home -> Misteri -> 10 Suara Misterius Yang Tidak Bisa Dijelaskan Oleh...
20 Februari 2017 09:01

10 Suara Misterius Yang Tidak Bisa Dijelaskan Oleh Manusia

Oleh reagan dalam Misteri pada July 01, 2016

Dengan telinga, kita bisa mendengar suara-suara yang ada di sekitar kita. Baik itu suara mesin, orang berbicara, dan bahkan suara hewan. Dari suara, kita bisa memperkirakan jarak dan juga apakah yang mengeluarkan suara tersebut. Dalam artikel yang akan kita bahas berikutnya ini akan membahas sejumlah suara misterius yang tidak pernah terdengar sebelumnya oleh manusia. Darimana suara itu berasal atau wuju dari benda atau orang yang mengeluarkan suara tersebut. Inilah 10 suara misterius yang tidak bisa dijelaskan oleh siapapun sampai sekarang ini.

10. Upsweep

Suara misterius ini pertama kali didengar pada bulan Agustus 1991. Suara tersebut sangatlah keras sehingga bisa terdengar di samudra Pacific. Suara aneh yang keras ini memunculkan rasa penasaran para ilmuwan. Akhirnya para ilmuwan memutuskan untuk menyelidiki tentang suara misterius tersebut rutin di setiap tahunnya.

Meski sudah diteliti, para ilmuwan masih kesulitan menemukan asal mula suara misterius tersebut. Satu hal yang berhasil diperoleh adalah suara misterius tersebut berasal di gunung berapi bawah laut. National Oceanic and Atmospheric Administration mengeluarkan hasil bahwa suara tersebut sudha semakin jarang didengar. Karena sudah semakin menurunnya intensitas suara tersebut, peneliti mengalami kesulitan untuk mengindentifikasi asal dan juga penyebab suara tersebut bisa muncul.

9. Julia

Pada tanggal 1 Maret 1999, dan terdengar jelas selama 15 detik di hampir seluruh Samudra Pacific, suara misterius ini dinamakan dengan Julia. Alasan kenapa dinamakan Julia disebabkan oleh suara yang muncul seperti menyebutkan nama Julia. Suara ini dideteksi dengan menggunakan alat yang dinamakan Autonomous Hydrophone.

Suara yang menyerupai orang tersedak air minum ini sangatlah misterius. Tidak diketahui lokasi dan juga wujud sesuatu yang menyebabkan suara tersebut. Agar tidak muncul spekulasi aneh mengenai suara misterius ini,  National Oceanic and Atmospheric Administration atau yang disingkat NOAA mengatakan bahwa suara ini hanyalah suara gunung es yang bergerak di dalam air.

8. Astronot Yang Hilang

Tidak ada hal lain yang lebih mengerikan daripada mendengar suara yang berasal dari luar angkasa. Apalagi jika suara tersebut merupakan suara dari astronot yang hilang di lua rangkasa. Tapi hal tersebut sungguh-sungguh terjadi dan dialami oleh Judica Codiglia bersaudara. Mereka mendengar dan merekam suara wanita yang menangis yang diduga berasal dari luar angkasa.

Suara tangisan wanita yang diduga berasal Rusia ini menjadi topik pembicaraan yang hot di dunia, terutama Uni Soviet. Menurut sejarah, wanita pertama yang dikirim Uni Soviet ke luar angkasa adalah Valentina Tereshkova pada tahun 1963. Tapi, suara yang didengar oleh Judica Codiglia bersaudara terjadi pada tahun 1961. Judica Cordiglia bersaudara menangkap sebuah transmisi yang diduga sebagai astronot yang hilang. Suara misterius tersebut terdengar dalam bahasa Rusia. Suara tersebut sangat menyeramkan seakan menceritakan betapa frustasinya astronot tersebut terjebak di luar angkasa.

7. Skyquakes

Dinamakan dengan Skyquakes karena kerasnya suara ini sehingga bisa membunyikan alarm mobil yang sedang berhenti di parkiran. Suara yang terdengar seperti meriam di udara tersebut sudah menjadi pembahasan yang hangat sejak tahun 1800an. 

Suara Skyquakes yang sangat keras tersebut tersebut telah menjadi bahan penelitian oleh sejumlah ilmuwan. Para ilmuwan mencari tahu darimana asal suara tersebut dan apa penyebabnya, apakah mungkin di langit bisa terjadi gempat ataukah suara itu berasal dari meteor yang meledak di udara? Ada sebuah konspirasi yang menyebar bahwa suara tersebut adalah uji coba senjata baru yang dilakukan oleh pemerintah.

6. UVB-76

Suara misterius yang diberi nama UVB-76 telah lama terdengar di radio sejak tahun 1970an. Disebut juga sebagai "The Buzzer", suara misterius ini adalah sebuah gelombang pendek di radio dengan frekuensi 4625 kHz. Suara misterius tersebut terdengar monoton dan terdengar berkali-kali sebanyak 25 kali per menit, selama 24 jam.

Suara misterius yang tidak jelas tersebut terkadang terdapat gangguan berupa pesan samar yang terdengar dalam bahasa Rusia. Alasan dari keberadaan stasiun radio tersebut masih sulit untuk dikonfirmasi. Namun banyak orang yang menganggap bahwa suara misterius tersebut berasal dari gelombang radio mata-mata.

5. Suara Planet

Suara misterius berikutnya berasal dari luar angkasa. Dan suara misterius tersebut berasal dari planet-planet di luar planet bumi. Sebenarnya tidak hanya itu, bahkan planet biru tercinta kita juga ternyata memiliki suara. Hampir terdengar mustahil memang, bagaimana mungkin di ruang yang tidak ada udara malah bisa terdengar suara. Tapi memang begitulah yang terdengar.

Suara memang tidak bisa terdengar dalam ruang hampa udara, sebaliknya, gelombang radio bisa. Suara yang terdengar tersebut lebih terdengar seperti suara lolongan atau suara angin. Yang membuatnya semakin misterius, bagaimana sebuah planet bisa menghasilkan suara. Apa yang bisa membuatnya melakukan hal tersebut? Semuanya masih menjadi misteri yang belum bisa terpecahkan.

4. The Hum

Aneh dan juga misterius, itulah 2 kata yang sesuai diberikan pada suara senandung misterius satu ini. Tidak hanya terdengar sekali, melainkan beberapa kali di sejumlah negara yang berbeda. Asal dan juga penyebab suara tersebut masih belum bisa diketahui oleh para ilmuwan. 

Ada sebuah dugaan yang menghubungkan suara senandung ini dengan gunung berapi. Tapi tidak ada teori yang bisa mendukung dugaan tersebut. Senandung misterius tersebut terjadi tidak hanya di 1 negara tetapi beberapa negara. Dan segala upaya untuk menebak darimana asalnya dan juga menghentikan suara tersebut, tidak ada yang berhasil. 

3. The Bloop

Sebuah mikrofon di lautan dalam merekam sebuah suara misterius yang menjadi suara misterius paling keras yang pernah didengar, Suara yang disebut dengan Bloop tersebut terjadi pada tahun 1997. Darimana asal suara tersebut juga tidak diketahui secara jelas.

Kita tahu bahwa lautan menyimpan sejuta misteri yang menanti untuk dipecahkan. Suara misterius ini diperkirakan berasal dari hewan laut berukuran sangat besar. Sebuah makhluk laut yang disebut sebagai Blue Whales sempat diduga sebagai penyebab suara tersebut. Tapi diketahui ternyata Blue Whale tidak bisa menghasilkan suara sebesar tersebut. Para peneliti beranggapan bahwa suara tersebut dihasilkan oleh hewan laut yang ukurannya jauh lebih besar dari Blue Whale.

2. Sinyal Wow!

Suara misterius yang sempat terdengar pada 15 Agustus 1977 ini didengar oleh Dr. Jerry Ehman. Dr. Jerry Ehman yang sedang bekerja untuk Extra-Terrestrial Intelligence atau SETI di Ohio State University secara tidak sengaja menemukan suara misterius yang disebut dengan "Wow!". SETI adalah sebuah projek yang dibentuk untuk mencari adanya makhluk yang tinggal di luar bumi. 

Suara misterius yang membuat Dr. Jerry Ehman ini bingung tersebut berlangsung selama 1 menit 12 detik. Dan dalam suara tersebut tersbut hanya terdengar suara yang seperti mengatakan "Wow". Karena bekerja di bagian exktraterestial, Dr. Jerry Ehman menganggap suara ini berasal dari luar angkasa. Tapi sayangnya tidak ada bukti yang bisa menguatkan pendapatnya. Satu hal yang bisa diketahui adalah sinyal "Wow" tersebut datang dari gugus bintang Sagitarius.

1. Auman Langit, Kanada

Suara misterius satu ini berhasil meraih perhatian orang dengan tampil di berita utama beberapa surat kabar selama beberapa tahun. Bagi orang beragama, suara misterius ini dianggap sebagai suara terompet yang menandakan kiamat. Berbeda pendapat, bagi teroris, suara ini dianggap sebagai suara yang berasal dari HAARP (High Frequency Active Auroral Research Program).

Suara auman langit ini terjadi di sejumlah negara di dunia seperti Kanada, Rusia, Amerika Serikatm dan Amerika Selatan. Suara auman langit yang keras tersebut bahkan membuat alarm mobil mendadak berbunyi. Suara misterius itupun hingga kini masih belum dapat diketahui darimana asalnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas