home -> Unik -> 10 Hewan Termalas Di Dunia
21 September 2018 02:11

10 Hewan Termalas Di Dunia

Oleh reagan dalam Unik pada September 09, 2016

Sifat malas ternyata bukan hanya dimiliki oleh manusia saja. Ternyata ada sejumlah hewan di dunia yang juga memiliki sifat malas. Memang hewan ini terlihat lucu dan menggemaskan, tapi karena sifatnya yang luar biasa malas, hewan ini dijuluki sebagai hewan termalas yang ada di dunia. Hewan apa saja yang memiliki sifat malas paling luar biasa di dunia? Simak artikel berikut ini.

10. Panda

Panda

Tidak mungkin rasanya apabila ada orang yang tidak suka dengan panda. Panda besar atau beruang panda adalah hewan terkenal yang berasal dari Cina. Panda terkenal dengan warna tubuhnya yang unik. Mata, telinga, dan tubuhnya terdapat corak warna hitam. Di Cina, hewan ini termasuk salah satu hewan yang dilindungi.

Meski lucu, ternyata panda termasuk hewan yang pemalas. Tiap harinya, seekor panda bisa menghabiskan waktu 10 jam untuk tidur. Hanya 2 kegiatan yang bisa panda lakukan yaitu makan dan tidur. Setelah seharian makan bambu, panda biasanya akan memanjat pohon kesukaannya lalu beristirahat disana.

9. Spiny Anteater

Spiny Anteater

Mamalia dengan bentuk tubuh aneh ini bernama spiny anteaters atau yang bisa disebut juga dengan nama echidna. Bersama dengan platypus, 2 hewan ini menjadi hewan mamalia bertelur yang masih hidup di dunia. Spiny anteater hanya memiliki 2 menu makanan yaitu semut dan rayap, mereka biasa hidup di daerah Australia dan Papua Nugini.

Tergolong hewan kecil yang lambat, spiny anteater juga dikenal sebagai salah satu hewan termalas di dunia. Bayangkan saja sendiri, hewan kecil ini ternyata menghabiskan 12 jam per hari untuk tidur. Spiny anteater juga diketahui membenci yang namanya sinar matahari. Mungkin ini adalah salah satu penyebab kenapa mamalia kecil ini suka sekali tidur.

8. Tupai

Squirrel

Tidak ada yang menyangka bahwa hewna kecil dan lincah ini ternyata bisa masuk ke dalam daftar hewan termalas di dunia. Kebiasaan tidur tupai ternyata dipengaruhi oleh makanan yang ia konsumsi. Tupai biasanya makan makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, dan lemak.

Selama tidurnya, seekor tupai akan tidur di dalam sarang yang ia bangun dari bahan ranting, daun, dan bahan lembut lainnya yang bisa ia temukan. Diketahui bahwa seekor tupai bisa tidur selama 14 jam per hari. 

7. Lemur

Lemur

Lemur merupakan salah satu hewan primata dari kepulauan Madagaskar yang berhasil bereveolusi hingga memiliki bentuk yang seperti sekarang ini. Nama lemur merupakan nama yang berasal dari mitologi Roma kuno yang memiliki arti hantu atau roh halus. Kenapa dinamakan lemur? Hal tersebut disebabkan karena lemur aktif di malam hari atau biasa yang disebut hewan nocturnal.

Bisa dibilang bahwa lemur merupakan hewan yang unik. Di saat siang, lemur biasa ditemukan hidup sendiri, jauh dari kelompoknya. Tapi ketika malam tiba, mereka akan berkumpul dan tidur dalam kelompok. Sangat mengejutkan apabila kalian tahu berapa lama waktu yang dihabiskan lemur untuk tidur. Lemur diketahui tidur 16 jam per hari.

6. Owl Monkey

Owl Monkey

Owl monkey atau night monkey memang cocok apabila dimasukan dalam daftar hewan termalas di dunia. Dikenal sebagai hewan nocturnal atau hewan yang aktif di malam hari, owl monkey ternyata bisa tidur selama 17 jam per hari. Sebagian waktu tidurnya tersebut biasa dilakukan di siang hari. Tidak heran jika di malam hari, owl monkey terlihat sangat aktif.

Owl monkey merupakan hewan asli dari Panama, namun banyak juga ditemukan di daerah iklim tropis di Amerika Selatan. Keunikan hewan ini bukan karena hobi tidurnya, owl monkey ternyata memiliki kekebalan terhadap penyakit malaria. Karena jarang terserang penyakit malaria, hewan ini dijadikan kelinci percobaan dalam menemukan obat malaria.

5. Opossum

Opossum

Opossum atau possum masih masuk golongan hewan mamalia berkantung. Adalah hewan asli yang berasal dari Amerika Selatan. Dengan menu diet yang fleksibel dan kemampuan berkembang biak yang sangat baik, opossum sukses membuat koloni besar yang tersebar di berbagai daerah. Opossum juga bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Opossum pada normalnya tidur selama 18 sampai 20 jam per hari. Ini membuat opossum masuk dalam daftar hewan termalas di dunia. Tidak cuma malas, opossum juga termasuk hewan yang lamban dalam bergerak. Jika jumlah makanan semakin menipis, opossum biasanya akan menyimpan makanan di dalam sarangnya sebagai cadangan makanan.

4. Armadillo

Armadillo

Memiliki tubuh yang tebal layaknya tameng, mamalia ini memiliki rata-rata panjang tubuh 75 cm. Namun armadillo diketahui masih bisa bertumbuh hingga panjang mencapai 150 cm dengan berat mencapai 54 kg. Armadillo termasuk hewan asli dari negara Amerika dengan menu makanan berupa serangga, belatung, dan hewan tak bertulang belakang kecil lainnya.

Paling sering terlihat aktif di sore hari, armadillo ternyata memiliki durasi tidur yang cukup lama yakni 18 sampai 19 jam per hari. Lama tidur 18 sampai 19 jam tersebut membuat armadillo menghabiskan hampir sebagian besar harinya dengan bermalas-malasan. Para peneliti masih melakukan penelitian kenapa hewan ini bisa begitu malas. Mungkin karena armadillo terlahir dengan sifat malas.

3. Kelelawar Coklat

Brown Bat

Kelelawar coklat menjadi bahan pembelajaran para peneliti untuk membuka lebih banyak ilmu pengetahuan dari dunia kelelawar. Kelelawar coklat ini juga merupakan jenis kelelawar paling banyak ditemukan di Amerika Utara. 

Kira-kira apa yang akan terjadi pada manusia apabila terlalu banyak tidur? Tubuh pasti terasa pegal-pegal. Kelelawar coklat ini diketahui dapat tidur selama 20 jam per harinya. Jika manusia yang tidur selama itu dipastikan bukan segar yang didapat tapi tubuh yang pegal. Tidak hanya memiliki durasi tidur yang sangat lama, kelelawar coklat juga akan berhibernasi kira-kira setengan tahun apabila stok makanan sudah mulai menipis.

2. Sloth

Sloth

Tidak jauh berbeda dengan kelelawar coklat, sloth juga tidur selama 20 jam per hari, membuat hewan ini menjadi salah satu hewan termalas di dunia. Saking malasnya, sloth lebih memilih untuk menghabiskan waktunya bergantungan di pohon yang menjadi kesukaannya. Dari, tidur, makan, bahkan melahirkan, semua dilakukannya di atas pohon.

Selain malas, sloth dikenal juga sebagai hewan yang sangat lamban. Kelambanan mereka juga mempengaruhi sistem metabolisme tubuh mereka. Hanya dalam keadaan darurat seperti ancaman dari predator saja maka barulah sloth akan menunjukkan kecepatan mereka yang sebenarnya.

1. Koala

Koala

Ok, tiba saatnya di urutan pertama hewan termalas di dunia. Predikat tersebut dipegang oleh hewan asli Australia yaitu koala. Hewan lucu berbulu yang senang memakan daun ini dijuluki hewna termalas dikarenakan ia memiliki durasi tidur yang sangat lama yakni 18 sampai 22 jam per hari.

Daun eucalyptus adalah makanan favorit dari koala. Bayangkan jika ada orang yang tidur setelah memakan burger ditambah dengan kentang goreng, hal itulah yang dilakukan oleh koala. Setelah dirasa cukup memakan daun eucalyptus, maka koala akan langsung tidur. Hampir 80% dari hidup koala dihabiskan di dunia mimpi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas