home -> Lainnya -> 10 Tips Membuat Ruangan Kecil Terlihat Besar
17 Desember 2017 07:23

10 Tips Membuat Ruangan Kecil Terlihat Besar

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 03, 2016

Ruangan kecil memang membuat seseorang kesulitan untuk mengatur letak posisi barang atau melakukan aktivitas. Dibutuhkan kreativitas agar bisa membuat ruangan kecil bisa terlihat lebih besar. Kali ini Tahupedia akan membantu kalian dengan memberikan sejumlah tips untuk membuat ruangan kecil jadi terlihat lebih besar. Bagaimana caranya? Simak tipsnya di bawah ini.

10. Gunakan Perabotan Berukuran Kecil

small furniture

Memiliki ruangan kecil memang membuat kita jadi kesulitan untuk mengatur ruangan. Tapi jangan sampai ruangan kecil membuat kita jadi kehilangan ide kreatif untuk menghias ruangan kecil tersebut menjadi yang kita inginkan. Masih ada cara efektif agar ruangan kecil bisa terlihat lebih besar. Salah satunya adalah dengan menggunakan perabotan yang berukuran kecil.

Jika kita sudah tahu bahwa ruangan kecil, ketika kita berkunjung ke toko furnitur usahakan mencari perabotan rumah yang memiliki ukuran kecil. Perabotan rumah berukuran besar selain memiliki harga yang lebih mahal, bisa membuat ruangan kita menjadi semakin lebih sempit.

9. Atur Ulang Posisi Rak Buku

rak buku

Rak buku berguna sebagai tempat meletakkan atau meyimpan buku. Meletakkan rak buku di ruangan bukan hanya sebagai hiasan tapi di saat kita atau tamu ingin mengisi waktu dengan membaca buku, mereka bisa mengambilnya dari rak. Namun, posisi rak buku yang sembarangan bisa membuat ruangan kecil terlihat lebih kecil.

Ada satu cara untuk meletakkan rak buku agar ruangan kecil bisa terlihat lebih besar yaitu dengan cara menggantung rak buku di langit-langit ruangan. Hal ini bisa membuat tatapan mata teralihkan ke atas dan membuat ruangan menjadi sedikit lebih lega.

8. Letakkan Lukisan Yang Bisa Menambah Kesan Luas

panting

Memajang lukisan di ruangan yang kecil? Tidak ada alasan tidak untuk hal satu ini. Yang masih harus dijadikan bahan perhatian adalah seberapa besar dan seberapa banyak lukisan yang ingin diletakkan di ruangan. Terlalu banyak memajang lukisan juga tidak bagus mengingat ukuran ruangan yang kecil.

Boleh percaya atau tidak, ada sejumlah lukisan yang ternyata bisa memberikan efek luas pada ruangan yang kecil. Nah, lukisan seperti itulah yang harus kalian pajang di ruangan. Tidak perlu terlalu besar, cukup pilih desain lukisan artistik yang bisa menambahkan kesan luas pada rungan kecil Anda.

7. Sisakan Sedikit Ruang Untuk Bergerak

space

Kita seringkali tidak tahan jika melihat ruangan yang kosong. Kita selalu memiliki pikiran apa sih yang bisa kita letakan atau pajang di ruangan tersebut. Dan pola pikir seperti itulah yang bisa menjadi bumerang bagi kita sendiri. Ruangan kecil tapi masih diisi dengan sejumlah perabotan rumah? Hasilnya seudah jelas bahwa ruangan tersebut akan terlihat semakin sempit.

Meletakkan sejumlah perabotan memang tidak salah, tapi kalian juga harus perhatikan ukuran dan seberapa banyak perabotan yang ingin kalian letakkan. Jangan sampai kalian meletakkan banyak perabotan sehingga membuat ruang gerak menjadi terbatas. Sisakan sedikit ruang bergerak agar ruangan kecil kalian bisa terlihat lebih lega.

6. Seleksi Perabotan Yang Tidak Dibutuhkan

pilih furniture

Coba kalian perhatikan ruangan kalian. Apakah ruangan kalian terasa lebih sempit dari biasanya dan membuat sulit untuk beraktivitas? Jangan langsung salahkan ruangan kalian, mungkin memang benar bahwa ruangan kalian kecil tapi coba perhatikan lagi ada berapa banyak perabotan atau peralatan yang ada di dalam ruangan tersebut.

Kita tidak bisa meletakkan atau memajang sembarangan perabotan di ruangan yang kecil. Seleksi kembali perabotan yang ada di dalam ruangan. Jika ada perabotan yang tidak terlalu berguna, lebih baik kalian menyimpannya saja di gudang. Perabotan yang tidak dibutuhkan hanya akan memakan tempat dan membuat ruangan jadi sumpek.

5. Letakkan Cermin

mirror

Masih memiliki fungsi yang kurang lebih dengan lukisan pada poin 8, jika kalian ingin membuat efek ruangan kecil menjadi lebih besar, maka salah satu caranya adalah meletakkan sebuah cermin. Jika diletakkan di posisi yang tepat, ruangan kecil bisa terasa sedikit lebih lega.

Letakkan sebuah cermin berseberangan dengan jendela. Cahaya yang masuk melalui jendela bisa dipantulkan oleh cermin dan dapat membuat ruangan menjadi sedikit lebih luas. Sebelum itu, pastikan dulu bahwa jendela kalian memiliki pencahayaan yang baik.

4. Usahakan Adanya Cahaya Yang Masuk

cahaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pencahayaan ruangan adalah salah satu hal yang patut untuk diperhatikan. Apalagi jika ruangan kalian kecil, maka salah satu cara untuk membuat terasa lebih besar adalah dengan memperhatikan seberapa bagus pencahayaan yang ada dalam ruangan tersebut.

Cahaya yang dimaksud disini bukanlah cahaya yang berasal dari lampu ruangan melainkan cahaya alami yang berasal dari matahari. Cahaya matahari yang masuk melalui jendela dikatakan ampuh untuk membuat ruangan kecil kalian bisa terlihat lebih luas. 

3. Pemilihan Warna Ruangan

warna ruangan

Banyak orang yang mengatakan bahwa warna ruangan gelap bisa membuat lebih nyaman karena menyerap cahaya. Berbeda dengan warna cerah yang justru bisa memancarkan cahaya. Tapi jika kalian memilih warna gelap di ruangan yang kecil, warna gelap ini bisa memberikan kesan sempit pada ruangan.

Sebaiknya kalian gunakan warna cerah untuk dinding dan langit ruangan karena warna cerah bisa membuat ruangan terasa lebih luas. Kalian juga diperbolehkan untuk menghias langit-langit dengan hiasan yang menarik. Segala sesuatu yang bisa membuat pandangan tertarik ke atas bisa membuat kesan ruangan menjadi lebih luas.

2. Gunakan Perabotan Yang Memiliki Banyak Fungsi

multifunction

Melihat perabotan yang unik dan aneh membuat kita menjadi tertarik untuk membelinya. Punya rasa kebanggaan apabila di ruangan ada perabotan dengan bentuk yang unik. Tapi, lagi-lagi kalian harus berhati-hati dalam membeli perabotan. Jangan asal membeli hanya karena perabotan tersebut itu memiliki bentuk yang unik. Perhatikan juga bentuk dan fungsinya. Jika memiliki fungsi yang tidak terlalu berguna dan juga memiliki bentuk yang besar, lebih baik urungkan niat untuk membelinya,

Begitu banyak perabotan unik lain dengan beragam ukuran yang lebih berguna untuk mengisi ruangan Anda. Jangan hanya asal unik tapi pastikan bahwa perabotan tersebut memiliki fungsi yang banyak. Perabotan yang multi fungsi bisa membuat kita jadi lebih hemat uang dalam membeli perabotan sehingga ruangan kecil kita bisa menjadi terlihat lebih luas.

1. Perhatikan Posisi Perabotan Rumah

posisi furniture

Satu hal lagi masalah yang dimiliki oleh orang yang memiliki ruangan kecil yaitu tidak bisa sembarangan membeli dan meletakan perabotan. Tidak hanya asal membeli perabotan, kalian juga dituntut untuk bisa menentukan dimana perabotan itu harus diletakkan. Jangan sampai perabotan yang sudah kalian beli hanya bisa membuat penuh ruangan kalian yang kecil. 

Salah satu cara untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih besar adalah dengan memposisikan perabotan dengan tepat. Jangan mendorong perabotan terlalu dekat ke dinding karena hal itu bisa menimbulkan kesan sempit pada ruangan. Sisakan beberapa cm antara dinding dengan perabotan agar lebih ada sedikit ruang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas