home -> Unik -> 10 Jajanan Yang Membuat Kamu Kangen Masa Lalu
20 Juli 2017 21:32

10 Jajanan Yang Membuat Kamu Kangen Masa Lalu

Oleh reagan dalam Unik pada August 12, 2016

Masa lalu adalah masa yang sangat dirindukan. Tidak hanya barang murah dan kemacetan yang masih jarang ditemui, tapi juga karena makanannya. Meski saat ini jajanan sudah semakin banyak bermunculan dengan berbagai macam bentuk dan rasa, tapi tetap saja kita tidak bisa melupakan jajanan masa lalu yang sering kita makan. Meski ada yang sudah tidak diproduksi, masih ada sejumlah jajanan yang bisa membuat kita bernostalgia lagi. Kali ini mari kita bernostalgia kembali dengan jajanan atau snack masa lalu tersebut. 

10. Choki-Choki

Choki-Choki

Anak jaman 90an pasti tahu apa itu Choki-Choki. Jajanan ini sangatlah populer, tidak ada anak yang tidak pernah mencoba mencicipinya. Sampai sekarang, Choki-Choki masih bisa bertahan sekian tahun lamanya. Menghisap Choki-Choki bisa membawa kita bernostalgia lagi ke masa lalu ketika kita masih sekolah.

Choki-Choki merupakan snack coklat yang dibungkus dalam plastik kecil. Sampai sekarang bentuk dari Choki-Choki sama sekali tidak mengalami perubahan. Tidaklah sulit untuk bisa menemukan coklat kecil ini. Kalian cukup pergi ke mini market terdekat dan kalian sudah bisa bernostalgia lagi dengan masa lalu.

9. Coklat Choyo-Choyo

Coklat Choyo

Anak jaman sekarang tidak akan pernah tahu dengan jajanan yang bernama Choyo-Choyo. Choyo-Choyo merupakan jajanan berupa coklat dengan warna yang beragam. Dulu ketika masih kecil, kita selalu dibuat penasaran dengan rasa dari tiap warna coklat Choyo-Choyo. Padahal semua rasanya sama saja.

Coklat Choyo-Choyo dijual dalam bentuk cup kecil disertakan dengan sendok plastik. Tapi karena anak kecil biasanya tidak sabar, daripada menggunakan sendok plastik, mereka memilih untuk mencolek coklat tersebut dengan menggunakan tangan. Setelah habis, barulah cup tersebut kita jilat dengan lidah. Benar-benar nostalgia ya. Sayangnya coklat Choyo-Choyo sudah tidak dijual lagi.

8. Nyam-Nyam

Nyam-Nyam

Rasanya snack jaman dulu ini masih bisa ditemukan sekarang ini. Variasi rasanya juga semakin banyak. Anak generasi 90an pasti ingat betul bagaimana rasanya makan snack ini jaman dulu, pasti sangat nikmat. Meski bentuknya kecil, begitu kita buka pasti langsung diserbu oleh banyak orang yang ingin ikutan mencicipinya.

Di tahun 90an, jajanan yang disebut dengan Nyam-Nyam ini bisa dibilang cukup populer. Mungkin karena saatu itu belum ada jajanan yang dikemas dalam bentuk gelas kecil. Cara makannya cukup mudah, cukup celupkan sendok mini ke dalam coklat cair dan celupkan lagi ke snack bulat kecil warna-warni.

7. Mie Lidi

Mie Lidi

Anak jaman sekarang mungkin tidak tahu bahwa jajanan satu ini sudah ada sejak lama. Bahkan sampai sekarangpun jajanan ini masih dijual dan cukup laku di berbagai kalangan. Tidak hanya anak muda bahkan orang tua juga sangat menyukai snack ini. 

Nama snack ini adalah mie lidi. Alasan diberikan nama mie lidi adalah karena bentuknya yang lurus dan panjang menyerupai lidi. Biasanya ada 2 varian rasa mie lidi, yang pertama adalah rasa asin dan satunya adalah rasa pedas yang menyengat lidah. Jajanan ini bahkan sangat populer di kalangan anak muda.

6. Permen Jagoan Neon

Jagoan Neon

Jika kita melihat permen ini, rasanya kita akan tertawa lucu karena gara-gara permen inilah yang membuat kita sering memamerkan lidah kita yang penuh warna kepada teman-teman. Jaman dulu, permen yang bisa membuat lidah jadi berwarna adalah permen yang menarik. Dan karena anak-anak sangat suka sekali dengan yang namanya pamer, setelah makan permen ini pastinya mereka akan memamerkan lidah mereka yang penuh warna ke setiap orang yang mereka temui.

Permen yang diberi nama Jagoan Neon ini sangat eksis sekali di kalangan anak jaman 90an. Karena permen ini bisa mewarnai lidah, tidak sedikit anak yang kemudian mencobanya untuk mengoleskannya di bibir layaknya lipstik. Jika tidak salah, ada 4 warna yang bisa didapat yaitu merah, hijau, oranye, dan biru.

5. Wafer Superman

Wafer Superman

Jaman dulu, ketika kita datang ke sebuah acara pesta ulang tahun pasti akan diberikan bingkisan berisi makanan ketika pulang. Dan salah satu jajanan yang pasti ada di dalam bingkisan tersebut adalah snack yang bernama Wafer Superman. Entah kenapa dinamakan Superman, tapi yang pasti, Superman merupakan salah satu tokoh superhero terkenal dari DC Comics.

Saat ini, Wafer Superman masih tetap ada dijual di mini market. Hanya saja namanya yang berubah menjadi Wafer Superstar. Wafer Superman merupakan wafer yang dibalut dengan coklat tebal. Tapi kenyataan sangat berbeda. Coklat yang terdapat di snack ini tidaklah setebal yang kita bayangkan. Tapi biar sudah tahu coklatnya tidak tebal, masih banyak saja anak-anak yang membelinya.

4. Kenji

kenji

Kenji merupakan salah satu jajanan yang sangat populer jaman dulu. Makanan ini memiliki ciri khas bungkusnya yang terdapat gambar koboi. Karena kemiripannya dengan Taro, karakter Kenji tersebut seringkali disebut sebagai ayahnya Taro. 

Anak kecil dulu sangat suka dengan yang namanya hadiah. Jadi, mereka akan membeli makanan apapun yang terdapat hadiah di dalamnya, Dan snack Kenji adalah salah satu snack yang memiliki hadiah di dalam bungkusnya. Snack setipe yang juga berhadiah lain seperti Cheetos, Chiki, dan JetZ juga sering menjadi serbuan anak-anak.

3. Mie Goreng

mie goreng

Dulu ketika nilai uang masih belum tinggi, kita cukup membeli snack ini dengan harga yang sangat murah yakni sekitar 200 sampai 500 perak. Snack yang dinamakan dengan Mie Goreng ini memiliki bentuk yang sama persis dengan mie pada umumnya.

Karena harganya yang murah, ukuran jajanan ini juga tidaklah besar melainkan kecil. Rasanya memang mirip seperti mie goreng. Jika mie goreng memiliki rasa pedas, maka snack ini sama sekali tidak terasa pedas. Sayangnya, jajanan era 90an tersebut sudah tidak bisa lagi ditemukan sekarang ini.

2. Mie Remez

Mie Remez

Apapun yang berbau mie pasti akan langsung dibeli oleh anak-anak. Selain snack Mie Goreng yang telah disebutkan di atas, kini ada lagi snack yang namanya Mie Remez. Mie Remez langsung saja menjadi jajanan populer anak-anak jaman dulu. Dibandingkan dengan snack Mie Goreng yang berukuran kecil, Mie Remez dijual dalam bungkus yang lebih besar.

Sesuai dengan namanya, sebelum mengkonsumsi snack ini, terlebih dahulu harus meremasnya sekuat tenaga sebelum dibuka. Hal tersebut bertujuan agar mie yang ada di dalam bungkus menjadi hancur dan lebih mudah untuk dimakan.

1. Anak Mas

Anak Mas

Jajanan yang paling juara di era 90an yaitu Anak Mas. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jajanan apapun yang berbentuk seperti mie pasti akan laku di kalangan anak-anak, begitulah yang terjadi pada snack ini. Sebelum munculnya Mie Remez dan snack mie sejenis lainnya, Anak Mas inilah yang menjadi pelopor snack berbentuk mie.

Jajanan legenda ini sekarang sudah tidak bisa lagi dinikmati karena sudah tidak diproduksi. Dulu, tidak cukup rasanya jika hanya memakan 1 Anak Mas, pasti kita bisa menghabiskan berbungkus-bungkus. Snack mie ini setelah dibuka dan diremas, barulah ditaburi dengan bumbu gurih. Saking gurihnya, bumbu yang tersisa di jari akan dijilat.

 
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas