home -> Lainnya -> Awas! 10 Racun Berikut Dapat Membunuhmu Dengan Cep...
19 Januari 2018 07:01

Awas! 10 Racun Berikut Dapat Membunuhmu Dengan Cepat

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 27, 2016

Begitu banyak racun mematikan di dunia, tapi hanya 10 diantaranya yang benar-benar mematikan. Hanya sedikit kontak dengan tubuh atau sampai masuk ke dalam sistem tubuh, bisa mengakibatkan rasa sakit yang sangat menyakitkan dan bahkan bisa mengakibatkan kematian. Bagi kalian yang penasaran, mari simak artikel berikut mengenai 10 racun paling mematikan bagi manusia.

10. Sianida

sianida

Apa kalian ingat kasus pembunuhan yang menimpa Jessica? Jessica dituduh membunuh temannya sendiri yang bernama Mirna ketika sedang minum kopi di sebuah kafe di Jakarta Barat. Diduga bahwa Jessica menggunakan racun sianida untuk menghabisi nyawa Mirna temannya. Apa sebenarnya racun sianida tersebut?

Sianida adalah salah satu jenis racun mematikan yang bisa menyebabkan masalah tidak hanya jantung tapi juga sistem syaraf seseorang. Hanya dengan sedikit sianida yang masuk ke dalam tubuh bisa langsung terikat pada zat besi dalam darah. Sianida akan membuat oksigen sulit diserap oleh darah. Ketidakmampuan darah dalam menyalurkan oksigen di dalam tubuh bisa membuat kematian yang cepat. Sekarang ini sudah banyak bentuk racun yang mengandung sianida, salah satu yang paling berbahaya adalah hidrogen sianida yang berbentuk seperti gas. Dapat membunuh orang hanya dalam waktu kurang dari 10 menit.

9. Tetrodotoxin

tetrodotoxin

Apa kalian kenal dengan yang namanya ikan Puffer? Ikan Puffer dikenal sebagai salah satu ikan berbahaya di lautan karena memiliki racun mematikan apabila kita menyentuhnya. Racun mematikan yang dimiliki oleh ikan Puffer adalah racun jenis Tetrodotoxin atau biasa disingkat dengan TTX.

Racun Tetrodotoxin ini terdapat hampir di semua bagian tubuh dari ikan Puffer. Jika sampai terkena racun ini,  dalam waktu yang cepat, kalian bisa mengalami mulut kaku, sulit menelan makanan, kesulitan berbicara, dan kelumpuhan. Biarpun mengandung racun mematikan, di Jepang, ikan Puffer ini sering disajikan dalam restoran sushi. Dan hanya koki berlisensi yang boleh mengolah ikan ini.

8. Batrachotoxin

batrachotoxin

Kalian bisa cukup tenang karena kemungkinan kalian menemukan racin ini sangatlah kecil. Racun ini merupakan racun mematikan yang hanya ditemukan pada hewan katak yakni Golden Poison Frog. Katak ini biasa ditemukan di negara Colombia.

Racun ini dapat ditemukan pada kulit katak dan biasanya racun ini dioleskan pada ujung panah yang akan digunakan untuk berburu. Katak ini memiliki tubuh yang cukup kecil dan warna yang mencolok. Warna mencolok ini terkadang membuat orang ingin menyentuhnya. Padahal kulit katak tersebut memili racun mematikan yang bisa menyerang sistem saraf, menyebabkan kelumpuhan, dan bisa berujung pada kematian bila tidak segera ditangani. Racun ini tidak diproduksi langsung oleh katak melainkan racun terbentuk dari makanan yang ia makan. 

7. Ricin

ricin

Salah satu racun mematikan adalah racun jenis Ricin. Ricin adalah racun mematikan yang dapat ditemukan pada biji minyak jarak. Racun ini dapat masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup, masuk lewat pencernaan, dan juga melalui suntikan. 

Jika sampai racun ini masuk ke dalam tubuh, racun ini akan bekerja dengan mencegah tubuh untuk membentuk asam amino. Akibatnya adalah, tubuh akan mengalami shock dan berujung pada kematian. 

6. Arsenik

arsenik

Arsenik telah dikenal bertahun-tahun sebagai bahan yang digunakan untuk membuat senjata  para saat jaman victorian. Pada jaman dulu, arsenik digunakan sebagai racun pembunuh. Jika ada orang yang terkena arsenik, sejumlah masalah serius akan langsung menimpa orang tersebut. 

Efek racun yang terdapat pada orang yang terkena arsenik mengingatkan kita dengan penyakit kolera. Arsenik bekerja dalam tubuh dengan menyerang enzim ATP dalam sel dan melumpuhkan penyebaran energi. Dalam dosis tinggi, arsenik bisa menyebabkan gangguan pencernaan, kejang-kejang, koma, dan kematian. 

5. VX

VX

VX adalah racun berbentuk gas yang sangat mematikan di dunia. Bila digunakan, gas ini bisa mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang sangat banyak. Dan lagi, gas ini tidak memiliki rasa dan juga tidak berbau. Gas beracun ini pertama kali ditemukan tanpa sengaja pada tahun 1952 ketika sedang melakukan uji kimia organofosfat.

Ketika masa perang dingin, beberapa negara diketahui membeli gas beracun VX untuk disimpan yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu senjata perang. Sempat digunakan sebagai bahan pestisida, akhirnya pengguna VX benar-benar dilarang di seluruh dunia. Hanya terkena sedikit dari gas VX bisa berakibat sangat fatal bagi manusia  

4. Brodifacoum

brodifacoum

Pada era perang dunia kedua, orang-orang menggunakan racun warfarin sebagai racun untuk membunuh hama tikus. Tapi karena racun tersebut didak efektif, maka munculah racun baru yang bernama brodifacoum. Tidak hanya bisa membunuh tikus, racun ini juga bisa digunakan untuk membunuh manusia.

Ketika masuk ke dalam sistem tubuh, racun brodifacpum bekerja dengan mengurangi vitamin K yang terkandung dalam darah. Vitamin K berguna untuk proses pembekuan dara, jadi ketika vitamin K dalam darah berkurang, maka tubuh bisa mengalami pendarahan. Sel darah merah bisa keluar dari pembuluh darah manusia. Racun mematikan ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit.

3. Botulinum

Botulinum

Botulinum merupakan salah satu racun mematikan manusia yang sempat muncul pada era Sadam Hussein. Jika disimpan dengan baik, racun ini tidak akan bisa membunuh manusia. Tapi jika sampai jatuh ke tangan orang yang salah, cukup 1 sendok makan botulinum sanggup untuk membunuh lebih dari 1 juta umat manusia.

Botulinum terbuat dari racun yang dihasilkan dari bakteri Clostridium Botulin. Racun ini seringkali dimasukan ke dalam makanan. Untuk menghilangkan racun yang terkandung dalam makanan, makanan tersebut harus dipanaskan dengan suhu lebih dari 1000 Celcius. Saat ini, Botulinum telah digunakan oleh dunia kecantikan dan terkandung dalam Botox.

2. Strychnine

strychnine

Berasal dari biji pohon Strychnos nux-vomica yang berasal dari India dan Asia Tenggara, strychnine adalah senyawa alkaloid yang bisa digunakan sebagai racun pembasmi tikus. Ciri-ciri strychinine adalah tidak berwarna, berbentuk kristal, dan pahit. Bisa masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup, melalui pencernaan atau penyerapan. 

Ketika tubuh seseorang telah dimasuki racun ini, dalam hitungan seluruh otot tubuh akan berkontraksi, mengalami rasa pusing di kepala, dan muntah-muntah. Kejang otot yang secara terus menerus bisa mengakibatkan sesak napas. Setelah 1 setengah jam, dipastikan orang tersebut akan meninggal.

1. Polonium

polonium

Polonium termasuk bahan radioaktif yang juga sangat beracun. Dengan menggunakan polonium, kamu bisa membunuh orang secara perlahan dan menyakitkan. Dan untuk membuatnya lebih mematikan, tidak ada obat penawar bagi orang yang terkena racun ini. Pertama kali ditemukan oleh Marie dan Pieree Currie.

Cukup 1 gram polonium yang telah diubah dalam bentuk gas sanggup membunuh 1,5 juta orang hanya dalam hitungan bulan. Dua orang mata-mata Rusia yang terkenal yakni Alexander Litvinenko dan Yasser Arafat ditemukan tewas secara mengenaskan. Di gelas teh Litvinenko, ditemukan polonium dalam dosis tinggi, 200 kali lebih tinggi daripada dosis yang biasa.  

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas