home -> Lainnya -> 10 Tips Mendesain Kartu Nama yang Efektif
18 Juli 2018 07:46

10 Tips Mendesain Kartu Nama yang Efektif

Oleh admin dalam Lainnya pada April 02, 2013

Kartu nama merupakan sebuah kartu yang digunakan untuk memperkenalkan suatu bisnis atau diri seseorang, juga adalah salah satu cara yang efektif agar seseorang dapat mengenal Anda tanpa perlu melihat Anda secara langsung. Mereka yang mendapatkannya mungkin tidak membutuhkan Anda sekarang, tetapi ke depannya mungkin. Tetapi dari banyaknya kartu nama yang sudah ada, bagaimana membuat kartu nama Anda efektif? Berikut 10 tips untuk mendesain kartu nama yang efektif.

1. Ketahui Tujuan Anda

sketsa kartu

Sebelum membuat sebuah kartu nama, tentukanlah tujuan Anda. Apakah Anda hanya ingin memperkenalkan diri Anda? Atau Bisnis Anda? Atau bahkan Anda ingin menonjol di pasar Anda? Setelah Anda menentukan tujuan Anda, maka akan lebih mudah untuk mengetahui apa yang akan diletakkan di kartu nama Anda. Itu juga akan menjadi kerangka bagaimana kartu nama Anda akhirnya.

2. Masukkan semua Informasi yang Penting

informasi penting

Terkadang, mungkin karena motivasi berlebih, beberapa orang gagal untuk mengikutsertakan beberapa informasi pada kartu nama mereka. Pastikan bahwa informasi nama, kontak seperti nomor telepon, fax, alamat kantor, nama perusahaan dan logo perusahaan ada di kartu nama Anda. Inilah yang ingin diketahui klien pada kartu nama Anda, bukan hanya desain yang berlebih.

3. Sebutkan Bisnis Anda

bisnis Anda

Hanya nama perusahaan tidaklah cukup. Beritahukan apa yang Anda lakukan dan jasa seperti apa yang Anda tawarkan. Deskripsikan bisnis Anda dengan baik. Anda tidak perlu membuatnya panjang dan membingunkan, buatlah sebuah istilah atau kalimat pendek yang melambangkan apa yang Anda kerjakan. Hal yang paling penting adalah agar orang tersebut tidak bingung dengan sebenarnya apa yang Anda tawarkan.

4. Buatlah Elegan dan Lain dari yang Lain

berbeda dari yang lain dan elegan

Buatlah kartu nama Anda gampang diingat. Orang-orang menyukai kartu nama yang unik dan membuat mereka berpikir layak disimpan. Tentu saja sudah banyak sekali bentuk kartu nama, dan semua itu tergantung ke Anda untuk membuatnya mencolok dan menarik. Jika Anda melakukan ini, klien Anda pasti tidak akan melupakan kartu nama Anda.

5. Gunakan Foto atau Gambar

kartu gambar dan foto

Memberikan seseorang sebuah kartu yang hanya berisikan nama dan nomor kontak Anda, serupa dengan memberikan mereka sebuah kertas dengan tulisan tangan Anda. Jadi, mengapa tidak menggunakan gambar?

Anda dapat meletakkan foto Anda jika Anda inginkan. Ini dapat membuat klien lebih mudah mengingat muka Anda. Atau Anda dapat menggunakan gambar yang menggambarkan bisnis Anda. Beberapa lainnya menggunakan sebuah typography - sebuah seni pengaturan kata yang juga memberikan efek cuku signifikan.

6. Gambarkan Diri Anda

gambarkan diri ANda

Kartu nama Anda adalah perwakilan dari diri Anda sendiri. Pastikan image yang ditawarkan kartu nama Anda juga memberikan dampak baik ke diri Anda sendiri maupun bisnia Anda. Untuk lebih jelasnya lihat situs Bagaimana mendesain Kartu Nama yang baik, di sini mereka mendiskusikan tipe-tipe berbeda dari kartu dan elemen yang mungkin dapat digunakan dalam desain Anda.

7. Gunakan Kualitas Kertas yang Baik

pilihan kertas yang baik

Carilah material yang Anda inginkan untuk kartu nama Anda. Konsep kartu Anda harus cocok dengan tipe kartu yang Anda gunakan. Pastikan tipe yang ingin Anda gunakan, seperti glossy, matte, torn edges, texture dan sebagainya. Setiap jenisnya harus dapat di-print dengan baik dan cocok dengan selera serta kartu nama Anda.

8. Pilih Ukuran yang Paling Tepat

pilihan ukuran yang tepat

Ada beberapa ukuran dari kartu nama yang sesuai dengan dudukan kartu yang dapat dibeli di toko-toko. Bahkan dompet juga mempyunyai kantongnya sendiri untuk kartu nama, dan itu berarti bahwa kita harus menggunakan ukuran yang tepat sehingga dapat masuk ke dalam dudukan kartu atau kantong tersebut. Jika kartu Anda tidak cocok, tentu klien atau orang yang menerima kartu Anda akan sembarangan meletakkan kartu nama Anda dan kemungkinan hilang tinggi.

9. Buatlah Mudah Dibaca

mudah dibaca

Anda mungkin ingin memperluas pasar bisnis Anda baik secara mendunia atau hanya lokasi tertentu. Anda dapt melakukan ini dengan secara efektif menggunakan bahasa yang sesuai dengan lokasi yang Anda tentukan. Ini akan memberikan kesannya sendiri bagi klien Anda dan memberikan keuntungan bagi Anda.

10. Bandingkan Desain Anda dengan yang Lain

bandingkan dengan yang lain

Sebelum finalisasi kartu nama Anda, yakni printing akhir. Cobalah bandingkan dengan kartu nama lain dan lihat kemungkinan perubahan lain yang mungkin Anda lakukan. Tetapi jika Anda berpikir bahwa kartu nama Anda telah berbeda dari yang lain dan cukup puas, maka itulah saatnya Anda me-print kartu nama Anda.

sumber: naldzgraphics.net

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas