home -> Lainnya -> 10 Pekerjaan Yang Tidak Membutuhkan Gelar Sarjana
23 Agustus 2019 23:50

10 Pekerjaan Yang Tidak Membutuhkan Gelar Sarjana

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 08, 2016

Banyak orang yang masih berpendapat bahwa gelar sarjana adalah segalanya. Jadi apabila ada seseorang yang tidak lulus kuliah maka orang tersebut dianggap gagal dan tidak akan bisa mendapat pekerjaan alias menjadi pengangguran. Pendapat tersebut ternyata salah. Masih ada sejumlah pekerjaan yang ternyata sama sekali tidak membutuhkan gelar sarjana. Nah bagi kalian yang tidak lulus kuliah, jangan patah semangat dulu karena masih ada kesempatan bagi kalian agar bisa mendapatkan penghasilan. Berikut ini adalah 10 pekerjaan yang mungkin bisa cocok bagi kalian yang tidak memiliki gelar sarjana.

10. Mekanik

mechanic

Orang jaman dulu beranggapan bahwa pekerjaan mekanik itu adalah pekerjaan yang tidak berguna dan tidak memiliki masa depan cerah. Namun anggapan tersebut tidaklah benar. Di era sekarang, semakin banyaknya jumlah kendaraan maka akan semakin dibutuhkan pula tenaga dari mekanik. Ditambah lagi untuk menjadi mekanik tidaklah dibutuhkan gelar sarjana.

Pekerjaan yang bisa dibilang pekerjaan kasar ini bukanlah pekerjaan yang sepele. Dibutuhkan juga pengetahuan akan kinerja mesin dan suku cadangnya. Namun itu semua bisa diperoleh seiring kita bekerja sebagai mekanik. Bahkan ada pula kursus mekanik bagi orang-orang yang ingin mencoba pekerjaan ini.

9. Jurnalis 

journalist

Semakin majunya teknologi berimbas pada perkembangan berita. Meski sekarang media seperti surat kabar sudah semakin tersingkirkan, namun peran jurnalis tetap tidak bisa terpinggirkan. Jurnalis masih bisa melakukan tugasnya menulis berita hanya saja dalam media dalam bentuk berbeda yakni media yang menggunakan internet.

Menjadi seorang jurnalis juga tidak sulit. Sama sekali tidak dibutuhkan yang namanya gelar sarjana. Seorang jurnalis hanya perlu berbahasa yang baik dan memahami apa itu kode etik yang ada di dunia jurnalis. Pekerjaan ini menuntut kalian untuk selalu update dengan berita terbaru, jadi kalian tidak akan lagi mengalami yang namanya ketinggalan jaman.

8. Resepsionis

receptionist

Pernahkah kalian menghubungi sebuah kantor lalu dijawab oleh seorang pria atau wanita? Atau ketika kalian mendatangi sebuah kantor, kalian pastinya akan langsung menemui wanita atau pria yang akan menanyakan apa tujuan kalian datang? Itulah pekerjaan seorang resepsionis. Pekerjaan yang relatif mudah ini ternyata tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi.

Lupakan anggapan bahwa tanpa gelar sarjana kamu tidak akan diterima kerja. Pekerjaan seorang respsionis tidaklah memerlukan gelar apapun, kamu hanya perlu mengetahui sistem perusahaan dan yang terpenting adalah kesabaran tinggi. Kesabaran diperlukan untuk menjelaskan suatu hal kepada seseorang yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu hal. Biasa yang ditemukan bahwa pekerjaan ini lebih banyak diisi oleh wanita.

7. Manajer HRD

HRD-manager

Jika kalian melamar suatu pekerjaan, kalian akan lebih dulu menemui orang yang berposisi sebagai manajer HRD. Barulah setelah lolos bertemu dengan manajer HRD, kalian akan bisa bertemu dengan atasan yang lebih tinggi. Jika kalian berpikir bahwa manajer HRD adalah pekerjaan yang membutuhkan pendidikan tinggi, kalian salah.

Boleh percaya atau tidak, untuk menjadi seorang manajer HRD tidaklah diperlukan gelar sarjana. Tapi bukan berarti pekerjaan ini mudah untuk dilakukan. Seorang manajer HRD bertugas untuk menyeleksi calon karyawan yang akan masuk dan juga memperhatikan kinerja dan hubungan antar karyawan. Pekerjaan satu ini sangat menarik untuk dicoba bagi orang-orang yang senang bergaul.

6. Marketing Manajer

marketing manager

Bekerja sebagai marketing manajer terdengar seperti pekerjaan sulit yang memerlukan pendidikan tinggi, lulus kuliah, dan memiliki gelar sarjana. Untungnya adalah, pekerjaan ini ternyata bisa dikerjakan oleh siapapun. Bahkan walaupun orang tersebut tidak memiliki gelar apapun. 

Tapi jangan sangka bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mudah. Seorang marketing manajer haruslah orang yang pintar melihat peluang dan mencari strategi. Marketing manajer harus tahu kondisi pasar konsumen dan mencari cara agar produk yang dijual oleh perusahaan bisa sukses terjual. Marketing manajer harus tahu bagaimana trik pemasaran yang bisa membuat konsumen tertarik.

5. Ahli Listrik

electrical engineer

Listrik adalah kebutuhan utama yang tidak bisa dilupakan sekarang ini. Hampir semua teknologi dan gadget memerlukan tenaga listrik untuk bisa digunakan. Sungguh tidak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila sampai terjadi mati listrik. Untuk itulah kita membutuhkan orang yang bekerja sebagai ahli listrik.

Tidak hanya mengerti tentang listrik, seorang ahli listrik juga diharuskan untuk mengerti bagaimana instalasi listrik yang baik dalam suatu bangunan. Pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana ini bisa menjadi pilihan kamu yang merasa gagal di pendidikan. Hanya saja yang diperlukan disini adalah keberanian untuk tersengat listrik.

4. Manajer Game

manajer game

Ketika kecil, kita semua pasti sering dimarahi oleh orang tua karena terlalu banyak bermain game. Menurut orang tua, bermain game itu tidak ada gunanya dan tidak akan bisa menghasilkan uang. Ketika jaman sudah semakin berkembang dan semakin banyaknya jumlah game yang muncul, pendapat orang tua tersebut secara perlahan sudah bisa hilang. Dan anak masa kini tidak terlalu sering dimarahi seperti anak jaman dulu.

Berbagai banyak game yang muncul mengakibatkan sejumlah orang berpikir untuk mulai mengadakan sejumlah event untuk melestarikan game tersebut dan untuk mengundang banyak minat gamer lain. Untuk bisa mengatur jadwal lomba, sebuah tim memerlukan yang namanya manajer untuk membantu mengatur kegiatan tim. Pekerjaan sebagai manajer game ini juga tidak memerlukan yang namanya gelar sarjana. Cukup bisa mengatur waktu dan kebutuhan tim, seseorang sudah bisa menjadi seorang manajer game.

3. Web Developer

web developer

Bagi banyak orang, pekerjaan web developer atau yang bisa dibilang programmer adalah pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang mengambil mata kuliah IT. Web developer adalah seorang programmer yang bertugas untuk membuat, merancang, dan mengembangkan sebuah website. Terdengar sulit, tapi pekerjaan ini ternyata tidak mengharuskan seseorang untuk memiliki gelar sarjana.

Saat ini telah banyak kursus komputer yang mengajarkan seseorang untuk bisa menjadi seorang  web developer. Jadi untuk menjadi seorang web developer tidak dibutuhkan waktu sekitar 3,5 tahun untuk bisa menjadi seorang web developer. Cukup dengan mengikuti kursus, kita sudah bisa merancang web sendiri. Bahkan dengan bantuan Google pun, membuat web kini sudah semakin gampang.

2. Artis

artist

Siapa sih orang yang tidak ingin terkenal, banyak uang, dan bisa tampil di televisi? Maka dari itu jadilah artis. Menjadi artis tidak membutuhkan kepintaran menghitung kalkulus ataupun menghitung rumus fisika. Cukup memiliki keahlian untuk berakting dan sedikit keberuntungan, kalian bisa mencoba untuk ikut casting di sejumlah rumah produksi untuk menjadi seorang artis.

Meski adapula artis yang mengikuti sekolah akting, tapi di sekolah tersebut hanyalah mengajarkan orang untuk bisa berakting memerankan berbagai karakter yang berbeda. Baik dari gerak tubuh, bahasa, dan ekspresi, semua hal itu akan diajarkan di sekolah akting. Bagi kalian yang menyukai seni peran, menjadi artis adalah pilihan yang patut untuk dicoba.

1. Wiraswasta

entrepreneur

Dan tiba di urutan pertama pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana, pekerjaan ini dinamakan wiraswasta. Membuka usaha sendiri atau wiraswasta sudah diketahui banyak orang adalah pekerjaan menarik yang sama sekali tidak membutuhkan kepintaran tinggi layaknya profesor. Yang perlu kalian butuhkan adalah modal, keberanian, dan kejelian untuk melihat peluang bisnis.

Di dunia ini, hampir segala macam hal bisa dijadikan ladang bisnis. Tinggal tergantung pada orangnya, apakah dia punya modal dan berani untuk membuka usaha. Kejelian melihat peluang dalam melihat kesuksesan di masa depan juga sangat penting. Tidak mungkin seseorang membuka usaha apabila tidak memiliki peluang sukses di masa depan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas