home -> Lainnya -> 10 Kota Dengan Transportasi Terbaik Di Dunia
24 Januari 2017 14:05

10 Kota Dengan Transportasi Terbaik Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 05, 2016

Kita tahu bahwa transportasi umum di Jakarta masih belum bagus. Masih dibutuhkan banyak waktu dan perbaikan di segala sisi sampai akhirnya benar-benar menjadi transportasi umum yang layak. Jika kalian atau para pemerintah ingin mengubah transportasi umum di Jakarta menjadi lebih baik, para pemerintah bisa saja melakukan studi banding di sejumlah negara berikut ini. Inilah 10 kota dengan transportasi umum terbaik di dunia.

10. Tokyo, Jepang

tokyo

Mudah-mudahan saja kalian tidak bosan mendengar negara satu ini. Negara maju ini tidak hanya dikenal sebagai salah satu negara dengan makanan terlezat di dunia tapi juga salah satu kotanya yakni Tokyo dikenal pula sebagai salah satu kota paling sibuk di dunia, Pada giliran kali ini, Tokyo kembali masuk ke dalam daftar kota dengan transportasi umummya yang sangat baik.

Transportasi publik di Tokyo sangat menjunjung tinggi yang namanya kebersihan dan efisiensi. Tidak hanya kereta, kendaraan umum lainnya seperti bus, monorail, dan trem semuanya dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah. Dengan total 3,2 miliar penumpang per tahun, kereta bawah tanah yang berada di Tokyo termasuk ke dalam kereta bawah tanah tersibuk kedua setelah Beijing. Keteraturan sistem transportasi di Tokyo membuatnya layak masuk ke dalam daftar kota dengan transportasi terbaik di dunia.

9. London, Inggris

london

Termasuk ke dalam daftar negara superpower di dunia membuat Inggris sangat memperhatikan kenyamanan dari penduduknya. Oleh karena itulah pemerintah Inggris sangat mengawasi sistem transportasi publik yang ada di negara tersebut. Salah satu tranportasi yang terkenal yang ada di London yaitu kereta bawah tanahnya yang disebut dengan London Undeground.

Satu hal menarik dari London Underground adalan kereta bawah tanah kebanggaan Inggris ini adalah kereta bawah tanah tertua yang ada di dunia. Namun transportasi umum di London bukan hanya kereta bawah tanah. Masih ada bus, trem, kereta, dan feri. Fakta menarik lain yaitu London adalah pusatnya tranportasi umum yang menghubungkan seluruh kota yang ada di United Kingdom.

8. Singapore, Singapore

singapore

Tetangga kita satu ini memang merupakan negara kecil yang tidak sebanding dengan Indonesia, tapi justru negara kecil dengan ibukota Singapore ini memiliki kemajuan teknologi dan juga sistem transportasi yang jauh melewati banyak kota di Indonesia. Dengan 4 MRT dan 1 LRT yang tersebar di seluruh kota, sistem transportasi tersebut telah menjadi transportasi umum favorit warga Singapore.

Hampir mirip dengan Tokyo, Singapore juga sangat memperhatikan kebersihan dan juga ketertiban sarana transportasinya. Tidak hanya kereta, transportasi umum lain seperti bus dan taksi juga menjadi fokus pemerintah agar warganya bisa menikmati transportasi umum tanpa adanya rasa khawatir. Singapore kini ditengarai sedang menambah sejumlah stasiun MRT agar bisa memudahkan warga untuk pergi ke suatu tempat.

7. Seoul, Korea Selatan

seoul

Tetangga terdekat Jepang sekaligus menjadi negara terakhir di Asia yang masuk ke dalam daftar ini adalah kota Seoul. Tidak hanya drama dan filmnya yang saat ini digandrungi oleh para remaja, perlu diketahui juga bahwa sistem transportasi di kota ini patut untuk diancungi jempol.

Meski memiliki jalur transportasi yang rumit layaknya kereta bawah tanah di Tokyo, namun pemerintah kota Seoul sanggup untuk membuatnya agar tetap berjalan dengan rapih. Teknologi yang digunakan juga tidak pernah ketinggalan jaman. Diketahui bahwa kota ini memiliki 14 jalur bus di setiap daerah di tiap kota. Biaya transportasinya yang murah membuat warga kota Seoul memilih untuk menggunakan transportasi ini untuk bepergian.

6. New York City, Amerika

new york city

Kota dengan landmark terkenal patung Liberti yaitu New York telah dianggap sebagai salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Dengan kereta bawah tanah yang sama terkenalnya seperti patung Liberty, transportasi umum tersebut adalah transportasi yang cukup tua dengan rumur lebih dari 100 tahun.

Pada tahun 1970, transportasi ini pernah mengalami masalah terkait dengan keamanannya. Namun seiring berjalannya waktu, sistem transportasi tersebut terus menerus mengalami perbaikan. Kereta bawah tanah di New York memiliki jadwal rutin dan jarang mengalami keterlambatan. Kebersihan yang pernah menjadi masalah di transportasi tersebut juga sudah dibersihkan.

5. Berlin, Jerman

berlin

Transportasi umum di Berlin benar-benar transportasi yang sangat bagus dan pantas untuk dicontoh. Dengan jalur bawah tanah yang disebut U-Bahn, jalur tersebut meliputi jarak sejauh 132 km yang ada di Berlin. Transportasi di Berlin juga sangat memperdulikan dengan yang namanya efisiensi.

Untuk masalah keamanan, U-Bahn berani mengklaim bahwa angka kecelakaan yang melibatkan jaringan transportasi ini sudah semakin berkurang. Di waktu sibuk, kereta tetap datang dalam rentang waktu yang cukup singkat yakni antara 2 sampai 5 menit. Jika kamu bangun telat, kereta akan memastikan kamu untuk bisa sampai tujuan tepat waktu.

4. Denver, Amerika

denver

Di peringkat 3 telah menanti kota Denver. Denver adalah ibukota dari Colorado yang berada di Amerika Serikat. Mungkin ada orang yang tidak begitu mengenal kota satu ini, namun kota ini tidak bisa dianggap remeh sama sekali karena Denver memiliki sistem transportasi umum yang bagus, lebih bagus daripada yang Jakarta miliki.

Sistem transportasi di Denver meliputi bus, kereta api, dan pesawat terbang. Dan semua transportasi tersebut dikelola sebaik mungkin oleh pemerintah kota. Kota ini dilengkapi dengan yang namanya Mall Ride yakni sebuah bus umum yang mengangkut penumpang dengan gratis, menuju Street Mall. Bus ini melayani penumpang setiap harinya tanpa berhenti.

3. Jersey City, Amerika Serikat

jersey city

Masih berada di Amerika Serikat, kali ini giliran Jersey City yang masuk ke dalam daftar kota dengan sistem transportasi terbaik di dunia. Di kota ini, hampir kebanyakan penduduk bergantung pada sistem transportasi yang disediakan oleh pemerintah. Tidak heran kenapa sistem tranportasi umum menjadi hal yang sangat diperhatikan.

Sebanyak 46.62% penduduk kota Jersey menggunakan transportasi umum, persentase tersebut hanya kalah dari penduduk yang tinggal di New York. Light rail, bus, dan feri, penduduk kota Jersey terlihat sangat menikmati hidup tanpa menggunakan kendaraaan pribadi. Sebanyak 41% kota Jersey tercatat tidak memiliki kendaraan pribadi.

2. Copenhagen, Denmark

copenhagen

Tidak ada orang yang tidak ingin untuk tinggal di Denmark, hampir semua segi kehidupan yang ada di Denmark dapat dijamin oleh pemerintah. Terima kasih pada pemerintahannya yang sangat luar biasa, tidak heran kenapa Denmark bisa menjadi salah satu negara terbaik untuk hidup. Di kotanya yang bernama Copenhagen, kamu bisa merasakan seperti apa nikmat dan nyamannya berkeliling kota dengan transportasi umum.

Beberapa tempat di Copenhagen dihubungkan dengan jalur kereta api yang disebut dengan S-Trains. Jalur kereta ini juga menghubungkan kota di daerah pinggir dengan beberapa daerah di luar Denmark. Denmark juga membuat sebuah program unik bernama Urban Bike. Program unik ini memperbolehkan warga untuk dapat menyewa sepeda. Disediakan pula tempat parkir khusus untuk meletakkan sepeda tersebut.

1. Madrid, Spanyol

madrid

Bersama dengan Jepang, Spanyol juga menjadi salah satu negara dengan makanan terlezat yang ada di dunia. Di kotanya yang bernama Madrid, disanalah sistem tranportasi umum terbaik di dunia berada. Dengan populasi yang mencapai 3,2 juta orang, Madrid menjadi kota terbesar ketiga yang ada di Eropa.

Meski besar, kota ini sangatlah efisien, terpercaya, dan memiliki sistem transportasi umum yang aman. Kereta metro, light metro rails, komuter, dan bus, warga di Madrid sangat terbantu dengan transportasi umum tersebut. Kendaraan pribadi tidak terlalu dibutuhkan di kota ini. Tiket kereta yang murah juga menjadi alasan kenapa banyak warga yang lebih memilih untuk bepergian menggunakan kereta.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas