home -> Top -> 10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan Saat Kerja
28 Agustus 2014 22:22

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan Saat Kerja

Oleh admin dalam Top pada April 11, 2013

Pernahkan Anda merasakan bahwa pada saat Anda bekerja, Anda hanya melakukan pekerjaan yang membosankan dan waktu berjalan begitu lama? Hal ini mungkin sering dialami Anda yang bekerja di industri siklis, yang sibuk hanya pada saat-saat tertentu. Berikut 10 cara untuk mengatasi dan menghilangkan rasa bosan tersebut.

10. Tanyakan Rekan Kerja Anda, Apakah Kerjaan Mereka Ada yang Perlu Dibantu

bantu rekan kerja

Jika Anda bosan karena tidak ada kerjaan dan rekan kerja Anda sedang sibuk dengan kerjaannya, Anda dapat menanyakan rekan kerja Anda apakah mereka memerlukan bantuan Anda? Tidak hanya Anda akan mengisi kebosanan Anda, Anda juga akan dianggap orang yang rajin dan mendapatkan poin lebih dalam kerja Anda.

Setidaknya, membantu rekan kerja Anda akan meningkatkan kerja sama tim.

9. Ngobrol dengan Rekan Kerja Anda

ngobrol dengan rekan kerja

Jika orang di dekat Anda terlihat sama bosannya dengan Anda, mulailah pembicaraan untuk mengisi kebosanan Anda. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu suasana kantor. Di lain mengisi kebosanan Anda, hal ini juga membangun kerja sama dan lingkungan kerja.

8. Buat Meja Kerja atau Ruang Kerja Anda Lebih Produktif

meja kerja produktif

Lingkungan kerja Anda adalah salah satu hal yang mempengaruhi mood kerja Anda, dan sebuah meja kerja yang membosankan, kecil dan berantakan tentu akan dapat mengarah ke kebosanan kerja. Anda dapat memberikan dekorasi seperti lampu, tanaman atau sejenisnya yang dapat memberikan rasa nyaman.

Hal lain yang Anda dapat lakukan adalah menjadi penggila kebersihan, bersihkanlah meja kerja atau ruang kerja Anda jika Anda bosan, hal ini akan mengisi waktu Anda dengan cepat. Jika meja kerja Anda sudah bersih, bersihkanlah file-file di komputer Anda.

7. Buatlah Snack, Kopi atau Teh

buat snack kopi teh

Makan cemilan, minum kopi atau teh, adalah salah satu hal favorit di beberapa tempat kerja. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa bosan saat bekerja, karena selain meningkatkan mood, hal ini juga akan memotivasi Anda untuk bekerja kembali.

Jika Anda membuat kopi atau teh sendiri, hal tersebut akan dapat menghabiskan waktu sekitar 1 menit.

6. Lawan Rasa Lelah dan Kembali Bekerja

lawan rasa lelah

Mungkin masalah dari kebosanan Anda bukan karena kerja Anda, tetapi karena rasa lelah dan Anda tidak mempunyai energi untuk melanjutkan kerja Anda, jadi rasa bosan-pun datang. Ada beberapa cara untuk melawan rasa lelah tersebut, seperti menggunakan air dingin atau berolahraga kecil untuk memacu darah Anda dan membangunkan Anda.

5. Cari Hobi Baru

hobi baru

Anda sudah tahu bahwa pada hari itu Anda akan merasa bosan di kantor karena memang sedang sepi-sepinya. Untuk itu, Anda mungkin dapat menyiapkan hobi Anda terlebih dahulu sebelum ke kantor, tetapi Anda tentu harus terlebih dahulu mengetahui peraturan dan kebijakan kantor terkait atas hal itu.

Jika Anda ahli di hobi Anda tersebut, Anda mungkin tidak perlu membawa hal tersebut ke tempat kerja Anda. Anda dapat mengajarkan rekan kerja Anda akan hobi Anda dan membantu mereka menghilangkan rasa bosan.

4. Dapatkan Tanggung Jawab Baru

tambah beban kerja

Jika Anda selalu dapat dengan cepat menyelesaikan pekerjaan Anda, dan membantu rekan kerja Anda-pun cepat selesainya, Anda dapat berbicara denan bos Anda untuk meminta perubahan atau penambahan beban kerja Anda.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan poin tinggi di mata bos Anda, dan kerja-pun mungkin akan jadi lebih menarik bagi Anda.

3. Perdalam Keahlian atau Kemampuan Anda

perdalam keahlian

Salah satu cara terbaik dan pintar untuk menghabiskan waktu karena rasa bosan adalah mempelajari keahlian baru. Online training mungkin adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menggunakan keahlian tersebut untuk membuat Anda lebih kompetitif, sembari mengembangkan peluang karir Anda. Ini benar-benar solusi yang pintar.

Seperti sebelumnya, Anda harus memastikan peraturan dan kebijakan perusahaan terkait atas proyek pribadi sebelum Anda memperdalam keahlian Anda.

2. Perkaya Imajinasi Anda

tingkatkan imajinasi Anda

Anda merasa lelah untuk melakukan sesuatu, dan Anda bosan. Bagaimana jika Anda sedang dalam situasi tersebut? Maka dalamilah rasa bosan Anda dan masuk ke dunia pikiran Anda sendiri. Pikirkanlah ide-ide baru yang mungkin dapat memberikan Anda pekerjaan baru atau ide-ide untuk membantu Anda dalam brainstorming di kantor.

Intinya, hargailah rasa bosan tersebut dan perkaya imajinasi Anda.

1. Keluar dari Pekerjaan Anda Sekarang

keluar kerja

Anda sudah melakukan semua hal di atas, tetapi Anda tetap bosan dengan pekerjaan Anda. Mungkin tidak ada yang salah dengan diri Anda, tetapi memang pekerjaan Anda tidak cocok dengan Anda dan memang membosankan. Maka mungkin itu sudah saatnya Anda mengucapkan selamat tinggal ke rasa bosan tersebut untuk selamanya, yakni keluar dari pekerjaan Anda dan mencari pekerjaan baru yang lebih menantang.

Beberapa orang mengatakan jika Anda sudah mengalami rasa bosan kerja, maka itu sudah saatnya Anda mempertimbangkan alternatif ini. Tapi, Anda harus tentu harus mengetahui akibat dari alternatif ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas