home -> Lifestyle -> 10 Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Orang Kaya
24 November 2017 23:55

10 Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Orang Kaya

Oleh reagan dalam Lifestyle pada September 02, 2016

Menjadi orang sukses atau kaya tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu dan usaha yang tiada henti. Ada pelajaran berharga yang diberikan oleh para orang kaya tersebut. Lakukan semua hal tersebut, dijamin Anda bisa sukses juga seperti mereka. Berikut adalah 10 pelajaran yang bisa diambil dari orang orang kaya.

10. Pandai Dalam Memilih Teman

friends

Jika kamu ingin menjadi seperti orang kaya di dunia. Satu hal yang kamu perhatikan adalah lingkungan pergaulan. Cara memilih teman sangatlah berpengaruh dengan masa depan kalian. Sama seperti halnya yang diajarkan oleh orang tua bahwa kita harus berhati-hati dalam bergaul. Salah memilih teman justru bisa membawa petaka.

Orang kaya juga sangat mengerti akan hal tersebut. Oleh karena itulah mereka sangat berhati-hati dalam memilih teman. Biasanya mereka akan memilih orang-orang yang juga sama-sama kaya. Bukan berarti tidak mau bergaul dengan yang miskin, namun orang kaya bergaul dengan yang kaya sebagian besar alasannya adalah untuk bisnis. Orang kaya harus terus berpikir bagaimana perputaran uang yang baik agar dirinya tidak mengalami yang namanya kebangkrutan.

9. Murah Hati

generous

Saat kita kecil tentunya kita selalu diajarkan untuk selalu rendah hati dan tidak sombong. Pelajaran sederhana ini justru juga diajarkan oleh para orang kaya. Meski sudah menjadi orang sukses dan banyak duit, mereka tidak lupa diri. Mereka sadar bahwa kesombongan hanya akan menghancurkan diri mereka. Oleh karena itulah mereka tetap murah hati.

Contohnya saja orang terkaya di dunia tahun 2015, Bill Gates. Meski dirinya sudah sangat sukses, dirinya masih murah mati dan beberapa kali memberikan sumbangan pada orang yang membutuhkan. Sangat berbeda pada sejumlah orang kaya yang justru anti terhadap orang miskin.

8. Hemat

frugal

Banyak uang bisa membuat banyak orang lupa diri. Merasa dirinya sudah memiliki banyak uang, mereka jadi bebas melakukan apapun yang mereka lakukan. Mereka hidup berfoya-foya, jalan-jalan ke luar negeri, dan membeli barang-barang mahal. Mereka lupa satu hal bahwa hidup itu harus berhemat.

Roda kehidupan seseorang tidaklah selalu berada di atas. Akan ada saatnya roda berputar ke bawah. Apabila seseorang tidak pintar dalam mengatur keuangan, maka uang sebanyak apapun pasti akan habis. Orang kaya yang sadar akan hal itu maka mereka memutuskan untuk hidup hemat. Uang yang banyak justru dimanfaatkan untuk melakukan investasi daripada dihambur-hamburkan untuk suatu hal yang tidak jelas.

7. Selalu Belajar

learn

Hidup mengharuskan kita untuk terus belajar. Semakin berkembangnya jaman, akan selalu ada teknologi dan juga ilmu baru yang harus dipelajari. Manusia yang tidak mau belajar, pasti akan tertinggal dengan orang lain. Tidak heran kenapa ada kalimat yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia.

Terus belajar adalah salah satu kunci kenapa orang kaya bisa terus sukses. Mereka tahu apa yang harus dilakukan dengan uang mereka yang banyak. Mereka juga tidak pernah yang namanya gaptek atau gagap teknologi. Setiap ada teknologi atau ilmu baru yang muncul, mereka akan segera mempelajarinya.

6. Berani Ambil Resiko

risk

Demi menjadi orang sukses, kita harus pintar dalam melihat peluang dan juga berani mengambil resiko. Peluang untuk menjadi orang sukses selalu terbuka lebar, tinggal tergantung bagaimana kita dalam memanfaatkan peluang tersebut. Banyak orang yang mengatakan bahwa kesempatan bagus tidak mungkin datang 2 kali.

Karena tidak mungkin datang 2 kali, maka kita harus berani bergerak cepat dan mengambil resiko dalam memanfaatkan tiap peluang yang ada. Jangan pernah takut akan gagal, karena dari kegagalan tersebut kita bisa belajar kembali, kesalahan apa yang telah kita lakukan. Jika seseorang tidak berani mengambil resiko, maka orang tersebut akan sulit untuk sukses.

5. Pantang Menyerah

never give up

Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya dan kegagalan hanyalah sukses yang tertunda. Itulah kalimat yang selalu diucapkan oleh banyak orang. Jika seseorang langsung menyerah setelah mengalami kegagalan, bagaimana mungkin orang tersebut bisa sukses di masa mendatang? jangan pikir juga bahwa orang kaya tidak pernah mengalami kegagalan. Sebelum menjadi orang sukses, mereka pasti mengalami yang namanya kegagalan.

Biar didera banyak kegagalan, namun orang kaya bisa tetap sukses. Apa kuncinya? Kuncinya adalah dengan tidak mudah menyerah. Jika hanya 1 kegagalan saja sudah bisa membuatmu menyerah, bagaimana nanti menjalani suatu hal yang lebih besar? Bayangan kegagalan akan terus menghantui setiap manusia. Bagaimana cara mereka untuk tetap berjuang bangkit, itulah yang harus kita pelajari.

4. Bekerja Keras

kerja keras

Semua orang haruslah bekerja keras untuk meraih apa yang mereka inginkan. Tidak mungkin kita mau lulus sekolah apabila kita tidak belajar. Tentu saja nilai bagus tidak akan didapat begitu saja. Sama halnya dengan uang. Tidak mungkin kita menunggu di rumah sambil berharap turun hujan uang.

Salah hal yang bisa kita pelajari dari orang kaya di dunia adalah bagaimana mereka bekerja begitu keras untuk bisa menghasilkan uang. Sadar bahwa uang tidak mungkin jatuh dari langit, mereka berusaha untuk bekerja atau mencari peluang melalui investasi. Tentu saja kerja keras harus digabungkan dengan kesabaran.

3. Menghormati Waktu

time

Orang Indonesia sudah dikenal dengan kebiasaanya yang selalu ngaret. Dan jika sudah telat, segala macam alasan akan digunakan untuk membenarkan jam karetnya tersebut. Alasan yang paling sering digunakan adalah macet. Padahal kita sudah tahu bahwa Jakarta itu kota macet, tapi tetap saja orang-orang tersebut tidak berusaha untuk berangkat lebih awal.

Jika kalian bertemu dengan orang kaya, kalian akan sadar betapa hebatnya mereka dalam soal waktu. Orang kaya dikenal sangat menghargai waktu, waktu adalah uang bagi mereka. Tidak heran karena orang kaya biasanya memiliki jam yang super sibuk. Meski memiliki jam yang super sibuk, mereka masih tetap bisa menghargai waktu. Salah satu pelajaran yang harus kita teladani.

2. Fokus Dalam Satu Hal

fokus

Ada orang yang bisa fokus terhadap banyak hal, tapi ada juga yang tidak. Bukannya tidak bisa fokus dalam banyak hal, namun orang kaya biasanya akan benar-benar fokus terhadap suatu hal sampai tujuannya tercapai. Sikap fokus ini sangat bagus untuk kita tiru. Hal-hal yang bisa mengganggu kita, ada baiknya kita singkirkan untuk sementara.

Bisa dibilang bahwa fokus dalam satu hal juga bisa dipraktekan di dunia kerja. Sulit rasanya apabila kita mengerjakan suatu hal lalu ditambah dengan hal lain. Ketika dihadapkan oleh 2 pilihan, maka kita harus bisa membuat sebuah pilihan. Manakah yang lebih penting, maka itulah yang harus lebih difokuskan.

1. Tentukan Tujuan

Tujuan hidup

Setiap manusia yang hidup di dunia pasti memiliki tujuan, entah itu tujuan baik atau buruk. Manusia tanpa tujuan merupakan manusia yang tidak memiliki masa depan. Begitulah yang banyak orang katakan. Jika bertanya pada orang kaya, apakah mereka memiliki tujuan, mereka pasti bilang bahwa mereka memiliki tujuan.

Tujuan orang kaya pastinya adalah untuk terus sukses sepanjang hidupnya. Hanya cara dan perjalanan mencapai sukses itulah yang berbeda-beda. Maka dari itulah kita yang sebagai orang biasa harus bisa mencontoh cara sukses dari orang kaya. Dan itu semua diawali dengan menentukan tujuan hidup kita.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas