home -> Lainnya -> Efek Samping Dari Kurang Tidur
03 September 2014 01:46

Efek Samping Dari Kurang Tidur

Oleh admin dalam Lainnya pada April 09, 2013

Pada titik tertentu, kita tentu pernah merasakan kurang tidur di malam hari karena berbagai alasan, dan tentunya hal tersebut akan membuat kita mengantuk dan lelah. Rasa ngantuk dan lelah memang sudah hal yang pasti. Tapi tahukah Anda kalau kurang tidur juga bisa menyebabkan naiknya berat badan dan hal-hal negatif lainnya?

PENYEBAB KURANG TIDUR

sebab kurang tidur

Kurang tidur ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai alasan yang berbeda-beda. Tetapi kebanyakan orang merasakan kurang tidur karena kurangnya waktu tidur yang disebabkan stres, diet tidak teratur, lingkungan tidur yang tidak mendukung serta alasan medis. Biasanya sesudah hal-hal ini dilewati, maka kemampuan untuk tidur nyenyak-pun akan kembali. Kurang tidur-pun dapat disebabkan oleh efek emosional seperti trauma, stres, ketakutan dan depresi.

EFEK SAMPING KURANG TIDUR

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kurang tidur memang sudah pasti memberikan dampak-dampak tertentu terhadap tubuh kita, baik itu secara fisik maupun emosional. Jadi apa saja efek sampingnya?

  • EFEK FISIKAL

efek fisikal kurang tidur

Kurang tidur yang berlanjut secara terus menerus akan memberikan efek negatif akan bagaimana tubuh kita melakukan kinerjanya sehari-hari. Mereka yang merasakan hal ini akan merasa ngantuk atau lelah. Kemampuan untuk berkonsentrasi atau fokus pada suatu hal akan berkurang. Lebih buruknya lagi, ketahanan tubuh akan menurun yang dimana akan menyebabkan datangnya penyakit-enyakit lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

  • MENAIKKAN BERAT BADAN

kurang tidur naikkan berat badan

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa kurang tidur yang berarti tidur malam akan berakibat dapat menaikkan berat badan Anda. Hal ini disebabkan karena Anda akan lebih cepat lapar dan tergoda untuk memakan sesuatu. Pada saat Anda tidak tidur, metabolisme tubuh akan  lebih tinggi dan hal itu akan membuat Anda cepat lapar. Walaupun metabolisme tubuh Anda tinggi, Anda tidak menjadi lebih kurus karena Anda akan tergoda untuk mencari makanan.

  • MEMPERBURUK KINERJA TUBUH

memperburuk kinerja tubuh

Anda mungkin tahu bahwa kurang tidur akan memberikan Anda rasa lelah dan kurangnya daya tahan tubuh. Tetapi pada kenyataanya, kurang tidur dapat menyebabkan dampak negatif yang lebih buruk daripada yang Anda bayangkan.

Kita bergantung pada tubuh kita untuk secara kontan menghasilkan protein yang dibutuhkan untuk menggantikan beban yang telah dilakukan jaringan di dalam tubuh kita. Tetapi pada saat kita kurang tidur, hal ini akan menyebabkan berbagai dampak kepada metabolisme, radang, daya tahan dan stres. Tentunya hal itu akan menyebabkan tubuh kita kurang efektif dalam menghasilkan protein.

  • EFEK EMOSIONAL

efek emosional

Kurang tidur tidak hanya memberikan beban bagi diri Anda secara fisikal, tetapi juga emosional. Penelitian membuktikkan bahwa kurang tidur selama beberapa malam akan menjadikan Anda seseorang yang sensitif dan gampang marah. Anda akan lebih mementingkan diri Anda dibandingkan orang sekitar Anda dan relasi-pun menjadi lebih buruk. Bahkan jika hal ini diteruskan, Anda akan beralih ke obat tidur secara terus menerus.

  • MEMPERBURUK KEHIDUPAN PERCINTAAN

memperburuk kehidupan cinta

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kurang tidur akan menjadikan Anda seseorang yang lebih mementingkan diri Anda, dan Anda-pun menjadi sangat sensitif. Penelitian lain membuktikan pasangan kekasih yang telah menikah akan kurang menghargai pasangannya jika ia kurang tidur. Mereka akan kehilangan gairah akan bercinta karena terlalu lelah.

BAGAIMANA MENYEMBUHKANNYA?

Sama seperti penyebab dari kurang tidur, untuk mengurangi rasa kurang tidur ini, ada berbagai cara untuk menyembuhkannya.

  • Siapkan tubuh Anda untuk tidur dengan menghindari minuman berkafein seperti teh atau kopi.
  • Jangan berolahraga keras sebelum tidur, lebih baik lakukan relaksasi atau mandi air hangat.
  • Tidurlah pada saat Anda mengantuk, jangan paksakan diri Anda sampai batas jam tidur yang telah ditentukan.
  • Buatlah lingkungan yang mendukung kondisi untuk tidur

Jika hal-hal di atas masih tidak bisa membantu Anda untuk tidur, mungkin Anda harus menemui dokter atau psikolog untuk mengetahui masalah sebenarnya dari kurang tidur Anda dan bagaimana menyembuhkannya. Hal ini disebabkan karena kurang tidur juga dapat disebabkan oleh efek psikologis seperti trauma dan depresi.

--

Selain dari kabar buruk yang disampaikan di atas, ada kabar baik terkait hal ini. Jika Anda sudah tidur secara teratur selama satu minggu, maka efek-efek seperti jaringan tubuh, rasa lelah dan efek emosional akan mulai hilang. Tapi baikkah bagi tubuh Anda jika Anda melakukan hal ini secara terus menerus?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Lainnya
  2. 2
    oleh admin dalam Lainnya
  3. 3
    oleh admin dalam Lainnya
  4. 4
    oleh admin dalam Lainnya
  5. 5
    oleh admin dalam Lainnya
  6. 6
    oleh admin dalam Lainnya
  7. 7
    oleh admin dalam Lainnya
  8. 8
    oleh admin dalam Lainnya
  9. 9
    oleh admin dalam Lainnya
  10. 10
    oleh admin dalam Lainnya
  1. 1
    oleh admin dalam Lainnya
  2. 2
    oleh admin dalam Lainnya
  3. 3
    oleh admin dalam Lainnya
  4. 4
    oleh admin dalam Lainnya
  5. 5
    oleh admin dalam Lainnya
  6. 6
    oleh admin dalam Lainnya
  7. 7
    oleh admin dalam Lainnya
  8. 8
    oleh admin dalam Lainnya
  9. 9
    oleh admin dalam Lainnya
  10. 10
    oleh admin dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas