home -> Teknologi -> Simak 10 Tips Berikut Sebelum Kamu Membeli Kamera...
18 Januari 2018 07:11

Simak 10 Tips Berikut Sebelum Kamu Membeli Kamera Digital

Oleh reagan dalam Teknologi pada July 11, 2016

Banyak orang menggunakan kamera digital untuk mengambil atau merekam momen indah agar bisa dikenang kemabli suatu saat. Perlu kalian ketahui bahwa banyak sekali tipe kamera digital dan juga harganya yang bervariasi. Salah membeli, maka kalian bisa menyesal. Untuk itulah sebelum memutuskan untuk membeli kamera digital, diperlukan waktu untuk memutuskan kamera digital mana yang ingin dibeli. Berikut ini ada 10 tips berguna bagi kamu yang ingin membeli kamera digital.

10. Garansi

garansi kamera

Ketika seseorang membeli barang elektronik, pasti akan menanyakan tentang garansi. Meski tidak mengharapkan bahwa barang tersebut akan rusak tapi tidak ada salahnya kita berjaga-jaga dengan menanyakan garansi barang kepada sang penjual. Hal yang sama juga perlu kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli kamera digital.

Pentingnya menanyakan jangka waktu garansi kamera berguna agar kalian nantinya tidak perlu mengeluarkan uang ketika harus membetulkan kamera kalian bila mengalami kerusakan. Semakin panjang durasi garansi akan semakin bagus. Tanyakan juga dimanakah kalian bisa mengklaim garansi tersebut.

9. Kelengkapan Kamera

kelengkapan kamera

Sebelum membeli suatu barang, tanyakan pada penjual mengenai kelengkapan barang yang akan didapat. Tidak lucu apabila setelah kita membeli suatu barang ternyata ada sesuatu yang terlupa. Apalagi jika itu bersangkutan dengan membeli kamera digital.

Perlu kalian tahu bahwa perlengkapan kamera itu sangatlah banyak. Dari baterai, lensa, tripod, memory card, dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan kelengkapan kamera tersebut ada di dalam kotak kamera yang mau kalian beli. Untuk itu, ajaklah orang yang mengerti tentang kamera digital agar bisa membantu kalian memeriksa kelengkapan kamera.

8. Ukuran Kamera

ukuran kamera

Ukuran adalah segalanya. Mungkin kalimat itu sudah sering kalian dengar. Saat membeli suatu barang, salah satu hal yang harus perhatikan adalah ukuran dari barang tersebut. Jika terlalu besar atau terlalu kecil tentunya barang tersebut tidak akan terasa nyaman untuk dipakai. Begitu juga dengan kamera digital.

Sekarang ini, kamera digital yang dijual di pasaran memiliki bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Sebelum memustuskan untuk membelinya, pastikan dulu kamera mana yang bisa membuat kamu nyaman memakainya. Semakin besar ukuran suatu kamera tentunya akan semakin merepotkan untuk dibawa kemana-mana.

7. Harga Jual

harga jual

Pernahkah kamu berpikir untuk menjual salah satu barang yang pernah kamu beli? Ketika kamu jual, berapakah kerugian atau keuntungan yang kamu dapat? Jangan sampai kamu menjual barang dengan harga jual turun jauh dari pertama kali membelinya. Untuk itulah sebelum kamu membeli barang, perkirakan dulu kira-kira berapa harga jualnya nanti.

Ketika membeli kamera digital tentu kita akan mencari kamera dengan harga yang cocok dan terjangkau di saku. Selain mencari kamera dengan harga yang terjangkau, jangan lupa untuk mencari tahu berapa harga jual kamera tersebut. Jangan sampai kamera yang kamu beli dengan susah payah, harga jualnya justru terjun bebas.

6. Konsultasi Pada Yang Ahli

konsultasi pada yang ahli

Ketika sedang mengalami kesulitan, bukan hal yang aneh misalnya kita berkonsultasi dengan yang sudah berpengalaman. Dengan konsultasi, kita bisa mengurangi resiko akan salah mengambil keputusan. Begitu juga dengan membeli kamera digital.

Membeli kamera digital tidak semudah yang kalian pikirkan. Jangan samakan membeli kamera digital seperti memilih makanan di supermarket. Kamera digital memiliki ragam variasi dan perlengkapan yang mungkin saja masih belum kamu ketahui. Tanya pada teman yang lebih akan lebih membantu. Lebih banyak bertanya dulu daripada nanti salah membeli.

5. Coba Terlebih Dahulu

coba kamera

Pernahkah kalian diberi contoh makanan ketika sedang berbelanja di supermarket? Atau pernahkah kalian mendapat kertas kecil yang sudah disemprot parfum? Sample sederhana seperti ini digunakan agar memberi tahu konsumen akan produk apa yang sedang ditawarkan. Jika memungkinkan, kalian juga bisa mencoba sejumlah kamera sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kalian bisa saja mencoba kamera digital milik teman atau saudara. Sembari mencoba, kalian bisa lebih tahu lebih mendalam cara kerja kamera tersebut, spesifikasi, zoom, serta lensa yang digunakan. Jika tidak bisa mencoba kamera, membaca review di internet atau forum-forum kamera bisa menjadi solusinya.

4. Perangkat Tambahan

perangkat tambahan

Hampir semua peralatan elektronik pasti memiliki perangkat tambahan. Tidak hanya komputer, kamera digital juga pasti memiliki perangkat tambahan. Perangkat tambahan ini berguna untuk memaksimalkan fungsi kamera dan juga hasil jepretan foto yang akan kalian ambil.

Mungkin memang ada perlengkapan kamera yang sudah termasuk dalam kamera yang kalian beli. Tapi tidak menutup kemungkinan nantinya kalian akan mencari perangkat lain yang bisa mendukung kamera kalian. Atau bisa saja kalian membeli perangkat tambahan sebagai cadangan.

3. Spesifikasi Kamera

spesifikasi kamera

Melihat spesifikasi suatu barang yang hendak dibeli adalah hal yang tidak boleh untuk dilupakan. Membeli kamera digital juga berlaku hal tersebut. Apalagi bagi kalian yang pemula, memeriksa spesifikasi kamera adalah hal yang cukup sulit. Perlu dibutuhkan bantuan dari teman yang lebih mengerti akan kamera. 

Lensa, ISO, baterai, kapasitas memori, konektivitas, dan fokus hanya sedikit bagian dari spesifikasi kamera yang wajib untuk kalian tahu. Sebelum membeli kamera digital, pastikan kalian memeriksa spesifikasi kamera yang ada di internet lalu dicocokan dengan kamera yang dijual di toko. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi salah beli.

2. Harga

harga kamera

Kamera yang kamu beli harganya terlalu tinggi? Lebih baik jangan paksakan untuk membelinya. Tapi bagaimana jika harganya murah? Hati-hatilah jangan-jangan kamera tersebut palsu atau ada perlengkapan yang tidak disertakan bersama dengan kamera tersebut. 

Sebelum membeli kamera, pastikan dulu harganya di internet atau beberapa toko kamera. Mahal atau murahnya suatu kamera biasa juga ditentukan dengan merk, spesifikasi, dan perlengkapan kamera tambahan. Memang pasti melelahkan tapi tidak ada salahnya berkeliling toko demi toko untuk mencari kamera dengan harga yang pas dengan dompet.

1. Tujuan Membeli Kamera

tujuan

Sebelum membeli suatu barang, pastikan dulu tujuan kamu membeli barang tersebut untuk apa. Jangan sampai sudah membeli dengan harga mahal tapi barang tersebut nantinya tidak digunakan. Apalagi jika kita tahu bahwa kamera digital bukan merupakan barang yang murah. Jadi, membelinya harus berhati-hati.

Kamera digital memiliki sejumlah tipe dengan spesifikasi dan fungsi yang berbeda. Foto apa yang ingin kamu ambil turut menentukan jenis kamera yang akan dibeli. Jadi, pastikan dulu objek apa yang ingin kamu ambil, barulah mencari tipe kamera yang bisa mendukung tujuanmu tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh reagan dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas