home -> Teknologi -> Miliki Layanan Cloud Storage Seperti Dropbox Dalam...
21 Februari 2017 03:20

Miliki Layanan Cloud Storage Seperti Dropbox Dalam waktu 5 Menit Dengan OwnCloud

Oleh admin dalam Teknologi pada April 05, 2013

Dengan banyakanya layanan penyimpanan cloud atau Cloud Storage seperti iCloud dan Dropbox yang dapat di-hack sekarang ini, tidaklah mengejutkan jika beberapa orang tidak ingin meletakkan data mereka di Cloud Storage. Daripada melakukan itu, lebih baik buat Cloud Storage Anda sendiri dengan menggunakan ownCloud, caranya-pun sangat mudah.

owncloud login page

ownCloud adalah software open source yang gratis dan dapat diperasikan dalam sebuah cara yang sederhana terkait atas sinkronisasinya, dapat diibaratkan seperti sistem penyimpanan Dropbox dalam server atau situs web Anda sendiri.

Ia juga memperbolehkan orang-orang untuk membagi bersama aplikasi mereka yang berjalan pada ownCloud seperti text editor, task list dan sebagainya.

APA YANG ANDA BUTUHKAN

Anda tidak membutuhkan banyak hal untuk membuat ownCloud, tepatnya hanya sebagai berikut:

domain Anda sendiri

  1. Hosting web yang mendukung PHP5 dan MySQL (atau SQLite)
    Walaupun ini terdengar cukup sulit, tetapi sebenarnya selama Anda memiliki hosting web, kemungkinan besar Anda akan sudah memiliki ini. Jika Anda sudah mempunyai sebuah nama domain seperti http://www.namadomain.com dengan sebuah hosting web, Anda dapat me-install ownCloud dalam waktu yang singkat. Anda tidak perlu bingung dengan PHP5 dan MySQL karena biasanya web host server sudah mendukung hal tersebut.
     
  2. Copy dari ownCloud Server Terbaru (ownCloud Server 5)
    Anda dapat me-isntall ownCloud dalam berbagai cara yang berbeda, tetapi cara di bawah akan menunjukkannya dengan cara yang mudah, yakni web installer. Jika Anda tahu bagaimana meletakkan file pada situs web Anda, Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah lagi. Anda hanya perlu me-upload sebuah file ke web Anda.
     
  3. URL untuk akses remote (Domain)
    Anda tentunya ingin ownCloud Anda dapat diakses dimana saja, oleh karena itu Anda membutuhkan URL untuk melakukan itu. Jika Anda belum mempunyai sebuah nama domain, Anda dapat membelinya. Tetapi jika Anda sudah punya maka tentunya Anda dapat me-install ownCloud pada sebuah subdirectory di situs Anda, tanpa menimpa isi dari web Anda sebenarnya.

Salah satu kelebihan dari ownCloud adalah ia cocok digunakan untuk server apapun. OwnCloud juga menyediakan langkah-langkah instalasinya sendiri. Walaupun ownCloud berbasis open-source, Anda mungkin ingin melihat syarat dan ketentuan ownCloud sebelum Anda menggunakannya, untuk memastikan Anda tidak melanggar ketentuan yang ada.

SETUP DAN INSTALASI AWAL

owncloud initial setup

Seperti yang telah dikatakan, ada banyak cara untuk me-install ownCloud, dan cara berikut ini menjelaskan mengenai cara web installer. Web intaller akan secara otomatis membuat apapun yang dibutuhkan Anda untuk memasang ownCloud pada web Anda, jadi Anda tidak perlu bingung. 

Tetapi, jika Anda mempunyai banyak user yang akan mengakses ownCloud, lebih baik Anda membuat database secara manual.

  1. Download dan simpan web installer pada komputer Anda
  2. Upload file setup-owncloud.php ke web Anda menggunakan interface web host Anda atau sebuah aplikasi FTP
  3. Masukkan URL dari file setup tempat Anda me-upload file tadi pada browser web Anda. seperti http://www.namadomain.com/setup-owncloud.php.
  4. Ikuti instruksi pada layar browser untuk me-install ownCloud. Setelah beberapa menit, Anda akan diarahkan ke halaman login

Jika Anda sudah berhasil melakukan ini. Maka itu berarti Anda sudah berhasil memiliki ownCloud untuk web Anda. Mudah Bukan? Jika Anda masih bingung, Anda dapat melihat langkah-langkah instalasi yang disediakan ownCloud untuk setiap tahapnya.

ATUR SINKRONISASI DESKTOP DAN MOBILE ANDA

koneks owncloudSetelah Anda berhasil me-install ownCloud pada server web Anda, sekarang waktunya untuk mengatur sinkronisasi desktop. Hal ini akan membuat file-file di ownCloud sama seperti pada komputer Anda. Untuk ini, Anda membutuhkan desktop client. (Windows, Mac, atau Linux)

Cukup mudah, langkah-langkanya adalah sebagai berikut:

  1. Buka software ownCloud pada komputer Anda, dan pilih "configure"
  2. Masukkan URL dari ownCloud server hasil dari instalasi Anda pada tahap sebelumnya, dan keterangan login Anda.
  3. Sekarang, Anda perlu memilih file-file dan folder yang ingin Anda sinkronkan (serupa dengan Dropbox). Pilih "Add Folder..." dan pilih folder pada komputer Anda. Semua file-file pada folder tersebut akan di-upload dan disinkron secara otomatis ke ownCloud Anda. Anda dapat menambahkan berapa banyak-pun folder yang Anda inginkan.

Hal ini serupa dengan Dropbox, dimana Anda dapat menentukan folder mana yang ingin di-sinkronkan dengan Dropbox Anda dan Dropbox akan melakukan sinkronisasi baik pada web ataupun lokal.

Untuk aplikasi Mobile (Android atau iPhone), Anda akan mengikuti instruksi yang sama ke aplikasi pada direktori ownCloud Anda, lalu masukkan username dan password. Walaupun aplikasi mobile-nya tidak sedinamis dan fleksibel seperti desktop, tetapi cukup baik untuk mengakses file.

SINRKONISASI KALENDER, BUKU ALAMAT DAN MUSIK ANDA

Sekarang, sinkronisasi dasar telah dilakukan, maka selanjutnya adalah waktu untuk memasukkan semua hal lain ke ownCloud Anda, seperti musik (music) contohnya.

  • BUAT SERVER MUSIK ANDA SENDIRI

musik dengan owncloudSalah satu hal paling menarik dari ownCloud adalah Anda dapat memiliki server cloud Anda sendiri untuk semua musik yang And punya. Anda hanya perlu me-upload beberapa file MP3 ke ownCloud, dan Anda dapat secara langsung mengaksesnya bersamaan dengan web player.

ownCloud sendiri memiliki kecocokan dengan beberapa aplikasi musik, tetapi Anda dapat mengguankan Tomahawk karena kesederhanaannya, cross platform dan memiliki keunggulannya tersendiri. Berikut cara untuk mengatur Tomahawk agar dapat membaca musik dari ownCloud Anda.

  1. Dari interface web ownCloud, klik username Anda dan pilih "Personal."
  2. Copy URL yang masuk pada daftar media (akan seperti http://namadomain/owncloud/remote.php/ampache
  3. Pada tomahawk, masuk ke Preferences (Tomahawk > Preferences), dan pilih "Services"
  4. Cari "Ampache."
  5. Pada kotak dialog yang terbuka, masukkan username dan password ownCloud Anda, diikuti oleh URL yang telah Anda copy pada tahap sebelumnya.

Sekarang, semua musik Anda akan disimpan pada ownCloud akan dapat dimainkan dengan Tomahawk.

  • TAMBAHKAN KEKUATAN OWNCLOUD DENGAN MENAMBAHKAN APLIKASI

Sekarang adalah waktunya untuk memperluas fungsionalitas dari ownCloud Anda dengan menambahakn aplikasi-aplikasi. Jika Anda me-klik useername Anda dari interface web ownCloud dan pilih "Apps", Anda akan diarahkan ke daftar aplikasi yang dapat di-install. Anda dapat coba melihatnya di sini.

aplikasi aplikasi owncloud

Untuk me-install aplikasi-aplikasi ini, pilih aplikasi yang diinginkan dan klik "enable." Sesudah beberapa saat, aplikasi terkait akan berhasil di-install dan Anda akan menemukan icon baru pada panel kanan Anda. Berikut mungkin beberapa aplikasi yang ingin Anda tambahkan:

  • Bookmarks
    Bookmark akan mengubah ownCloud Anda menjadi bookmark manager yang berbasis cloud, lengkap dengan tagging, filter dan pengaturannya.
     
  • Roundcube
    Roundcube akan menambahkan sebuah interface email langsung ke ownCloud yang disesuaikan dengan mailserver Anda. Tentunya, mailserver Anda harus mendukung Roundcube dan IMAP.

Ini hanya sedikit dari aplikasi yang dapat Anda tambahkan ke ownCloud Anda, lihat halaman lengkap aplikasi untuk melihat daftarnya.

Salah satu hal terbaik dari ownCloud adalah setiap orang dapat me-install dan menjalankannya pada host web mereka dalam waktu yang sangat singkat. Setelah melakukan itu, Anda dapat meningkatkan fungsionalitas sesuka hati, atau hanya menggunakannya untuk pertukaran file berbasis Cloud. Walaupun mungkin Anda tidak akan menemukan fungsionalitas di device mobile seperti Dropbox, tetapi untuk server cloud sendiri, hal ini sudah dapat dikategorikan cukup baik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas