home -> Kepribadian -> 10 Alasan Kenapa Orang Masih Single
26 Maret 2017 08:32

10 Alasan Kenapa Orang Masih Single

Oleh reagan dalam Kepribadian pada September 02, 2016

Kita sudah tahu bahwa jodoh itu sudah diatur oleh Tuhan, jadi menikah bukanlah suatu hal yang harus dikhawatirkan atau terlalu terburu-buru dalam mencari pasangan. Jika kita melihat sekeliling, selalu saja ada orang yang menurut kita sudah pantas untuk berkeluarga tapi masih tetap memilih untuk hidup sendiri atau single. Kita tentunya menjadi bertanya-tanya kenapa orang tersebut masih mempertahankan status singlenya. Berikut ini ada 10 alasan yang membuat kenapa orang masih berstatus single.

10. Memiliki Standar Tinggi

high standard

Setiap orang tentunya memiliki kategori pasangan. Misalnya seorang pria menginginkan kekasih yang tinggi, putih, rambut panjang layaknya model. Atau wanita yang mengimpikan kekasih yang tinggi berbadan kekar, dan tampan. Memiliki standar akan suatu hal memang bagus tapi jangan sampai karena standar yang terlalu tinggi malah membuat kamu single dalam waktu yang lama.

Seseorang harus mengukur dirinya sendiri apakah dirinya memang pantas dan mampu mendapat pasangan dengan standar yang tinggi. Jika tidak, buat apa memaksakan diri untuk mencari pasangan tersebut. Yang perlu diingat adalah mencari pasangan yang mau dengan Anda karena apa adanya, bukan karena ada apanya.

9. Masalah Keluarga

family problems

Ada banyak alasan kenapa orang masih betah dalam status single. Jika ada orang yang single lama karena memiliki standar yang tinggi dalam mencari pasangan, kali ini ada pula orang yang single karena memiliki masalah dalam keluarganya. 

Akan ada banyak alasan kenapa masalah keluarga bisa menjadi alasan seseorang menjadi single. Bisa saja keluarganya tersebut tidak mencerminkan kehidupan rumah tangga yang sesuai dengan harapan sang anak sehingga membuat anak merasa enggan untuk mencari pasangan hidup. Perlu diketahui bahwa sebenarnya peran keluarga sebenarnya sangat penting bagaimana mendorong sang anak untuk memulai hidup berumah tangga.

8. Terlalu Sibuk

busy

Sudah seharusnya orang yang berumur untuk segera menikah dan membangun rumah tangga bersama pasangan. Lalu kenapa masih saja kita melihat orang yang sudah berusia matang tapi masih saja sendiri? Coba kamu perhatikan orang tersebut. Jika orang tersebut sangat sibuk, bisa jadi itulah yang membuat dirinya tidak memiliki pasangan.

Kehidupan diri yang super sibuk bisa membuat seseorang lupa untuk mencari pasangan. Mencari pasangan hidup diperlukan usaha dan waktu. Jika seseorang terlalu sibuk dengan kehidupannya, bagaimana mungkin orang tersebut bisa berhasil menemukan pasangan.

7. Tidak Percaya Diri

low self esteem

Ada orang yang sudah dewasa tapi masih tetap single? Jangan langsung mengejeknya, siapa tahu saja dirinya masih single dikarenakan tidak percaya diri. Orang seperti ini membutuhkan bantuan dari orang sekitar seperti keluarga dan sahabat untuk bisa memberanikan diri mencoba mencari pasangan.

Masalah tidak percaya diri ini bisa diakibatkan karena orang tersebut merasa bahwa dirina tersebut tidaklah bisa menjadi seorang kekasih yang baik. Bisa saja karena masalah fisik yang tidak sempurna atau bisa juga karena dirinya memiliki masalah keuangan. Dimana kita tahu bahwa sekarang ini banyak orang melihat orang dari fisik dan dompetnya saja.

6. Tidak Percaya Dengan Cinta

love

Pernah dikecewakan oleh seseorang yang pernah mengisi hati kita tentunya bisa menimbulkan luka yang dalam. Pengalaman pernah dikecewakan tersebut tentunya bisa membuat seseorang enggan untuk melepas status single dan mencari pasangan baru. Dirinya takut pengalaman sakit hatinya tersebut akan terulang.

Hati yang pernah terluka tersebut bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya lagi dengan yang namanya cinta. Ini bisa membuat orang menjadi menutup hati rapat-rapat dan tidak mau memberikan kesempatan bagi orang lain untuk bisa membuktikan bahwa dirinya pantas bagi orang tersebut.

5. Tidak Mau Berkomitmen

commitment

Ada orang yang sudah siap menikah di usia muda dan ada juga orang yang belum siap untuk melakukan komitmen tersebut. Menikah memang bukan masalah mudah yang bisa dilakukan begitu saja. Orang perlu yakin akan dirinya sendiri apakah dirinya memang siap untuk berkeluarga atau belum.

Ada beberapa alasan lagi kenapa seseorang enggan untuk berkomitmen. Mungkin dirinya masih belum merasa siap secara mental atau juga memang dirinya benar-benar enggan untuk berkomitmen karena memang pernah mengalami patah hati yang mendalam seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Terikat Dengan Teman

friends

Teman memang sedikit banyak bisa mempengaruhi seseorang untuk segera cepat menikah dan punya anak. Tentu akan sangat aneh apabila melihat teman seperjuangan sudah banyak yang menikah tapi kamu sendiri masih saja betah mempertahankan status single.

Ada teman yang bisa mendorong kamu untuk menikah, ada juga teman yang bisa mendorongmu untuk tetap hidup sendiri. Hubungan dengan teman yang terlalu dekat bisa membuat kamu lupa betapa pentingnya menikah. Apalagi jika kamu menghabiskan waktu bersenang-senang dengan teman yang juga masih single. Kamu akan merasa bahwa hidup bersama teman yang seperti itulah yang lebih ingin kamu lakukan daripada hidup berumah tangga.

3. Masih Ingin Bekerja

workaholic

Masih ingin bekerja mencari uang adalah salah satu alasan kenapa seseorang masih betah berstatus single. Bagi perempuan, mungkin mereka merasa bahwa nanti jika sudah berumah tangga nanti akan sulit untuk bekerja. Pasti waktunya akan lebih fokus untuk mengurus suami, rumah, dan juga anak.

Berbeda dengan perempuan, bagi pria, mungkin mereka sadar bahwa biaya menikah dan hidup berumah tangga itu tidaklah kecil. Jadi mereka dengan giat bekerja mencari uang demi bisa membiayai biaya pernikahan dan untuk bisa hidup berumah tangga. 

2. Masih Ingin Bebas

freedom

Siapa disini yang tidak ingin hidup bebas? Semua pasti menginginkan hidup bebas tanpa tekanan dari siapapun. Alasan inilah yang membuat kenapa seseorang tidak mau mencari pasangan hidup. Hidup berumah tangga butuh komitmen yang tinggi, bahkan dari pacaranpun juga membutuhkan komitmen.

Berani memutuskan untuk hidup berumah tangga harus siap sejumlah kebebasan yang bisa kamu lakukan saat masih berstatus single. Orang yang masih betah sendiri sadar bahwa dirinya nanti tidak bisa hidup sebebas yang diinginkan. Maka dari itu mereka masih ingin bersenang-senang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk hidup berumah tangga.

1. Masih Belum Menemukan Pasangan Yang Tepat

searching

Dari 9 alasan yang telah disbeutkan di atas, alasan paling klasik yang sering digunakan oleh banyak orang untuk menjelaskan kenapa masih sendiri di usia yang sudah tua adalah karena masih belum menemukan pasangan yang tepat. Atau sebenarnya mereka sebenarnya sudah menemukan pasangan yang tepat, hanya saja mereka kurang peka. Bagi kalian yang masih kurang peka, ini ada 10 tanda yang menandakan kamu sebenarnya sudah menemukan pasangan yang tepat.

Atau bisa saja kamu belum menemukan pasangan yang tepat karena kamu terlalu sibuk dengan hidup sendiri sehingga tidak punya waktu untuk mencari pasangan. Atau kamu terlalu sering mengidolakan artis yang tampan atau cantik sehingga kamu menaruh standar yang tinggi untuk pasanganmu.

 

Dari sekian banyak alasan kenapa seseorang masih single meski sudah mencapai usia yang matang, seharusnya orang lain tidak memiliki hak untuk menghakimi orang tersebut. Apapun alasannya, pilihan hidup orang tersebut sudah seharusnya kita hargai dan hormati.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh admin dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh raza dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh raza dalam Kepribadian
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh raza dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh admin dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh raza dalam Kepribadian
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas