home -> Lifestyle -> 10 Tempat Terbaik Untuk Diving Dan Snorkeling Di I...
20 Februari 2017 08:59

10 Tempat Terbaik Untuk Diving Dan Snorkeling Di Indonesia

Oleh reagan dalam Lifestyle pada July 15, 2016

Tidak hanya di darat, tapi di laut juga memiliki keindahan tersendiri yang tidak kalah cantiknya dengan yang ada di daratan. Indonesia yang terkenal akan kehidupan lautnya yang beragam dan indah menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan olahraga diving dan snorkeling. Berikut ini ada 10 tempat diving dan snorkeling terbaik. Jadi bagi kalian yang ingin melihat indahnya kehidupan laut, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup dengan kunjungi salah satu dari 10 tempat yang akan kita bahas berikut ini.

10. Tulamben, Bali

tulamben

Bali menjadi salah satu pulau di Indonesia yang menjadi pusat daya tarik wisatawan mancanegara. Selain terkenal akan pantai Kutanya yang indah, ternyata di Bali juga terdapat tempat dimana kita bisa menikmati keindahan alam lautnya yang sangat cantik yakni Tulamben.

Tulamben adalah sebuah desa kecil yang berada di sebelah utara-timur pantai Bali. Tempat ini telah dikenal sebagai salah satu tempat diving dan snorkeling terbaik di Indonesia sejak tenggelamnya kapal perang milik Amerika pada tahun 1942. Kapal perang tersebut tenggelam diakibatkan serangan torpedo yang dilepaskan oleh Jepang.

9. Kepulauan Banda, Maluku

kepulauan banda

Berlokasi di Kepulauan Banda, Maluku adalah salah satu tempat diving sekaligus snorkeling terbaik yang ada di Indonesia. Kepulauan Banda sendiri masih termasuk ke dalam 10 kepulauan kecil dengan pegunungan berapi yang masih aktif di laut Banda. Meskipun begitu, tetap saja tidak menghalangi para pecinta laut untuk menyelam melihat indahnya kehidupan laut di Maluku.

Kepulauan Banda merupakan harta karun tersembunyi milik Indonesia dengan sejumlah kekayaan laut yang beraneka ragam. Disini kalian bisa melihat indahnya batu koral, ikan, dan penghuni laut lainnya. Menyelam di Kepulauan Banda bisa membawa kalian menuju surga bawah laut yang tidak akan bisa dilupakan.

8. Pulau Karimunjawa, Kepulauan Seribu

karimunjawa

Kepulau Seribu adalah objek wisata terkenal di Indonesia selain Bali. Dari sekian banyak pulau kecil yang ada disana, salah satu pulau yang mengundang minat para wisatawan adalah pulau Karimunjawa. 

Karimunjawa adalah salah satu dari sekian banyak pulau kecil di Kepulauan Seribu dimana dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk melakukan diving dan snorkeling khususnya di Indonesia. Dengan populasi warga sekitar 10.000 orang, warga di Karimunjawa sebagian besar hidup dari kekayaan laut yang ada di Karimunjawa. Batuan karang dan berbagai macam ikan dengan warna indah sudah menjadi atraksi utama yang diincar oleh para wisatawan.

7. Pulau Weh, Sumatra

pulau weh

Sedkit berpindah dari Kepulauan Seribu menuju Sumatra. Disinilah kalian bisa menemukan tempat indah untuk melakukan diving dan juga snorkeling. Pulau Weh atau yang lebih dikenal oleh penduduk Indonesia dengan nama Sabang adalah pulau vulkanik kecil yang berada di barat laut pulau Sumatra.

Dengan menggunakan kapal feri, dari Banda Aceh menuju pulau Weh hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Lamanya perjalanan menuju pulau Weh tidaklah sebanding dengan keindahan alam laut yang tersaji di pulau Weh. Pulau Weh adalah ekosistem laut yang sangat kaya. Karena terkenal akan kehidupan lautnya, pemerintah Indonesia sangat melindungi kelestarian yang ada di pulau Weh. Beberapa spesies batu koral langka bisa ditemukan di pulau ini.

6. Menjangan, Bali

menjangan

Meski tidak memiliki luas yang besar, namun pulau Menjangan tetap bisa menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan baik itu lokal maupun luar. Apalagi kalau bukan karena keindahan lautnya yang dipenuhi dengan berbagai macam ikan dan juga terumbu karang yang cantik.

Pulau Menjangan dapat dikunjungi jika kalian pergi ke Bali. Hanya berjarak beberapa kilometer dari pantai utara Bali, maka kalian bisa melihat sendiri keindahan yang ada di Menjangan. Pulau Menjangan sendiri masih merupakan bagian dari West Bali National Park. Air laut yang bersih, jernih, dan kaya akan makhluk hidup laut menjadi atraksi yang pasti akan bisa kalian temukan.

5. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

wakatobi

Berada di Laut Banda, Pulau Wakatobi sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu tempat sempurna untuk melakukan olahraga diving dan snorkeling. Kaya akan terumbu karang dan juga ikan kecil, inilah tempat wisata laut yang sungkan untuk dilewatkan. Bisa dibilang surga laut satu ini masih belum sering terjamah oleh wisatawan.

Pulau Wakatobi berada di propinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Nama Wakatobi sendiri juga menjadi nama dari Taman Nasional Wakatobi yang diresmikan pada tahun 1996. Dengan total luas 1,39 juta hektar, Wakatobi merupakan rumah bagi kehidupan laut yang ada di Laut Banda.

4. Pulau Bunaken, Sulawesi Utara

bunaken

Salah satu dari beberapa tempat top diving di Indonesia adalah Pulau Bunaken. Taman Laut Bunaken menjadi tempat favorit para penyelam dari beberapa belahan dunia dikarenakan aneka ragam kehidupan laut yang dapat dijumpai disana. Air lautnya juga sangat jernih sehingga sangat mudah melihat ikan berenang.

Terdiri dari lebih 70 jenis terumbu karang, 5 jenis kura-kura, dan juga beberapa hiu karang. Bahkan buaya air asin juga bisa dilihat di Taman Laut Bunaken. Pulau Bunaken selain dikenal sebagai tempat terbaik untuk melakukan diving dan snorkeling, disini juga merupakan tempat wall diving yang terkenal.

3. Pantai Pink, Pulau Komodo

pantai pink

Apa yang pertama kali kalian pikirkan ketika mendengar Pulau Komodo? Pastinya kalian akan teringat dengan sosok hewan komodo yang menyeramkan. Memang benar bahwa Pulau Komodo terkenal akan hewan komodo, tapi ternyata ada hal menarik lain yang dapat ditemui di Pulau Komodo yaitu Pantai Pink atau Pantai Merah Muda.

Pantai Pink menjadi salah satu tempat sempurna bagi para penyelam. Pantai berwarna merah muda ini sangat menarik di mata para penyelam dikarenakan pasirnya yang berwarna merah muda dan juga tentunya kehidupan bawah laut yang beranekaragam. Air lautnya yang tenang dan juga masih belum banyak turis membuat tempat ini sangat sempurna untuk melakukan diving.

2. Pulau Togian

togian

Tidak ada penyelam yang tidak ingin menyelam di Pulau Togian. Dari sekian banyak tempat terbaik untuk melakukan diving dan snorkeling, Pulau Togian adalah pilihan terbaik kedua setelah Raja Ampat. Pulau Togian berlokasi di sebelah utara Sulawesi dan masih belum banyak dijelajahi oleh manusia.

Pulau Togian adalah salah satu dari 56 pulau yang menjadi pilihan favorit para penyelam. Dua pulau besar selain Togian adalah Batudaka dan Talatakoh. Keindahan alam laut yang ada di Pulau Togian sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. 

1. Cape Kri, Raja Ampat

cape kri

Tiba di tempat terbaik diving dan juga snorkeling di Indonesia yaitu Cape Kri di Raja Ampat. Raja Ampat sendiri berlokasi di sebelah barat laut dari kepala burung Papua Nugini. Merupakan wilayah kepulauan dengan total sebanyak 1.500 pulau kecil yang dapat ditemui disana.

Inilah tempat diving dan snorkeling terbaik yang bahkan telah diakui oleh ahli sebagai lokasi dengan kehidupan laut paling banyak yang dimiliki oleh Indonesia. Ribuan jenis ikan, 6 spesies kura-kura, serta 450 spesies terumbu karang membuat Cape Kri menjadi surganya para penyelam.

 
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas