home -> Lainnya -> Sejarah dan Asal Mula April Mop
31 Oktober 2014 21:03

Sejarah dan Asal Mula April Mop

Oleh admin dalam Lainnya pada April 01, 2013

April Mop, atau terkadang dikenal dengan nama April Fools' Day atau juga All Fools' Day, adalah hari yang dikenal sebagai hari dimana orang-orang akan melakukan tipu menipu dan lelucon dengan tujuan sebagai candaan terhadap satu sama lainnya. Hari ini selalu dirayakan tepat pada tanggal 1 April.  Tapi dari manakah asal mula April Mop ini?

SEJARAH DAN ASAL MULA

Sejarah April Mop 1 April

Asal mula dan sejarah nyata dari April Mop ini sendiri tidaklah sejelas sejarah hari-hari lainnya. Jika ditelusuri, maka akan ada banyak versi mengenai sejarah dan asal mula dari April Mop ini sendiri, dan semuanya berbeda-beda. Berikut versi-versi mengenai asal mula April Mop.

TAHUN BARU DI PERANCIS PADA ABAD 16 (PALING BANYAK DIPERCAYA)

tahun baru perancis

Salah satu versi yang paling dipercaya benar sebagai asal mula dari April Mop adalah berawal pada tahun 1582, dimana rakyat Perancis merayakan tahun baru pada awal bulan April atau akhir bulan Maret. Sama halnya seperti pada sekarang ini, perayaan tersebut dipenuhi dengan pesta dan sejenisnya.

Hal ini kemudian diubah oleh Pope Gregory XIII mengadopsi Kalender Gregorian - Sistem kalender yang kita gunakan sekarang ini dimana tanggal 1 Januari adalah tahun baru yang sebenarnya. Tetapi karena ketidaktahuan, ketidakpercayaan atau keduanya, 1 April terus dirayakan, tetapi dengan makna yang berbeda yakni lelucon dan tipu menipu.

Hal ini menjadi tradisi tahunan, khususnya pada negara-negara di Eropa.

PERAYAAN MUSIM SEMI

spring festival

Terkait atas versi tahun baru di Perancis sebelumnya, beberapa orang mempercayai bahwa rakyat Perancis bukan merayakan tahun baru pada tanggal 31 Maret, melainkan merayakan Hari Paskah dan itu sama sekali tidak terkait dengan tanggal 1 April.

Orang-orang ini lebih mempercayai bahwa April Mop berasal dari perayaan atas datangnya musim semi (Spring Festival Renewal) yang memang biasa diikuti dengan tipu menipu dan lelucon.

Musim semi sendiri dimulai dari tanggal 20 Maret sampai tanggal 20 Juni. Jadi 1 April merupakan awal bulan baru bagi musim semi.

PERANG SALIB

perang salib

Versi lainnya mengaitkan sejarah April Mop dengan Perang Salib ratusan tahun lalu. Dikatakan bahwa tentara Salib menipu tentara Spanyol yang kalah perang. Mereka mengatakan bahwa Tentara Spanyol akan dibebaskan dan dibawa keluar dengan menggunakan kapal.

Tetapi sayangnya itu semua hanyalah strategi dari Tentara Salib untuk menipu Tentara Spanyol, pada saat Tentara Spanyol masuk ke dalam kapal, mereka malah dibunuh di dalam kapal tersebut oleh Tentara Salib.

Hal itu berkenaan dengan Tanggal 1 April.

BEBERAPA BENTUK PERAYAAN APRIL MOP DI BERBAGAI NEGARA

Bentuk perayaan April Mop sendiri dirayakan secara berbeda-beda di berbagai negara, bahkan beberapa di antaranya tidak jatuh di tanggal 1 April, tetapi memiliki perayaan serupa, yakni lelucon dan tipu menipu.

IRAN

sizdah bedar

Rakyat Iran melakukan lelucon satu sama lain pada tanggal ke-13 Tahun Baru Persia, yang jatuh pada tanggal 1 April atau 2 April. Pada hari itu, dikenal istilah Sizdah Bedar dimana Rakyat Iran akan keluar dari rumahnya untuk berpesta dan merupakan salah satu tradisi lelucon yang masih ada sampai sekarang ini.

PERANCIS

poisson d avril

Di Perancis, 1 April dikenal dengan sebutan "Poisson d'Avril" yang dimana beberapa anak kecil akan menipu teman mereka dengan menempelkan kertas berbentuk ikan di punggung teman mereka. Pada saat teman mereka menemukan hal tersebut, si pembuat lelucon akan meneriakkan "Poisson d`Avril" yang memiliki arti "Ikan April".

AMERIKA

tali sepatu

Rakyat Amerika juga melakukan lelucon serupa terhadap teman atau orang asing pada tanggal 1 April. Salah satu trik paling umum adalah mereka menunjuk sepatu teman mereka dan mengatakan bahwa sepatunya tidak terikat. Walaupun itu lelucon paling umum, masih banyak bentuk lelucon lainnya.

Bentuk dari perayaan April Mop ini sendiri masih banyak dan dilakukan di berbagai negara seperti Korea, Kanada, British, Filipina, Polandia, Jerman dan masih banyak lainnya.

--

Tentu saja dari ratusan tahun asal mula April Mop, sudah ada banyak lelucon yang dilakukan pada hari itu dan beberapa di antaranya sangat berhasil seperti saat Program Televisi BBC membuat sebuah lelucon yang menampilkan orang Swiss memanen Spaghetti dari pohon. Lelucon-lelucon yang berhasil seperti itu juga dapat dilihat di wikipedia.

Walaupun sekarang April Mop sudah tidak begitu dikenal dan dirayakan, bahkan beberapa orang menganggapnya sangat menjengkelkan. Tapi bagi mereka pecinta lelucon dan tipu menipu, 1 April memiliki keistimewaannya tersendiri.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas