home -> Unik -> 10 Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Kalangan Tur...
19 Desember 2018 17:01

10 Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Kalangan Turis

Oleh reagan dalam Unik pada September 28, 2016

Makanan Indonesia terkenal akan cita rasa yang tinggi, unik, dan tidak lupa juga akan kepedasannya. Bagi para turis, berkunjung ke Indonesia tidak lengkap apabila tidak mencicip kuliner ala Indonesia. Bagi kalian yang mengaku orang Indonesia harusnya bangga karena makanan ini tidak hanya enak tapi juga terkenal di kalangan para turis. Berikut ini adalah 10 makanan Indonesia yang paling menggugah selera. Apa kamu sudah pernah mencobanya? Yang mana pilihan favorit kamu?

10. Ketoprak

Ketoprak

Ketoprak adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dapat dengan mudah kita temukan dimana-mana. Dari restoran hingga ada pedagang yang menjualnya dengan gerobak. Bagi kalian yang sudah pernah makan ketoprak pasti tahu seperti apa kelezatan dari makanan satu ini. Hanya dengan bahan-bahan sederhana, makanan ini bisa terasa begitu lezat.

Di dalam ketoprak terdapat beberapa bahan makanan seperti bihun, toge, lontong, telur, tahu, dan kerupuk. Ditambah dengan siraman bumbu kacang yang enak membuat makanan ini bisa membuat siapapun ketagihan.

9. Gudeg

Gudeg

Terbuat dari buah nangka muda ditambah dengan gula aren, susu kelapa, daging, bawang putih, dan tidak lupa sambal. Gudeg adalah salah satu simbol dari kota Yogyakarta yang menjadi salah satu makanan ala Indonesia yang menggugah selera. Baik tekstur dan rasa gudeg, banyak orang yang pasti suka dengan makanan ini.

Makanan ala Yogyakarta ini menggunakan nangka muda yang dimasak dengan menggunakan campuran susu kelapa dan gula aren selama beberapa waktu. Tujuannya adalah untuk membuat nangka menjadi halus dan mudah untuk dikunyah. Sensasi pedas yang terdapat pada gudeg merupakan kombinasi dari beberapa cabai. Sedangkan warna coklat dihasilkan dari bahan alami yakni daun kayu jati.

8. Sop Buntut

Sop Buntut

Makanan khas Indonesia berikut ini pernah nyaris dilupakan oleh orang banyak. Namun berkat seorang koki dari Hotel Borobudur, pada thaun 1973 sop buntut lahir kembali dan mulai diperkenalkan lagi ke masyarakat. Kembalinya makanan tradisional ini sampai membuat sejumlah petinggi politik ikut merasakan sendiri kenikmatan dari sop buntut.

Ada berita yang mengatakan bahwa sop buntut ini dulunya merupakan makanan yang berasal dari London di abad ke-17, namun untungnya sop buntut ala Indonesi yang akhirnya lebih dikenal dan menjadi populer. Sop buntut dibuat dari daging sapi yang sudah lebih dulu dibakar dan dicampur dengan sop khusus yang telah diberi bumbu. Sekarang ini, banyak orang yang mengkonsumsi sop buntut bisa bersamaan dengan nasi putih, acar, jeruk nipis, dan tambahan sambal.

7. Rawon

Rawon

Jangan takut dulu melihat warna makanan ini yang hitam pekat. Warna hitam dari rawon berasal dari salah satu buah yang bernama buah keluak yang merupakan buah asli dari wilayah Asia Tenggara. Buah keluak memiliki warna hitam dan memiliki rasa yang cukup pedas. Rawon menggunakan bahan-bahan seperti daging sapi, bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit.

Satu varian terbaru dari rawon dapat ditemukan bila kalian berkunjung ke kota Surabaya. Disana kalian bisa menemukan variasi rawon yang disebut dengan rawon setan. Perlu kalian ketahui bahwa nasi rawon adalah makanan khas dari daerah Jawa Timur. Biasa orang menikmati rawon bersamaan dengan nasi. Rasa pedas dari rawon disebabkan oleh buah keluak.

6. Gado-Gado

Gado-Gado

Siapa bilang makanan sehat itu tidak enak? Pasti orang itu belum pernah mencoba yang namanya lotek atau yang lebih populer dengan nama gado-gado. Nama gado-gado diidentik dengan kata campur-campur. Nama tersebut terlihat sesuai dengan apa yang ada di gado-gado. Kota yang paling sering dihubungkan dengan gado-gado adalah Jakarta..

Gado-gado merupakan makanan lezat sekaligus sehat ala Indonesia. Gado-gado terdiri dari sayur-sayuran seperti kacang panjang, bayam, jagung, toge, timun, tempe, kentang, dan telur. Semua bahan makanan tersebut dicampur dalam satu piring yang kemudian diguyur dengan saus kacang. Tidak jarang orang akan menambahkan kerupuk sebagai pelengkap.

5. Soto

Soto

Soto merupakan makanan berkuah yang biasa disajikan dengan kaldu ayam gurih yang telah diberi kunyit. Kunyit inilah yang mengakibatkan kuah soto berwarna kuning. Untuk semakin menambah kenikmatan soto, ditambahkan lagi daging ayam yang sudah dipotong-potong, telur rebus, nasi dan bawang merah. Meski lebih nikmat apabila dikonsumsi bersama dengan nasi, ada pula orang yang lebih memilih mengkonsumsi soto dengan bihun. Daging yang digunakan juga tidak terbatas dengan daging ayam saja. Kalian juga bisa menggantinya dengan daging sapi atau kambing.

Soto terkenal memiliki rasa yang manis dan kental. Bagi kalian yang ingin mencoba berbagai variasi dari soto, kalian bisa mencobanya dengan berkeliling ke beberapa daerah di luar Jakarta karena disana biasanya memiliki gaya soto yang berbeda. Contohnya seperti soto Kudus di Jawa Tengah, coto Makassar di Sulawei, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Tidak hanya populer di Indonesia, nasi goreng juga cukup populer di wilayah Asia Tenggara. Asal usul mengenai makanan ini juga masih simpang siur. Ada yang mengatakan bahwa nasi goreng berasal dari Indonesia dan ada pula yang mengtakan bahwa nasi goreng merupakan makanan asli dari Cina. Namun satu hal yang pasti adalah nasi goreng di tiap negara memiliki keunikan yang berbeda, begitupula dengan Indonesia.

Sesuai dengan namanya, cara membuat nasi goreng adalah dengan menggoreng nasi putih yang telah diberi bumbu tambahan seperti kecap manis, garam, merica, saus tiram, dan ditambah dengan telur dadar. Sebagai pelengkap, ada juga beberapa orang yang menambahkan acar dan kerupuk pada nasi goreng.

3. Rendang

Rendang

Ayo coba tebak makanan apakah ini? Makanan ini adalah makanan khas Padang yang bernama rendang. Meski lezat, ternyata membuat rendang tidaklah mudah. Butuh waktu dan juga banyak latihan untuk bisa mengolah rendang menjadi makanan yang lezat. Karena berasal dari Padang yang terkenal akan makanannya yang pedas, rendang ini juga memiliki rasa pedas yang cukup nendang di mulut.

Bahan utama untuk membuat rendang adalah dading sapi. Rendang yang nikmat adalah rendang yang mudah untuk dikunyah. Tidak hanya harus empuk, daging sapi juga harus ditambah dengan rasa pedas barulah bisa disebut sebagai rendang. Apabila ada perayaan yang penting, daging rendang biasanya akan disimpan sampai kering. Daging rendang yang telah kering katanya akan jauh terasa lebih enak.

2. Sate

Sate

Rasanya kurang lengkap apabila dalam daftar ini tidak memasukan nama sate. Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang dimasak dengan cara menusukan lidi pada daging kemudian dibakar dengan menggunakan arang. Daging yang digunakan untuk sate biasanya bermacam-macam. Ada yang menggunakan daging ayam, kambing, kelinci, bahkan domba.

Di Indonesia, sate merupakan makanan tradisional yang sudah terkenal sejak lama. Pada mulanya, sate diperkenalkan pada Indonesia oleh para pedagang dari Arab. Sate bisa dikonsumsi langsung setelah dibakar. Namun sebagain orang ada yang berpendapat bahwa sate akan terasa lebih lezat apabila dimakan bersamaan dengan nasi atau ketupat.

1. Sambal Terasi

Sambal terasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Indonesia terkenal akan makanannya yang pedas. Dan salah satu makanan pedasnya yang terkenal adalah sambal terasi. Sambal terasi ini bisa dijadikan pelengkap di setiap makanan. Saking nikmatnya sambal terasi membuat banyak orang yang beranggapan bahwa makan tidaklah lengkap apabila tidak ada sambal terasi.

Karena dikenal dengan makanan pedas, banyak restoran yang adu balap menampilkan sambal terbaik. Biasanya orang makan sambal terasi bersamaan dengan makanan lain seperti lalapan, tempe goreng, ayam goreng, dan juga ikan goreng. Masing-masing orang atau restoran biasanya memiliki standar tersendiri untuk menciptakan sambal terasi. Banyaknya pilihan tersebut tentunya membuat kita menjadi tambah penasaran untuk mencoba sambal terasi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas