home -> Lainnya -> Merasa Bernyali? Silahkan Coba 10 Jalan Paling Ber...
27 April 2017 14:15

Merasa Bernyali? Silahkan Coba 10 Jalan Paling Berbahaya Di Dunia Berikut Ini

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 20, 2016

Jalan dibuat sebagai sarana untuk mencapai suatu tempat tertentu. Jalan yang baik tentunya dibuat seaman mungkin agar tidak ada kecelakaan yang bisa terjadi pada para pengendara. Namun jalan di beberapa belahan dunia ini dibuat di tempat yang sangat ekstrim. Melihatnya saja membuat orang malas untuk melewati jalan tersebut. Jika kamu mengaku bernyali, coba dulu 10 jalan paling berbahaya di dunia berikut ini.

10. Halsema Highway, Filipina

halsema highway

Salah satu jalan di dunia yang tidak ingin kamu lewati adalah jalan yang berada di Filipina bernama Halsema Highway. Berlokasi di pulau Luzon, Halsema Higway adalah jalan yang melalui Central Cordirella Valley dari Baguio menuju Bontoc. 

Yang membuat jalan ini menjadi jalan yang ekstrim dan berbahaya karena jalan ini sering terjadi tanah longsor dan juga batu jatuh. Akibatnya membuat beberapa pengendara motor yang terkena longsoran tanah atau batu jadi terjatuh. Tidak hanya tanah longsor dan batu saja yang bisa mengancam jiwa, tikungan tajam yang sangat banyak juga bisa mengantarkan pengendara motor menuju rumah sakit atau menuju peristirahatan terakhir jika berkendara terlalu cepat.

9. Jalalabad-Kabul Road, Afghanistan

jalalabad kabul road

Banyak jalan berbahaya di dunia tapi tidak ada yang bisa menandingi Jalalabad-Kabul Road. Jalan yang menjadi penghubung antara kota Jalalabad dan Kabul di Afghanistan ini berbahaya bukan karena adanya ancaman teroris atau perampok. Melainkan karena kombinasi antara jalan licin, kecil, dan belokan tajam. 

Jalan kecil menanjak sejauh 65 km ini diapit oleh jurang besar yang dalam. Para pengemudi yang berani menyalip kendaraan di depannya kemungkinan dia sudah bosan hidup. Tapi kenyataannya memang banyak pengemudi yang mengebut dan saling menyalip satu sama lain di jalan berbahaya ini.

8. Stelvio Pass, Italia

stelvio pass

Jika kamu memang bernyali, coba lalui jalan Stelvio Pass yang berada di Italia ini. Jalan kecil penuh tikungan dengan panjang 2,7 km tersebut bisa membuat jantung berdetak cepat. Ditambah lagi angin kencang semakin membuat jalan ini menjadi salah satu jalan paling ekstrim yang ada di dunia. 

Dengan ketinggian 2.756 meter, jalan ini adalah jalan tertinggi yang berada di sebelah timur pegunungan Alpen. Sedikit lengah melalui jalan ini bisa berakibat fatal dengan jatuh ke bagian bawah dari gunung. Apalagi pembatas jalannya yang juga tidak terlalu tinggi bisa membuat setiap pengendara tidak boleh memacu kendaraan terlalu cepat.

7. Trollstigen, Norwegia

Trollstigen

Jalan yang menjadi penghubung antara Andalsnes dan Valldal yang berada di Norwegia ini tidak diragukan lagi keekstrimannya. Dalam bahasa Inggris, Trollstigen berarti Troll's Footpath atau Trolls Ladder yang berarti jejak Troll. Troll merupakan monster mitologi yang memiliki tubuh besar dan wajah mengerikan. 

Jalan berbahaya ini dibangun selama 8 tahun dan dibuka pada tahun 1936 sebagai bagian dari Norwegian National Road 63. Pada musim salju, jalan ini tidak boleh dilalui karena tertutup salju yang membuat jalan semakin licin. Trollstigen terdiri dari 9% tanjakan dan 11 tikungan U. Pemerintah secara khusus melarang kendaraan dengan panjang lebih dari 11 meter untuk melewati jalan ini.

6. Rohtang Pass, India

rohtang pass

Inilah satu-satunya jalan yang menurut BBC Travel sebagai jalan ekstrim yang dibutuhkan GPS untuk bisa menemukan jalan ini. Bagaimana mungkin jalan ini sulit ditemukan? Hal tersebut dikarenakan jalan yang berada di India ini melalui bagian Barat dari gunung Himalaya yang tertutup salju. Jadi orang-orang harus menggali salju untuk dapat melalui jalan ini.

Rohtang Pass terkenal akan tanah longsor, gempa bumi, dan bahkan badai yang tidak bisa diprediksi kapan akan datang. Untuk semakin menambah horror jalan ini, Rohtang berarti tumpukan mayat. Nama tersebut diberikan mengingat banyaknya korban jatuh akibat tanah longsor yang menimpa jalan ini. Kejadian mengerikan terjadi di tahun 2010 ketika badai salju mengakibatkan 300 turis terperangkap di jalan.

5. Guoliang Tunnel Road, Cina

Guoliang Tunnel Road

Guoliang Tunnel adalah jalan yang berada di dalam terowongan yang dibuat di samping dari sebuah gunung di Cina. Dari samping memang cukup sulit untuk melihat bentuk jalan, itu dikarenakan jalan ini dibentuk dengan cara melubangi samping gunung oleh penduduk lokal. Jalan ini tidak terlalu ramai mengingat bentuk jalannya yang sangat ekstrim.

Pada waktu pembuatan jalan, beberapa penduduk lokal ada yang tewas. Banyaknya penduduk yang tewas tidak mengurangi niat mereka untuk membuat jalan. Setelah selesai melubangi sisi gunung, akhirnya jalan tersebut bisa dilalui oleh mobil. Meski kurangnya tanda peringatan berbahaya, pengemudi yang melalui jalan ini sadar diri tidak mau memacu kendaraannya terlalu cepat.

4. Taroko Gorge Road, Taiwan

taroko gorge road

Tikungan tajam mematikan dan jalan sempit adalah kombinasi yang akan kamu temui di jalan Taroko Gorge Road. Taroko Gorge Road adalah salah satu jalan paling berbahaya di dunia yang berada di Taiwan. Badai topan dan aktivitas seismik membuat jalan ini semakin mengerikan untuk dilalui oleh orang. 

Jalan ini telah merenggut nyawa sebanyak 96.611 orang di Taiwan tiap tahunnya. Pengemudi yang melalui jalan ini akan diuji keberanian dan kemampuannya mengemudi. Bagi yang penakut, tidak disarankan untuk melalui jalur ini. Sebagai catatan, karena lebarnya yang sempit, hanya 1 bus yang diperbolehkan melalui jalan Taroko Gorge Road.

3. Skippers Road, New Zealand

skippers road

Di tahun 1862, beberapa penggembala menemukan emas di sungai Shotover, Queenstown, New Zealand. Jadi untuk memudahkan akses menuju sungai tersebut, dibuatlah sebuah jalan yang dinamai Skippers Road. Karakteristik Skippers Road adalah sempit, berangin, dan disertai sejumlah tikungan berbahaya dengan panjang total 26,5 km.

Pembuatan jalan Skippers Road memakan waktu 22 tahun dengan menghancurkan batuan padat. Tanpa pembatas jalan dan tanda pemberhentian, jalan ini dapat dilalui oleh sejumlah kendaraan. Namun untuk melalui jalan ini diperlukan izin dari pemerintah. 

2. Karakoram Highway, Pakistan

karakoram highway

Tanpa perlu berpikir panjang lagi memang sudah terlihat betapa berbahayanya jalan ini. Jalan ini sudah menelan lebih dari 1.000 nyawa pada saat masa konstruksi. Berada di Pakistan, Karakoran Highway memiliki panjang 1.200 km dan bertugas sebagai jalan penghubung antara Cina dengan Pakistan.

Perlu kamu ketahui bahwa jalan ini bukan untuk orang yang lemah dan masih mau hidup panjang. Jalan tanpa aspal ini sangat rawan akan tanah longsor dan juga banjir. Meski sudah diperingatkan akan bahaya yang bisa ditimbulkan, jalan ini malah menjadi salah satu tempat yang menarik bagi turis asing. 

1. North Yungas Road, Bolivia

north yungas road

Diberi gelar sebagai jalan paling ekstrim dan berbahaya di Bolivia oleh Association for Safe International Road Travel. Jalan yang bernama North Yungas Road dilengkapi dengan beberapa turunan, tanjakan, dan juga tikungan tajam. Untuk semakin menambah sensasi, jalan ini diapit oleh sebuah jurang yang dalam. Lengah sedikit saja, ucapkan selamat tinggal pada dunia.

Walaupun sudah dikenal sempit, masih ada saja pengemudi bus dan truk yang menggunakan jalan berbahaya ini. Hasilnya? Kecelakaanpun terjadi ketika 2 kendaraan besar tersebut saling bertemu. Melalui jalan ini sama artinya dengan misi bunuh diri.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas