home -> Lainnya -> 10 Pulau Paling Mematikan Di Dunia
22 Juni 2018 23:44

10 Pulau Paling Mematikan Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 19, 2016

Manusia tentunya ingin tinggal di tempat yang nyaman dan juga aman. Tidak ada seorangpun yang mau mempertaruhkan nyawanya untuk tinggal di suatu tempat terpencil dan ekstrim. Di dunia ini ada sejumlah pulau yang rasanya tidak mungkin ada orang yang mau tinggal dan bertahan hidup disana. Alasannya adalah karena pulau tersebut sangat tidak kondusif untuk dijadikan tempat tinggal, tidak hanya dihuni oleh binatang berbahaya, iklimnya juga sangat tidak mendukung. Inilah daftar 10 pulau paling mematikan di dunia.

10. Pulau Andaman

andaman island

Jangan mengira keindahan pulau ini berarti kalian bisa dengan nyaman dan tenang tinggal disana. Mungkin kalian tidak menyangka bahwa pulau Andaman ini sangatlah tidak ramah dan aman bagi orang asing. Apa alasannya pulau indah ini bisa menjadi salah satu pulau mematikan di dunia?

Pulau Andaman ini dihuni oleh suku asli yang dinamakan suku Sentinelese. Suku inilah yang membuat pulau Andaman menjadi pulau yang berbahaya. Suku ini menolak adanya kontak dengan dunia luar. Karena penolakan tersebut membuat suku ini menjadi suku yang sangat primitif dimana belum tersentuh teknologi modern. Pada tahun 2006, ada 2 nelayan yang berlabuh di dekat pulau Andaman. Kedua nelayan tersebut kemudian dibunuh dengan sadis oleh suku Sentinelese.

9. Pulau Farallon, San Francisco

farallon island

Pulau Farallon adalah pulau yang berada di dekat pantai San Francisco, Amerika Serikat. Jika dilihat dari lokasinya, pulau ini sangat cocok untuk melakukan olahraga seperti snorkeling, diving, atau berseluncur. Tapi jika kalian tahu cerita dibalik pulau ini, mungkin kalian akan mengurungkan niat tersebut.

Di antara tahun 1946 sampai tahun 1970, laut di pulau Farallon telah dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah radioaktif. sekitar 47,500 galon berisikan limbah dibuang di tempat itu. Tidak disebutkan dengan jelas dimana tepatnya galon tersebut dibuang. Tapi dikatakan bahwa usaha membersihkan limbah radioaktif itu hanya akan mengakibatkan dampak yang lebih besar. Jadi mereka memilih untuk mendiamkan saja limbah radioaktif tersebut disana.

8. Pulau Gruinard, Skotlandia

gruinard island

Bisa dibilang bahwa pulau Gruinard ini 11-12 dengan pulau Farallon yang berada di San Francisco. Pulau Gruinard adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah utara Skotlandia. Pulau ini juga termasuk ke dalam salah satu pulau mematikan yang ada di dunia.

Oleh pemerintah Inggris, pulau ini telah menjadi tempat eksperimen senjata biologi untuk menghadapi perang dunia kedua. Begitu banyak limbah dan zat beracun yang bisa ditemukan di pulau ini, salah satunya adalah bakteri Anthrax. Akibat bakteri tersebut, populasi domba yang berada di pulau Gruinard jadi habis. Pulau tersebut juga dilarang untuk dijadikan tempat tinggal oleh pemerintah sejak puluhan tahun yang lalu.

7. Miyake Jima, Jepang

miyakejima

Pulau kecil ini adalah pulau yang menjadi rumah dari salah satu gunung berapi terkenal di Jepang yakni gunung Oyama. Miyake Jima atau yang bisa disebut juga dengan Izu ini memiliki 2 kota dengan total 6 desa. Meski masih dihuni oleh penduduk, tapi pulau ini masih tergolong berbahaya. Semua penduduk di pulau ini diwajibkan untuk menggunakan masker setiap harinya. Kenapa?

Gunung berapi Oyama sempat terjadi erupsi yang terjadi pada tahun 2000 sampai 2004. Akibat erupsi tersebut membuat para warga dievakuasi. Pada tahun 2005 barulah warga diperbolehkan kembali ke pulau tersebut. Semenjak erupsi, gunung berapi tersebut memuntahkan gas sulfur yang sangat banyak. Alhasil, para penduduk di Miyake Jima harus memakai topeng gas setiap saat.

6. Pulau Marshall

marshall islands

Berada di sebelah barat pulau karang Bikini, terdapat pulau karang Enewetak yang terletak di pulau Marshall. Dlihat dari gambar, nampaknya pulau ini merupakan pulau indah yang cocok untuk para penyelam. Namun itu adalah salah besar. Oleh pemerintah Amerika, siapapun dilarang melakukan kegiatan apapun di sekitar pulau Marshall karena pulau ini merupakan pulau yang mematikan.

Di antara tahun 1948 dan 1958, pulau ini menjadi tempat dijadikan uji coba tenaga nuklir. Total terdapat 43 kali test nuklir diadakan di pulau tersebut. Karena memiliki radiasi nuklir yang sangat tinggi, pulau ini tidak cocok untuk dijadikan tempat tinggal. Menurut perkiraan, baru pada tahun 2027 lah pulau ini baru digolongkan dalam kategori aman.

5. Pulau Reunion, Samudra Hindia

reunion island

Peringatan akan berbahayanya pulau Reunion ini telah dikeluarkan oleh pemerintah sejak lama. Segala kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas air seperti berenang, menyelam, dan berseluncur, semuanya dilarang oleh pemerintah. 

Dikatakan bahwa pulau Reunion yang terletak di Samudra Hindia ini adalah surganya para hiu. Sebagaian besar kasus serangan hiu di dunia terjadi di dekat pulau ini. Dalam 3 tahun terakhir sudah sebanyak 12 kasus penyerangan yang disebabkan oleh ikan hiu.Larangan dilakukannya aktivitas di pulau tersebut sudah dikeluarkan sejak tahun 2013.

4. Pulau Saba, Belanda

saba island

Kalian adalah orang yang sangat tidak beruntung jika mendapat kesempatan untuk tinggal di pulau ini. Pulau Saba adalah sebuah pulau kecil yang masih merupakan bagian dari negara Belanda. Dan pulau ini disebut-sebut sebagai pulau mematikan karena pulau ini berada di wilayah yang sering terjadi badai.

Dalam 100 tahun terakhir, jumlah serangan badai yang menimpa pulau ini sangatlah tinggi, jauh lebih tinggi dari pulau manapun di dunia. Dikarenakan sering diterjang badai, maka membuat pulau ini nyaris tidak berpenghuni. Menurut berita yang ada, pulau mematikan ini justru menjadi tempat tinggal yang pas bagi para perompak laut.

3. Pulau Poveglia, Italia

poveglia island

Italia memang dikenal sebagai negara dengan banyaknya tempat romantis yang cocok didatangi bersama dengan kekasih. Ada tempat romantis, adapula tempat yang mematikan. Dan tempat itu adalah pulau Poveglia. Pulau Poveglia adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah utara Italia, di antara Lido dan Venice.

Pulau Poveglia dikenal dunia sebagai pulau dengan jumlah aktivitas paranormal yang sangat tinggi. Tentunya kalian tidak ingin liburan kalian diganggun oleh makhluk halus bukan. Gangguan paranormal ini disebabkan karena adanya sebuah lubang besar yang dijadikan sebagai tempat kuburan masal dari para korban yang terserang wabah penyakit The Black Death.

2. Pulau Ramree, Burma

ramree island

Di urutan kedua ini adalah pulau yang berada di Burma atau Myanmar yang bernama pulau Ramree. Pulau Ramree merupakan pulau besar di dekat pantai Rkahine State, memiliki luas 1.350 km2. Pada jaman perang dunia kedua, tempat ini dijadikan area berperang antara tentara Inggris dengan tentara Jepang.

Jika kalian takut dengan binatang buaya, maka kalian tidak disarankan untuk mengunjungi tempat ini. Pulau Ramree ini adalah surganya buaya air asin yang besar. Disaat tentara Jepang berniat menyerang tentara Inggris di era perang dunia kedua, tentara Jepang dipaksa mundur diakibatkan sebanyak 400 tentaranya tewas diserang oleh buaya.

1. Ilha da Queimada, Brazil

ilha de queimada

Tiba di urutan pertama dalam daftar pulau paling mematikan di dunia. Dan pulau mematikan tersebut dapat kalian temukan di dekat pantai Sao Paulo, Brazil. Pulau tersebut bernama Ilha da Queimada atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Ular. Penamaan Pulau Ular didasarkan atas banyaknya populasi ular yang ada di pulau tersebut.

Dengan luas pulau kira-kira 43 hektar, Pulau Ular dihuni sebanyak 4000 jenis ular beracun di dunia. Ada sekitar 5 ekor ular beracun Golden Lancehead Viper dapat ditemukan di pulau kecil tersebut. Jika sampai ada seseorang yang terkena gigitan ular di pulau tersebut, dipastikan orang itu akan meninggal karena belum adanya antidote yang bisa menangkal racun ular berbisa di Pulau Ular.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas