 2018 06:05

10 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Oleh reagan dalam Lainnya pada October 03, 2016

Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan dihormati oleh karyawan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Setidaknya 10 hal berikut ini wajib kalian miliki jika ingin menjadi pemimpin yang baik dan dihormati oleh karyawan. Apa saja hal atau sifat yang diperlukan untuk bisa menjadi pemimpin yang baik? Berikut rincian lengkapnya.

10. Memiliki Selera Humor

sense of humor

Apa kamu termasuk orang yang serius? Jika iya, cobalah mulai sekarang untuk merubah sikap serius itu secara perlahan-lahan menjadi menjadi humoris. Selipkan sedikit candaan ketika sedang berbicara dengan karyawan untuk menciptakan suasana lebih ringan. Seorang pemimpin yang baik harusnya memiliki selera humor yang bagus,

Rasanya tidak ada karyawan dimanapu n yang merasa nyaman jika terus menerus bersama dengan pemimpin dengan pembawaan serius. Kita tahu bahwa pekerjaan di kantor menuntut kita untuk selalu fokus dan serius dalam mengerjakan setiap tugas. Tapi bukan berarti kalian harus menghilangkan selera humor. Pemimpin yang baik tahu kapan harus serius dan kapan untuk mendinginkan kondisi dengan lelucon yang bagus.

9. Bisa Membangun Tim Yang Baik

team work

Sebuah perusahaan bisa maju meraih sukses apabila para karyawannya bisa bekerja sama dengan baik. Tanpa adanya kerja sama, sulit rasanya perusahaan bisa maju. Disinilah peran seorang pemimpin akan diuji. Bagaimana cara mereka bisa membangun tim yang baik untuk mencapai kesuksesan bersama.

Mau menjadi pemimpin yang baik? Kalian harus lebih dulu belajar bagaimana caranya membangun kekompakan sebuah tim. Tiap anggota tim pastinya ada hal positif dan negatif. Kalian yang berperan sebagai pemimpin harus bisa mengubah hal negatif menjadi positif. Jika kalian bisa memaksimalkan kemampuan anggota tim, pasti kalian bisa mencapai target.

8. Kreatif

creativity

Tidak semua perusahaan akan berjalan lancar-lancar saja. Pasti suatu saat akan mengalami yang namanya kebuntuan. Apabila kebuntuan ini terus dibiarkan maka bisa menghambat tujuan perusahaan. Lagilagi peran seorang pemimpin akan kembali diuji. Untuk bisa memecahkan kebuntuan tersebut dibutuhkan yang namanya ide kreatif.

Seorang pemimpin wajib memiliki kemampuan untuk berpikir dan mengambil keputusan yang tepat dengan cepat. Apabila keputusan yang diambil sudah tepat dan cepat, karyawan pasti akan merasa kagum dengan kepemimpinanmu. Jika seorang pemimpin tidak memiliki ide kreatif,perusahaan yang dijalankan pasti akan mengalami hambatan. 

7. Adil

Adil

Jelas bahwa sikap adil itu diperlukan dalam segala hal. Sejak kecilpun kita sudah diajarkan untuk bersikap adil. Sifat adil ini juga seharusnya terus dibawa sampai kita dewasa. Khusus bagi kalian yang saat ini telah menjadi seorang pemimpin atau bahkan yang sedang ingin menjadi seorang pemimpin, sikap adil ini sangatlah penting.

Pemimpin yang adil tahu pekerjaan apa yang sekiranya pantas diberikan pada karyawannya. Pemimpin yang adil juga tahu seberapa pantas gaji yang diberikan pada karyawan atas kerja keras yang telah dilakukan. Bayangkan jika kalian memberikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan karyawan. Bayangkan juga apabila kalian memberikan gaji yang tidak sesuai dengan apa yang telah karyawan berikan pada perusahaan. Sudah pasti karyawan akan merasa gerah dengan kepemimpinan kamu.

6.  Bertanggung Jawab

resposibility

Siapa bilang hanya hanya karyawan saja yang harus memiliki tanggung jawab? Seorang pemimpin yang baik juga harus memiliki tanggung jawab. Bahkan ketika ada seorang karyawan yang tidak bekerja dengan maksimal, karyawan lain dan pemimpin turut serta ambil bagian untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, kalian harus belajar untuk tidak mencari kambing hitam. Yang namanya perusahaan, kesalahan 1 bagian adalah tanggung jawab bersama. Karena tiap bagian tentunya memiliki hubungan dengan bagian lain. Melempar kesalahan pada karyawan dan tidak mencarikan jalan keluar bukanlah contoh pemimpin yang baik.

5. Tahu Cara Berkomunikasi Yang Baik

good communication

Memiliki ide brilian tidaklah berguna jika kalian tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya pada orang. Seorang pemimpin perusahaan, ketidakmampuan dalam berbicara bisa menjadi masalah besar. Jika kalian tidak bisa berkomunikasi dengan baik, bagaimana caranya kalian menyampaikan visi dan misi perusahaan?

Tentu saja ketidakmampuan berkomunikasi akan membuat perusahaan akan berjalan tersendat-sendat. Karyawan jadi diharuskan untuk menebak jalan pikiran kalian yang rumit tersebut. Dengan komunikasi yang baik, karyawan bisa lebih paham akan maksud yang kalian inginkan.

4. Sikap Positif

positive attitude

Orang yang hanya bisa berpikir negatif biasanya sulit disukai oleh orang-orang. Sama halnya dengan seorang pemimpin. Pikirkan saja apabila seorang pemimpin selalu pesimis dalam menghadapi suatu masalah. Sikap negatif seperti sangat mudah menular pada orang-orang sekitar. Tentu saja masalah tersebut tidak akan pernah ketemu jalan keluarnya.

Jika pemimpin mau tim atau perusahaannya, maka orang itu harus bisa memberikan sikap positif pada para karyawan. Tunjukan bahwa seorang pemimpin bisa menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Jika kamu justru sudah menyerah ketika menghadapi suatu masalah, apa jadinya nasib perusahaan?

3. Komitmen

commitment

Siapa lagi yang bisa menjadi panutan bagi para karyawan apabila bukan pemimpinnya sendiri? Jangan berharap karyawan bisa bekerja sesuai dengan apa yang kamu inginkan apabila kamu sendiri sebagai pemimpin tidak bisa memberikan contoh yang baik. Untuk menjalankan perusahaan agar bisa maju, diperlukan yang namanya komitmen.

Dari sejak awal, seorang pemimpin harus memiliki komitmen tinggi untuk membuat perusahaan maju. Efek dari memiliki komitmen tinggi untuk meraih sukses ini bisa membuat para karyawan menaruh rasa hormat pada Anda. Dengan kamu berkomitmen tinggi pada perusahaan, karyawan juga bisa mencontoh sikap kalian tersebut. 

2. Percaya Diri

confidence

Kepercayaan terlalu tinggi memang tidak bagus, tapi tidak memiliki kepercayaan diri juga tidak diperbolehkan. Bagaimana kamu bisa memimpin karyawan apabila kamu sebagai pemimpin tidak memiliki rasa percaya diri? Tidak memiliki rasa percaya diri dapat membuat karyawan jadi bertanya-tanya apakah mereka dipimpin oleh pemimpin yang tepat.

Sudah menjadi hal yang wajar bahwa seorang pemimpin harus memiliki sikap percaya diri. Sikap percaya diri dapat membantu para karyawan untuk tetap melihat positif ke depan. Dengan sikap percaya diri  membuat karyawan tetap yakin bahwa masalah seperti apapun pasti akan ada jalan keluar. 

1. Kejujuran

jujur

Dari sekian banyak sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin, sikap jujur adalah hal vital yang tidak boleh dilupakan. Pemimpin yang jujur membuat karyawan bekerja dengan tenang. Setiap perkataan yang diucapkan oleh kamu, karyawan yakin bahwa kamu sudah mengatakan hal yang sebenarnya dan juga bisa dipertanggung jawabkan.

Jika pemimpin tidak memiliki sifat jujur, setiap perkataan yang diucapkan akan selalu menjadi pertanyaan bagi karyawan. Karyawan berpikir bahwa yang sudah dikatakan, semuanya adalah bohong belaka. Andaikan ada hal yang memang harus dirahasiakan, setidaknya berikan penjelasan pada karyawan apa alasan Anda untuk merahasiakan hal tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas