home -> Lainnya -> 10 Orang Terkaya Di Indonesia 2016
19 September 2018 02:40

10 Orang Terkaya Di Indonesia 2016

Oleh reagan dalam Lainnya pada September 06, 2016

Bicara mengenai orang kaya, di Indonesia juga ada sejumlah orang yang memiliki jumlah kekayaan yang sangat besar. Dengan total kekayaan yang bisa mencapai angka miliaran tersebut berhasil membuat mereka menjadi orang terkaya di Indonesia. Di tahun 2016 ini, Tahupedia kembali merilis orang-orang dengan jumlah kekayaan paling besar yang ada di Indonesia. Siapa saja mereka? Yuk kita tengok artikel berikut ini. 

10. Tahir

Tahir

Pria bernama asli Dato Sri Tahir ini merupakan pria kelahiran Surabaya 26 Maret 1952. Dirinya adalah seorag pengusaha sukses, investor, filantropis, dan juga pendiri dari Mayapada Group. Usaha yang digeluti oleh Tahir meliputi perbankan, media cetak, tv berbayar, properti, rumah sakit, serta rantai toko bebas pajak.

Memiliki banyak usaha seperti yang disebutkan di atas membuat Tahir mendapatkan penghasilan yang bisa membuat banyak orang tergiur. Sekitar 2 miliar USD total keuangan yang dimiliki oleh Tahir. Kekayaan sebanyak itu berhasil membuat dirinya menjadi orang terkaya ke-10 di Indonesia. 

9. Mochtar Riady

Mochtar Riady

Apakah kalian tahu siapa orang kaya yang menjadi pemilik Lippo Group? Orang tersebut adalah Mochtar Riady. Lippo Group kini dikelola oleh anaknya yang bernama James. Sedangkan yang di Singapura dikelola oleh Stephen. Di usianya yang sudah tidak terbilang muda, Mochtar Riady memiliki pundi-pundi uang yang cukup besar. Riady diketahui memiliki kekayaan sebanyak 2,2 miliar USD.

Mochtar Riady memiliki cucu yang bernama John. Cucunya ini diberikan posisi sebagai pemimpin dari sebuah perusahaan e-commerce dengan jumlah investasi yang sangat besar yaitu 500 juta USD di Matahari Mall. John memiliki sebuah keinginan yaitu menjadikan Matahari Mall yang dikelolanya bisa seperti Alibaba.

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan

PT Kalbe Farma telah dikenal di Indonesia sebagai salah satu perusahaan besar yang bergerak dalam bidang farmasi. Kalbe Farma yang telah berkembang menjadi Grup Kalbe ini telah berkembang ke beberapa lini antara lain farmasi, makanan kesehatan, bisnis pengepakan, distribusi, pergudangan, sarana riset modern, pendidikan, dan rumah sakit. Orang yang mendirikan PT Kalbe Farma tersebut adalah seorang pengusaha asal Indonesia bernama Dr Boenjamin Setiawan.

Meski sempat mengalami masalah dengan ditariknya sejumlah produk buatannya, Kalbe Farma masih tetap menjadi perusahaan besar yang dipercayai untuk bergerak dalam bidang farmasi. Dengan total kekayaan yang mencapai 3 miliar USD, Boenjamin Setiawan termasuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2016.

7. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim

Bergerak dalam usaha minyak sawit, Bachtiar Karim beserta saudaranya menjadi pimpinan utama dari perusahaan Musim Mas Group. Bachtiar Karim yang merupakan anak tertua dari 4 bersaudara ini bergabung dengan perusahaan minyak sawit ayahnya pada tahun 1981. Usaha minyak sawit tentunya menghasilkan penghasilan yang cukup besar. Terbukti dari total kekayaannya yang mencapai 3,3 miliar USD.

Perusahaan minyak sawit yang dipimpin oleh Bachtiar Karim tergabung dalam Indonesian Palm Oil Pledge. Bergabung dengan Indonesian Palm Oil bertujuan untuk mengurangi jumlah penggundulan hutan akibat eksploitasi sawit. Kerja samanya dengan perusahaan minyak sawit dari Malaysia pada tahun 2015 menghasilkan peningkatan pendapatan untuk Musim Mas Group.

6. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia

Meski berasal dari luar negeri tapi Indonesia cukup terbuka apabila ada pengusaha asing yang berniat membuka perusahaan disini. Pengusaha tersebut merupakan pria asal India bernama Sri Prakash Lohia. Sri Prakash Lohia adalah ketua Indorama Corporation yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil.

Indorama Corpration ini adalah perusahaan yang sudah dimiliki oleh keluarga Sri Prakash Lohia sejak turun temurun. Didirikan bersama ayahnya, kini hampir semua kegiatan perusahaan diawasi oleh anaknya yang bernama Amit. Namun Sri Prakash Lohia tetap berperan sebagai pemimpin perusahaan. Kekayaan yang dimiliki oleh Sri Prakash Lohia mencapai angka 5,1 miliar USD.

5. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Perusahaan yang didirikan Chairul Tanjung bergerak dalam banyak bidang bisnis namun sebagian besar bergerak dalam bidang banking, media, gaya hidup, entertainment, dan perkebunan. Perlu diketahui juga bahwa Chairul Tanjung pernah menjabat sebagai menko perekonomian pada tahun 2014 sampai 2014 menggantikan Hatta Rajasa.

Perusahaan yang didirikan oleh Chairul Tanjung yaitu CT Corp membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources. Dengan total kekayaan mencapai 5 miliar USD, tidak heran jika Chairul Tanjung tahun ini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

4. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Indonesia membuka peluang bagi sejumlah pengusaha asing yang ingin membangun perusahaan disini. Jika sebelumnya sudah ada Sri Prakash Lohia, kini ada pula pengusaha sukses yang berasal dari Tiongkok bernama Eka Tjipta Widjaja.

Eka Tjipta Widjaja adalah seorang pengusaha sekaligus pendiri dari Sinar Mas. Dialah yang menjadi orang kaya pertama di Indonesia menurut majalah Globe Asia edisi Desember 2012. Saat itu kekayaannya tercatat mencapai 8,7 miliar USD. Pada tahun 2016, kekayaan milik Eka Tjipta Widjaja mencapai nilai 5,3 miliar USD.

3. Anthoni Salim

Anthoni Salim

Bergerak dalam bidang telekomunikasi, retail, properti, dan banking membuat perusahaan Salim Group menjadi salah satu perusahaan yang cukup sukses di Indonesia. Dengan pendirinya bernama Anthoni Salim, dirinya menjadi orang terkaya ketiga di Indonesia dengan total kekayaan mencapai 5,4 miliar USD.

Salim Group memiliki saham sebesar 34% dari Filipino Sugar Miller Roxas, sebuah perusahaan gula yang ada di Filipina. Salim Group juga ada ambil bagian dalam pengambilalihan Goodman Fielder, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan di Australia dan Selandia Baru.

2. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo

Industri rokok menjadi salah satu industri yang tumbuh subur di Indonesia. Salah satu perusahaan rokok besar yang ada di Indonesia adalah Gudang Garam. Perusahaan ini dikelola oleh pengusaha asal Indonesia bernama Susilo Wonowidjojo. Susilo Wonowidjojo adalah anak ketika dari Surya Wonowidjojo.

Di tahun 2016, kekayaan Susilo Wonowidjojo yang mencapai angka 5,5 miliar USD berhasil membuat dirinya duduk di peringkat kedua sebagai orang terkaya di Indonesia. Sebelum dipimpin oleh Susilo Wonowidjojo, Gudang Garam dipimpin oleh kakaknya yang bernama Rahman Halim yang meninggal pada tahun 2000.

1. Keluarga Hartono

Keluarga Hartono

Dengan kekayaan yang mencapai 15,4 miliar USD, keluarga Hartono secara sukses mengalahkan 9 orang yang telah dijelaskan sebelumnya dan menjadi orang terkaya di Indonesia tahun 2016. Sumber kekayaan yang dimiliki oleh keluarga Hartono berawal dari usaha tembakau. Perusahaan rokok kretek Djarum adalah perusahaan rokok yang dibangun oleh keluarga Hartono.

Sudah selama 7 tahun berturut-turut posisi orang terkaya di Indonesia tidak lepas dari keluarga Hartono. Tidak hanya sukses dari Djarum, keluarga Hartono dikabarkan juga memiliki sejumlah saham di Bank Central Asia atau BCA. Salah satu anak dari keluarga Hartono yaitu Budi Hartono sekarang telah menjadi seorang COO. Saudaranya yang bernama Martin Hartono menjalankan bisnis startup seperti fan club online bernama Kincir.com.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas