home -> Lainnya -> 10 Makanan Yang Tidak Boleh Diberikan Kepada Anjin...
17 Oktober 2018 21:53

10 Makanan Yang Tidak Boleh Diberikan Kepada Anjing

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 29, 2016

Ada makanan yang aman dikonsumsi oleh manusia tapi tidak bagi hewan khususnya hewan anjing. Anjing adalah sahabat terbaik bagi manusia, jika di rumah kamu memelihara anjing, pastinya kamu akan berhati-hati dalam memilih makanan untuk hewan kesayanganmu kan. Berikut ini ada 10 makanan yang tidak boleh kamu berikan pada anjing. Makanan apa saja yang tidak boleh diberikan pada anjing? Simak selengkapnya di bawah ini.

10. Daging Mentah

raw meat

Ketika kamu kecil, mungkin kamu sering menonton kartun dimana dalam kartun tersebut, anjing sangat senang diberi makan daging mentah. Dalam kartun tersebut, anjing terlihat sehat-sehat aja setelah makan daging mentah. Tapi kenyataannya, anjing tidak boleh dibiarkan mengkonsumsi daging mentah sembarangan.

Anjing memang senang memakan daging mentah, tapi daging mentah sebenarnya sama sekali tidak boleh dikasih pada anjing. Makanan apapun yang disajikan mentah, sangat rentan dengan yang namanya racun dan bakteri. Daging ikan seperti salmon bisa saja mengandung parasit atau bakteri yang berbahaya bagi anjing. Pastikan selalu memasak apapun sebelum diberikan pada anjing.

9. Kacang Macadamia

macadamia nuts

Anjing tidak boleh memakan kacang Macadamia atau makanan olahan apapun dari kacang tersebut. Ada resiko fatal yang bisa terjadi pada anjing jika sampai memakan kacang ini. Kacang Macadamia mengandung sejumlah bahan kimia yang masih belum diketahui sampai sekarang. Ada reaksi buruk jika sampai kacang ini sampai masuk ke pencernaan anjing.

Sejumlah dampak buruk dari tubuh bergetar, kesulitan berjalan, muntah-muntah, suhu tubuh naik, dan detak jantung bertambah. Mengkombinasi kacang Macadamia dengan coklat bisa membuat efek yang lebih buruk, kemungkinan besar anjing juga bisa kehilangan nyawanya.

8. Anggur dan Kismis

grapes and raisins

Anggur dan kismis adalah 2 makanan yang aman dikonsumsi oleh manusia. Tapi bagi anjing, 2 makanan ini bisa dibilang adalah racun yang mematikan. Namun ada beberapa orang yang masih belum tahu dampak buruk dari anggur dan kismis terhadap anjing. Jadi mereka terkadang memberikan 2 makanan ini sebagai makanan ringan bagi anjing.

Supaya kalian tahu, anggur dan kismis bisa mengakibatkan masalah pada ginjal anjing. Mungkin efek anggur dan kismis ada yang berbeda pada jenis anjing lain. Tidak cuma gagal ginjal, ada kemungkinan anjing mengalami muntah-muntah, diare, dan reaksi alergi. Anjing juga bisa mengalami dehidrasi dan nafsu makan yang tiba-tiba turun.

7. Minuman Berkafein

caffein

Siapa disini yang setiap pagi rutin meminum kopi? Kopi mengandung kafein yang bisa memberikan semacam energy booster untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Kopi juga menjadi sahabat sejumlah orang agar bisa tetap terjaga di malam hari. Terima kasih pada kafein yang bisa memberikan manfaat tersebut.

Bagus untuk manusia, tapi berbahaya bagi anjing. Kafein mengandung zat methylated xanthine. Zat ini bisa mengstimulasi sistem saraf pada anjing, menyebabkan munta-muntah, sulit tidur, detak jantung tidak teratur, bahkan kematian. Tidak hanya kopi saja yang mengandung kafein, minuman lain seperti teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi juga terdapat kandungan kafein yang mungkin lebih kecil. Sekecil apapun kandungan kafein dalam suatu makanan atau minuman tetap berakibat fatal bagi anjing.

6. Bawang Putih dan Bombay

garlic and onion

Bawang putih dan bombay adalah 2 macam bumbu dapur yang sudah tidak asing lagi di telinga. Dalam setiap masakan, banyak orang menggunakan 2 bahan ini sebagai penyedap makanan. Dan memang makanan yang dihasilkan akan terasa sangat lezat. Aman dikonsumsi oleh manusia, 2 jenis bawang ini sayangnya tidak aman bagi anjing kesayangan Anda.

Baik itu bawang putih atau bawang bombay, keduanya mengandung racun berbahaya bagi anjing. Bawang putih dan bawang bombay dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah anjing. Jika sudah demikian, anjing akan mengalami kesulitan berjalan. Transfusi darah adalah salah satu pilihan apabila kondisi anjing sudah parah.

5. Alkohol

alcohol

Kita tahu bahwa minum minuman beralkohol secara berlebihan tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Manusia memang punya kekebalan yang lebih kuat dibandingkan anjing dalam hal minum minuman beralkohol. Dan memang tiap manusia memiliki tingkat kekebalan berbeda terhadap alkohol. Tapi bagi anjing, biar itu hanya sedikit alkohol yang masuk ke dalam tubuh, dapat mengakibatkan efek yang fatal.

Bir, anggur, dan segala makanan serta minuman yang mengandung alkohol adalah makanan yang tabu bagi anjing. Memang alkohol bisa berdampak buruk bagi otak dan hati baik itu anjing maupun manusia. Tapi bagi anjing, alkohol bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti muntah, diare, gangguan sistem saraf, kesulitan bernapas, koma, dan terburuk adalah kematian. Semakin kecil ukuran anjing, efek yang didapat bisa semakin parah.

4. Keju

cheese

Keju memang lezat untuk dikonsumsi. Beruntungnya kita sebagai manusia tidak begitu memiliki masalah berarti bila mengkonsumsi jenis makanan satu ini. Tapi bagi kalian yang memiliki peliharaan anjing, jangan pernah sekali-kali kalian memberikan keju pada peliharaan kallian tersebut.

Keju bisa dibilang memiliki kesamaan dengan susu. Keduanya mengandung gula dan lemak yang tinggi. Anjing sayangnya tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk memecah gula dan lemak tersebut. Memakan keju dapat menyebabkan masalah pencernaan, muntah-muntah, dan diare.

3. Susu

milk

Mungkin kalian agak sedikit bingung kenapa susu berbahaya bagi anjing. Sama halnya seperti manusia yang tidak bisa mengkonsumsi susu karena memiliki alergi terhadap kandungan laktosa pada susu. Apalagi sudah disebutkan sebelumnya bahwa anjing tidak memiliki enzim untuk memecah laktosa.

Oleh karena itu anjing tidak boleh sembarangan mengkonsumsi susu. Anak anjing pun hanya boleh meminum susu dari  induknya. Hanya dalam keadaan terdesak saja barulah anjing akan diberikan susu yang rendah laktosa. Minum sembarangan susu bisa menyebabkan diare dan masalah pencernaan lain.

2. Coklat

chocolate

Coklat sudah dikenal lama memang tidak boleh diberikan pada anjing. Pemilik anjing yang baik tidak akan pernah meletakan coklat di sembarang tempat agar tidak termakan oleh anjing kesayangannya. 

Dalam coklat terkandung kafein dan theobromine yang keduanya termasuk dalam kategori racun untuk anjing. Jika sampai termakan oleh anjing, coklat akan menyebabkan anjing mengalami muntah-muntah, dehidrasi, sakit perut, tubuh bergetar, masalah detak jantung, suhu tubuh naik, kaku, dan paling parah adalah kematian.

1. Alpukat

avocado

Tidak perduli seberapa bagus manfaat yang terdapat pada alpukat, buah satu ini adalah buah terlarang bagi anjing. Bagi manusia, alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Tapi sayangnya buah alpukat malah memberikan efek sebaliknya pada anjing.

Buah, daun, dan biji dari alpukat tidak boleh dimakan oleh anjing sama sekali. Di dalam buah alpukat terkadung zat yang dinamakan persin. Zat ini aman bagi manusia tapi beracun untuk anjing. Mengkonsumsi alpukat dapat menyebabkan masalah pencernaan, kesulitan bernapas, dan munculnya cairan di dada.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas