home -> Unik -> 10 Istana Terkenal Di Dunia Yang Harus Kamu Kunjun...
18 Juli 2018 08:04

10 Istana Terkenal Di Dunia Yang Harus Kamu Kunjungi

Oleh reagan dalam Unik pada July 20, 2016

Pada jaman dulu, istana dibangun dengan tujuan sebagai tempat raja beristirahat dan juga sebagai tempat diadakannya pertemuan dengan para raja dari luar daerah. Setelah era raja telah usai dan suatu negara berganti sistem pemerintahan, istana tersebut tidak lagi digunakan. Namun bukan berarti istana itu menjadi terbengkalai begitu saja. Beberapa negara masih ada yang merawat istana tersebut sebagai bangunan bersejarah. Berikut ini adalah daftar 10 istana terkeren yang harus kamu kunjungi.

10. Fairmont Le Chateau Frontenac, Amerika Utara

Fairmont Le Chateau Frontenac

Bisa dibilang bahwa Fairmont Le Chateau Frontenac yang berada di Kanada ini bukan sepenuhnya sebuah istana melainkan hotel. Alasan kenapa hotel ini bisa masuk ke dalam daftar istana paling terkenal di dunia adalah designnya yang menyamai seperti sebuah istana.Desain hotel ini campuran dari gotik dengan istana seperti di negeri dongeng.

Berada tepat di jantung kota Quebec, Fairmon Le Chateau Frontenac berhasil meraih kepopuleran berkat bentuk gedung dan juga pelayanan hotelnya yang memuaskan. Hotel dengan desain mirip istana tersebut pernah muncul di film Hitchcock pada tahun 2012. Sebagai tambahan, konstraksi gedung ini masih belum berubah dari abad ke-19. 

9. The Palace of Pena, Portugal

The Palace of Pena

Kota Sintra yang berada tidak jauh dari ibukota Portugal yakni Lisbon, merupakan salah satu negara yang terkenal dengan pemandangan kota layaknya di negeri dongeng. Selain memiliki pemandangan yang indah, di kota Sintra ini juga terdapat sebuah istana megah bernama The Palace of Pena.

Berdiri kokoh di bukit Sintra, The Palace of Pena merupakan istana yang dibangun pada abad ke-19 sebagai bentuk keromantisan di negeri itu. Bentuk The Palace of Pena terinspirasi dari gaya arsitektur Manueline dan Moorish Dikelilingi oleh hutan, istana megah ini dirancang agar tetap bisa dilihat dari segala sisi. The Palace of Pena memiliki sebuah taman dimana ditumbuhi dengan lebih dari 500 jenis pohon.

8. Hohenwerfen Castle, Austria

Hohenwerfen Castle

Istana yang terkenal berikutnya berada di salah satu negara di Eropa yakni Austria. Istana megah tersebut dinamakan Hohenwerfen Castle. Dengan tinggi menara yang lebih dari 155 meter, Hohenwerfen telah berdiri lebih dari 900 tahun di lembah Salzachtal. Istana yang juga berfungsi sebagai benteng pertahanan ini telah diserang beberapa kali namun masih kokoh beridir.

Tidak hanya selamat dari sejumlah serangan, istana ini menjadi penjara bagi sejumlah raja dan pemimpin terkenal, salah satunya adalah uskup agung Wolf Dietrich von Raitenau. Dibangun pada abad ke-11, posisi Hohenwerfen dihimpit oleh Berchtesgaden Alps dan gunung Tennengebirge. 

7. Corvin Castle, Romania

Corvin Castle

Corvin Castle pertama kali selasai dibangun pada tahun 1446. Diawali oleh titah John Hunyadi yang menginginkan perubahan terhadap bentuk lama dari istana tersebut. Istana ini aslinya merupakan pemberian hadian dari raja Hungary di tahun 1409 bernama Sigismund untuk ayah John Hunyadi. 

Dikenal dengan nama Hunyadi Castle atau Hunedoara Castle, istana ini dibangun dengan gaya gotik di Hunedoara, Romania. Salah satu istana terkenal di dunia ini merupakan salah satu dari 7 keajaiban yang dimiliki oleh Romania. Sepanjang umurnya, Corvin Castle telah mengalami 4 kali perbaikan atau perubahan. Terakhir dilakukan perbaikan pada abad ke-19.

6. Windsor Castle, Inggris

Windsor Castle

Menjadi tempat istirahat ratu dan juga keluarga kerajaan Inggris, Windsor Castle terkenal dikarenakan istana ini merupakan salah satu istana tertua dan juga terbesar yang ada di dunia. Gedung bersejarah ini telah berdiri hampir lebih dari 1000 tahun dan menjadi bangunan paling bersejarah di Inggris.

Berada di Berkshire, Inggris, Windsor Castle dibangun di abad ke-11. Di dalam istana, dibangun pula sebuah gereja kecil St George's Chapel. Gereja kecil tersebut dibangun di dalam istana pada abad ke-15. Hampir semua kegiatan penting yang berkaitan dengan keluarga besar ratu, dilangsungkan di istana ini.

5. Culzean Castle, Skotlandia

Culzean Castle

Istana satu ini dianggap sebagai permata berharga oleh pemerintah dan warga Skotlandia. Berada dekat dengan Maybole, Culzean Castle pernah dirancang ulang di akhir abad ke-18 oleh arsitek Robert Adam. Robert Adam dikenal sebagai arsitek yang mengedapankan desain neo-klasik Georgia.

Saking pentingnya, gambar Culzean Castle dimasukan ke dalam uang kertas Skotlandia yang bernilai 5 pound. Tidak cuma terkenal akan kemegahannya, Culzean Castle ternyata dihuni oleh 7 hantu, dua diantaranya adalah hantu peniup suling dan hantu pelayan perempuan. 

4. The Chateau of Chambord, Perancis

The Chateau of Chambord

Beralih ke negara yang termasuk ke dalam salah satu negara dengan makanan terbaik di dunia yaitu Perancis. Dibangun pada tahun 1519, Chateau of Chambord bisa kalian jumpai dengan berkunjung ke Chambord. Istana ini tidak berisi dengan perabotan seperti istana pada umumnya, ini dikarenakan Chateau of Chambord digunakan oleh raja Francis I sebagai tempat menyimpan hasil berburunya.

Meski sebagai besar furnitur telah dipindahkan, istana masih banyak mendapat kunjungan dari turis dalam maupun luar negeri. Di tahun 2007 tercatat sebanyak 700.000 orang yang mengunjungi Chateau of Chambord. Banjir besar yang terjadi pada tahun 2016 mengakibatkan kerusakan pada pekarangan, tapi istananya sendiri masih tetap berdiri.

3. The Hohenzollern Castle, Jerman

The Hohenzollern Castle

Hohenzollern diperkirakan dibangun pada abad pertengahan yakni abad ke-11. Dibangun di pnncak Berg Hohenzollern setinggi 234 meter di atas kota Hechingen dan Bisingen, Jerman. Tidak ada informasi jelas mengenai seberapa besar ukuran istana dan juga furnitur di dalamnya. Beberapa orang berpendapat bahwa peralatan yang ada di dalam istana tersebut dibuat pada abad ke-11.

Hohenzollern memiliki pemandangan bagus sehingga bisa menjadi magnet bagi para wisatawan. Sebanyak 300.000 pengunjung tiap tahunnya yang selalu mengunjungi istana besar ini. Di Jerman, istana ini menjadi salah satu artifak sejarah penting yang selalu dijaga keasliannya.

2. Durham Castle, Inggris

Durham Castle

Kembali lagi ke Inggris, salah satu istana terkenal di dunia berikut ini bernama Durham Castle. Didirkan pertama kali di akhir abad ke-11 atas perintah raja Inggris yang bernama William the Conqueror. Dengan cepat, istana ini menjadi benteng solid Inggris di saat itu. Sesuai dengan namanya, istana ini berlokasi di kota Durham.

Meski terbuka untuk para turis, namun orang tidak boleh sembarangan masuk ke dalam istana. Turis diperbolehkan untuk melihat ke dalam istana apabila ditemani dengan pemandu wisata. Pada tahun 1840, Durham Castle telah resmi menjadi milik Universitas Durham.

1. Neuschwanstein Castle, Jerman

Neuschwanstein Castle

Tiba di urutan pertama dalam daftar istana paling terkenal di dunia. Istana ini dipuji oleh banyak orang sebagai istana dengan pemandangan paling romantis yang ada di Hohenschwangau, Jerman. Neuschwanstein selesai dibangun dan dibuka untuk umum pada tahun 1886. Dibangun di atas sebuah desa di Hohenschwangau.

Setelah resmi dibuka pada tahun 1886, istana paling terkenal di dunia ini langsung kebanjiran turis. Total 61 juta orang mengunjungi istana, dengan rata-rata 1,3 juta turis per tahunnya. Istana Neuschwanstein sempat muncul di beberapa film seperti Chitty Chitty Bang Bang dan The Great Escape. Istana ini pula yang menjadi inspirasi film Disney berjudul Sleeping Beauty.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas